Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.2.a.4.1.c. Eksplorasi Konsep - Kasus 3

2.2.a.4.1.c. Eksplorasi Konsep - Kasus 3
infogurumaju.my.id - Pada kasus 3 Pak Elling yang sudah bekerja selama 5 tahun, dan kasusnya dalam melakukan koreksi pekerjaan muridnya. 

2.2.a.4.1.c. Eksplorasi Konsep - Kasus 3

Baca Juga : Eksplorasi Konsep Kasus 1 | Kasus 2 | Kasus 3 | Kasus 4 | Kasus 5 

  • Apakah situasi  yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat,  padat, dan jelas.
Berdasarkan roda emosi, kemungkinan Pak Eling:
a. Merasa capek karena mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan (mengecek proposal 17 Agustus, mengajar dan mengoreksi pekerjaan siswa)
b. Merasa kecewa karena ada salah satu siswa sebagai atlet berprestasi tidak mengumpulkan tugas sesuai instruksi yang diberikan Pak Eling
c. Merasa khawatir karena siswa yang dianggap berprestasi malah tidak mengerjakan tugas.
d. Merasa bingung, karena dalam waktu bersamaan harus mengerjakan beberapa pekerjaan yang membuat Pak Eling  tidak fokus pada skala prioritas terhadap suatu pekerjaan.
  • Apa kompetensi sosial dan emosional yang diperlukan  Bapak Eling dalam menghadapi masalah tersebut? Jelaskan jawaban Anda. (Hubungkan dengan kerangka atau panduan yang ada di artikel-artikel yang telah dibaca sebelumnya)

Pengenalan diri/Pengelolaan Diri – Mengelola Emosi dan Fokus untuk Mencapai Tujuan

Hal ini dibutuhkan Pak Eling untuk bisa fokus pada apa yang sedang dihadapi saat itu dan apa yang sedang dikerjaan saat itu, meskipun beliau berperan multitasking tapi karena saat itu sedang mengajar maka yang menjadi fokus Pak Eling adalah fokus pada kegiatan belajar mengajarnya bukan sambil mengecek proposal dan mengoreksi pekerjaan siswa.

Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi

Pak Eling bisa menanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu apa yang sedang dia rasakan saat menghadapi anak teresebut, apakah merasa capek, kecewa, bingung atau khawatir. Setelah menemukan jawabannya Pak Eling bisa melanjutkan dengan melakukan metode STOP (berhenti sejenak, tarik nafas, amati apa yang sedang terjadi baik yang terjadi pada diri sendiri atau keadaan disekelilingnya, baru melanjutkan aktifitas selanjutnya) untuk mengembalikan kesadaran diri sepenuhnya pada saat ini. 

Kesadaran Sosial - Keterampilan Berempati

Jika Pak Eling sudah memiliki pemahaman dan kemampuan mengenal serta mengelola diri sendiri, maka Pak Eling akan membangun kemampuan untuk menempatkan diri dan melihat perspektif orang lain. Kalimat Pak Eling yang menyatakan bahwa “siswa tersebut seharusnya bekerja lebih keras sebagai konsekuensi dari pilihannya menjadi murid atlet” saya rasa kurang tepat. Keterampilan berempati merupakan keterampilan yang membantu seseorang memiliki hubungan yang hangat dan lebih positif dengan orang lain.
Mengapa? Karena empati mengarahkan kita untuk mengurangi fokus hanya ke diri sendiri, melainkan juga belajar merespon orang lain dengan cara yang lebih informatif dan penuh afeksi ke orang lain sehingga lingkungan yang inklusif akan terbentuk.
  • Seandainya Anda adalah Bapak Eling, apa yang akan Anda lakukan?
  1. Saya akan mencoba memahami situasi yang dihadapi si murid. Saat si murid bercerita, maka seluruh indera saya tercurah pada situasi saat itu. Mata, telinga, seluruh tubuh saya sedang berhadapan dengan si murid atlet yang sedang menceritakan masalahnya. Saya yakin saat murid diterima secara penuh, maka dia pun akan belajar untuk menerima dan memahami orang lain dengan lebih mudah. Murid tersebut belajar bagaimana menanggapi secara positif masalah orang lain melalui pengalamannya bersama guru.
  2. Saya akan tetap mengingatkan kesepakatan kelas yang sudah dibuat agar budaya positif tetap terjaga terutama untuk terus menanamkan sikap tanggung jawab dan disiplin.
  3. Saya akan menawarkan jam tambahan atau bantuan belajar di luar jam pelajaran, jika murid tersebut mengalami kendala untuk menyelesaikan tepat waktu.
  4. Saya akan tetap mensupport pilihannya sebagi atlet dan memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasinya yang membanggakan keluarga dan sekolahnya. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.2.a.4.1.c. Eksplorasi Konsep - Kasus 3"