Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.2.a.4.1.a. Eksplorasi Konsep - Kasus 1

2.2.a.4.1.a. Eksplorasi Konsep - Kasus 1
infogurumaju.my.id - Berbeda dengan eksplorasi konsep pada modul sebelumnya, pada EK kali ini sahabat diminta untuk menyimak 5 kasus dalam LMS dengan kasus yang berbeda-beda mengenai Pembelajaran Sosial dan Emosional.  

2.2.a.4.1.a. Eksplorasi Konsep - Kasus 1 

Baca Juga : Ekspolasi Konsep Kasus 1 | Kasus 2 | Kasus 3 | Kasus 4 | Kasus 5

Pada kasus yang pertama, ada 3 pertanyaan pemantik yang harus dijawab sesuai dengan kasus yang diberikan. Berikut adalah alternatif jawaban yang bisa sahabat gunakan. 
  • Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat dan jelas.
Berdasarkan roda emosi, kemungkinan Pak Eling:
  1. Merasa capek karena sehari mengajar 3 kelas yang berurutan.
  2. Merasa kecewa karena Diana tidak mengerjakan tugas sesuai instruksi yang diberikan Pak Eling
  3. Merasa khawatir karena hari tersebut adalah hari terakhir rapat finalisasi acara besar 17 Agustus, ada kecemasan dan kekhawatiran jika hasil rapatnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  • Apa kompetensi sosial dan emosional yang dibutuhkan  Bapak Eling dalam menghadapi masalah tersebut? Jelaskan jawaban Anda. (Hubungkan dengan artikel-artikel yang telah dibaca sebelumnya)
Kompetensi sosial emosional yang dibutuhkan Pak Eling adalah:

1. Pengenalan diri/Pengelolaan Diri 

Mengelola Emosi dan Fokus untuk Mencapai Tujuan; hal ini dibutuhkan Pak Eling untuk bisa fokus pada apa yang sedang dihadapi saat itu dan apa yang sedang dikerjaan saat itu, meskipun beliau berperan multitasking tapi karena saat itu sedang mengajar maka yang menjadi fokus Pak Eling adalah fokus pada kegiatan belajar mengajarnya

2. Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi; 

Pak Eling bisa menanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu apa yang sedang dia rasakan saat menghadapi anak teresebut, apakah merasa capek, kecewa, atau khawatir. Setelah menemukan jawabannya Pak Eling bisa melanjutkan dengan melakukan metode STOP (berhenti sejenak, tarik nafas, amati apa yang sedang terjadi baik yang terjadi pada diri sendiri atau keadaan disekelilingnya, baru melanjutkan aktifitas selanjutnya) untuk mengembalikan kesadaran diri sepenuhnya pada saat ini. 

3. Kesadaran Sosial - Keterampilan Berempati

Jika Pak Eling sudah memiliki pemahaman dan kemampuan mengenal serta mengelola diri sendiri, maka Pak Eling akan membangun kemampuan untuk menempatkan diri dan melihat perspektif orang lain. Membentak orang lain didepan umum adalah sama dengan mempermalukan, jika diperlakukan seperti itu adalah menyakitkan maka Pak Eling tidak akan melakukan itu kepada orang lain, disinilah jiwa empati muncul.
  • Seandainya Anda adalah Bapak Eling, apa yang akan Anda lakukan?
Yang akan saya lakukan adalah:
  1. Saya akan mengontrol emosi saya dengan memberikan pemahaman ke diri sendiri bahwa saat ini saya sedang menjalankan peran tugas mengajar.
  2. Saya akan melanjutkan melakukan teknik STOP agar apa yang saya lakukan bersifat responsif bukan reaktif.
  3. Saya akan menyampaikan kepada Diana, agar setelah pelajaran selesai untuk tetap tinggal diruangan sebentar.
  4. Pada saat siswa lain sudah keluar ruangan, saya akan mengingatkan kembali kesepakatan kelas yang sudah dibuat sebelumnya, melakukan segitiga restitusi dan meminta melakukan konsekuensi sesuai dengan kesepakatan kelas yang sudah disetujui bersama.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.2.a.4.1.a. Eksplorasi Konsep - Kasus 1"