Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep - Kasus 4

2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep - Kasus 4
infogurumaju.my.id - Kasus 4 dalam eksplorasi konsep modul 2.2.a.4.1.d mengenai pak Eliing yang harus merevisi proposal yang telah ia buat dan di koreksi oleh Kepala Sekolah. Tentunya revisi akan memakan banyak waktu Pak Elling, bagaimana jika sahabat ada dalam posisi pak Elling?? 

2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep - Kasus 4

Baca Juga : Ekspolasi Konsep Kasus 1 | Kasus 2 | Kasus 3 | Kasus 4 | Kasus 5

Dalam kasus 4 ini juga ada 3 pertanyaan pemantik yang dapat sahabat gunakan untuk menjawabnya, berikut adalah contoh solusi yang dapat digunakan.
  • Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat,  dan jelas.
Berdasarkan roda emosi, kemungkinan Pak Eling:
  1. Merasa capek karena sudah mengerjakan proposal 17 Agustus bahkan dikerjakan di sela-sela sambil mengerjakan tugas-tugas penting lainnya sebagai guru.
  2. Merasa kecewa karena ternyata proposalnya tidak diterima oleh kepala sekolah
  • Apa kompetensi sosial dan emosional yang diperlukan  Bapak Eling dalam menghadapi masalah tersebut? Jelaskan jawaban Anda. (Hubungkan dengan kerangka atau panduan yang ada di artikel-artikel yang telah dibaca sebelumnya)

a. Pengenalan diri/Pengelolaan Diri – Mengelola Emosi dan Fokus untuk Mencapai Tujuan

Hal ini dibutuhkan Pak Eling untuk bisa fokus pada apa yang sedang dihadapi saat itu dan apa yang sedang dikerjaan saat itu, meskipun beliau berperan sebagai ketua panitia tetapi beliau juga harus mengikuti arahan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah selama itu baik.

b. Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi

Pak Eling bisa menanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu apa yang sedang dia rasakan saat menghadap Kepala sekolah, apakah merasa capek, kecewa atau khawatir dengan hasil proposal yang disampaikan ke kepala sekolah. Setelah menemukan jawabannya Pak Eling bisa melanjutkan dengan melakukan metode STOP (berhenti sejenak, tarik nafas, amati apa yang sedang terjadi baik yang terjadi pada diri sendiri atau keadaan disekelilingnya, baru melanjutkan aktifitas selanjutnya) untuk mengembalikan kesadaran diri sepenuhnya pada saat ini. Dan mengambil langkah yang lebih baik kedepannya agar mendapatkan kesepakatan win-win solution

c. Kesadaran Sosial - Keterampilan Berempati

Jika Pak Eling sudah memiliki pemahaman dan kemampuan mengenal serta mengelola diri sendiri, maka Pak Eling akan membangun kemampuan untuk menempatkan diri dan melihat perspektif orang lain. Pak Eling akan merasa tidak apa-apa jika ada orang lain yang tidak sepemahaman dengan dirinya, karena beliau menyadari bahwa suatu waktu beliau tidak juga harus sependapat dengan orang lain.

d. Keterampilan Berelasi – Kerja Sama dan Resolusi Konflik

Keterampilan mengelola tugas dan peran dalam kelompok, Bagaimana mengelola peran yang berbeda-beda? Dalam berorganisasi semua orang harus mengerjakan tanggung jawab sesuai peran masing-masing. Pak Eling tinggal membuka ulang job description yang sudah ditetapkan dari awal. Untuk itu, penjabaran pekerjaan sangat penting disampaiakan dari awal sehingga tidak muncul saling lempar pekerjaan.

e. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Pengambil keputusan yang bertanggung jawab akan mempertimbangkan semua aspek, alternatif pilihan, berikut konsekuensinya, sebelum kemudian mengambil keputusan. Begitupun Pak Eling yang sudah mengambil keputusan terhadap proposal tersebut. Dari awal kepala sekolah sudah mengarahkan untuk lebih banyak  melibatkan wali murid, dan jika hal itu tidak dituangkan dalam proposal acara seharusnya Pak Eling harus berani mempertanggung jawabkannya dan menyampaikan alasan yang tepat dan masuk akal yang sekiranya bisa diterima oleh kepala sekolah.
  • Seandainya Anda adalah Bapak Eling, apa yang akan Anda lakukan?
  1. Karena dari awal kepala sekolah sudah mengarahkan untuk melibatkan lebih banyak orang tua, maka sebelum maju untuk menyampaikan proposal tentunya saya sudah menyiapkan alasan dan berbagai jawaban alternatif jika proposalnya ditolak oleh kepala sekolah untuk kemudian mendiskusikannya dan mencari jalan keluar yang terbaik mengingat waktunya sudah sangat terbatas.
  2. Jika memang tidak diterima proposalnya, maka dengan penuh tanggung jawab saya akan mengumpulkan tim lagi dan berkoordinasi untuk mengatasi hal tersebut. Dan segera mengambil tindakan sesuai dengan yang saat itu dibutuhkan dengan pekerjaan saat itu yaitu segera merubah proposal,  
  3. Saling menguatkan dan memotivasi bahwa semua akan baik-baik saja, apalagi peran sebagai ketua panitia yang harus mampu menebarkan positive vibes ke seluruh anggota agar tidak muncul ke-chaos-an dalam tim. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep - Kasus 4"