Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.1.a.3. Mulai dari Diri Modul 3 Calon Guru Penggerak

3.1.a.3. Mulai dari Diri 
infogurumaju.my.id - Sahabat guru penggerak, modul 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah merupakan modul terakhir yang harus dipelajari oleh seorang CGP. 
Seperti pada modul sebelumnya, hal pertama yang menjadi dasar dalam mengawali modul adalah mulai dari diri. 

3.1.a.3. Mulai dari Diri Modul 3 Calon Guru Penggerak 

Ada 4 halaman yang ada dalam modul 3.1.a.3 Mulai dari diri yang didalam modul tersebut sudah ada pertanyaan pemantik yang dapat membantu sahabat dalam menyelesaikan tugas ini. 

Baca Juga : Eksplorasi Konsep Nilai-nilai Kebajikan Universal

Halaman 1

Perhatikan kutipan paragraf dari Mas Mentri Pendidikan berikut ini:
Beban dan amanah kepemimpinan adalah mengimbangi semua prioritas yang terpenting. Tugas saya dalam pendidikan adalah melakukan yang terbaik.  Apa yang diinginkan kadang-kadang belum tentu  itu yang terbaik. Dan untuk membuat perubahan, apalagi perubahan yang transformational, pasti ada kritik.  Sebelum mengambil keputusan, tanyakan, apakah yang kita lakukan berdampak pada peningkatan pembelajaran murid? (Nadiem Makarim, 2020)

Menurut Bapak dan Ibu, apa pesan dari kutipan tersebut di atas? 

  • Sebagai seorang guru, tugas saya dalam pendidikan adalah melakukan segala upaya yang berdampak pada peningkatan pembelajaran murid, agar murid dapat mencapai kodratnya serta meraih keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Jikapun nanti harus dihadapkan pada pilihan-pilihan dilematis dalam upaya-upaya perubahan untuk mencapai tujuan tersebut, maka sebelum mengambil keputusan pilihan mana yang diambil harus benar-benar dipertimbangkan secara matang dengan segala kemungkinan yang ada, alternatif apa saja yang mungkin, serta dampaknya. Sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan yang terbaik dan membawa dampak positif.

Halaman 2

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid, Anda pasti sering dihadapkan dalam situasi di mana Anda diharuskan mengambil suatu keputusan. Namun, seberapa sering keputusan tersebut melibatkan kepentingan dari masing-masing pihak yang sama-sama benar, tapi saling bertentangan satu dengan yang lain?
Bagaimana pengalaman Anda dalam menghadapi situasi seperti ini? Pemikiran-pemikiran seperti apa yang melandasi pengambilan keputusan Anda? Kemudian, setelah mengambil keputusan tersebut, pernahkah Anda menjadi ragu-ragu dan menanyakan diri Anda sendiri apakah keputusan yang diambil telah tepat, ada perasaan tidak nyaman dalam diri Anda, atau timbul pemikiran mengganjal dalam diri Anda seperti, ‘Apakah ini sesuai peraturan?’ atau ‘Bagaimana panutan saya akan berlaku dalam hal seperti ini?
  • Mengambil keputusan yang melibatkan orang banyak memang tidak mudah, karena satu sama lain mempunyai pemikiran dan ego masing-masing. Dengan duduk bersama dan melakukan diskusi, akan membantu dalam menyatukan persepsi sehingga keputusan yang diambil sesuai dengan kesepakatan bersama. Satu pengalaman yang pernah saya alami dalam membuat soal ujian sekolah, setelah mengusulkan kisi-kisi yang dibuat, beberapa guru ada yang kontra dengan kisi-kisi yang telah kita buat. Dalam hal ini saya menjadi ragu dengan soal yang telah di buat, sehingga kami duduk bersama dan melakukan diskusi untuk menemukan solusi permasalahan tersebut, sehingga hasilnya terbentuk kisi-kisi soal dengan baik dan disepakati bersama. 

Halaman 3

Bagilah pengalaman di sekolah asal Anda, bagaimana Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran mengambil suatu keputusan atau bagaimana Anda melihat pimpinan di sekolah Anda mengambil suatu keputusan? Di sini pemimpin pembelajaran bisa seorang guru yang harus mengambil keputusan-keputusan setiap harinya di dalam kelas, atau  seorang murid yang dihadapkan pada berbagai pilihan dalam proses pembelajarannya ataupun pimpinan di sekolah asal Anda yang seringkali perlu mengambil keputusan sulit dalam tugas sehari-harinya.
Ajukan pertanyaan-pertanyaan atau harapan-harapan Anda mengenai materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, baik untuk diri Anda maupun kelak untuk murid-murid dan lingkungan Anda.
Setelah membayangkan diri Anda mengambil keputusan yang telah ditentukan, apakah Anda pernah bertanya kembali kepada diri sendiri, apakah keputusan yang diambil telah tepat, atau sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, apakah Anda pernah memiliki rasa tidak nyaman atas keputusan-keputusan yang telah dibuat?
Setelah tuntas membaca dan menjawab pertanyaan pada tautan di atas, kumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan di LMS.
  • Kepala sekolah saya adalah pemimpin yang sebenarnya. Sangat bangga menjadi bagian dari sekolah yang di pimpin oleh kepala sekolah yang selalu mengedepankan win win solution dalam mengambil keputusan sehingga tidak merugikan pihak lain. Dengan demikian, segala keputusan tersebut dapat di jalankan oleh seluruh warga sekolah.
  • Ketika terjadi pergantian kepemimpinan di sekolah saya dengan tipe kepemimpinan yang jauh berbeda, membuat suasana di sekolahpun berubah dengan adanya beberapa guru yang mungkin belum merasa cocok dengan pemimpin baru. Namun, dalam menghadapinya saya berusaha tidak membandingkan antara keduanya, saya berfokus pada keputusan apa yang diambil dan bagaimana cara saya tetap menjadi guru yang baik, yang tetap berpihak pada murid dan tetap berkomitmen mewujudkan visi-misi sekolah.
  • Dalam mengambil keputusan pernah bertanya dalam diri keputusan yang saya ambil sudah benar atau salah, akan tetapi saya meyakinkan diri untuk tetap positif dalam melangkah karena sebelum megambil keputusan tentunya sudah mempertimbangkan kemungkinan yang akan terjadi dan menyeimbangkan antara dua pihak atau antara dua opsi yang ada dengan pilihan yang tepat dan benar tidak merugikan salah satunya.

Halaman 4

Penutup : Semuanya akan bermuara pada murid, jadi tugas guru memenuhi kebutuhan tersebut. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.1.a.3. Mulai dari Diri Modul 3 Calon Guru Penggerak"