Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai-nilai Kebajikan Universal

3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai-nilai Kebajikan Universal
infogurumaju.my.id - Dalam eksplorasi konsep nilai-nilai kebajikan universal sahabat guru penggerak diminta mengisi 14 halaman yang didalamnya sudah terdapat pertanyaan-pertanyaan pemantik. 

3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai-nilai Kebajikan Universal

Halaman 1 

Dalam pengambilan suatu keputusan, seringkali kita bersinggungan dengan prinsip-prinsip etika dan berkonflik antara nilai-nilai kebajikan universal yang sama-sama benar. Prinsip-prinsip etika sendiri berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dan disetujui bersama, lepas dari latar belakang sosial, bahasa, suku bangsa, maupun agama seseorang. Nilai-nilai kebajikan universal meliputi hal-hal seperti Keadilan, Tanggung Jawab, Kejujuran, Bersyukur, Lurus Hati, Berprinsip, Integritas, Kasih Sayang, Rajin, Komitmen, Percaya Diri, Kesabaran, dan masih banyak lagi. Maka dari itu tidaklah mudah menjadi seorang pemimpin di sekolah yang merupakan intitusi moral. Karena dari setiap keputusan yang diambil akan berimbas ke seluruh warga sekolah.

Baca Juga : 3.1.a.4.3 Eksplorasi Konsep Kasus 10

Halaman 2

Anda mengetahui bahwa salah satu rekan guru Anda memberikan les privat kepada beberapa murid pada suatu pelajaran tertentu. Murid-murid yang mengikuti les privat telah mendapatkan soal-soal yang akan dijadikan bahan tes, dan tentunya hasil tes mereka menjadi sangat baik dibandingkan dengan hasil murid-murid yang lain. Apa yang harus Anda lakukan?
  • Seorang guru yang membuka les privat, saya kira tidak masalah dengan catatan guru tersebut mengetahui batasan-batasan yang sudah dalam kote etik guru. Seorang guru harus menjaga kerahasiaan soal ujian, apapun alasannya seorang guru tidak berhak membagikan/membahas soal ujian yang belum diujikan. 
  • Selain itu dengan membuka les privat dapat meningkatkan kesejateraan dari rekan guru saya dan juga memfasilitasi anak-anak yang ingin belajar lebih dalam atau menambah pemahaman. Sebagai seorang teman masukan yang bisa saya berikan adalah tetap objektif dalam penilaian di dalam kelas, tidak membedakan antara yang les dan tidak.

Halaman 3

Setelah Anda membaca nilai-nilai kebajikan dari keempat institusi tadi, sekarang pilihlah salah satu yang menurut Anda paling menarik, bandingkan dengan nilai-nilai kebajikan atau prinsip-prinsip yang Anda miliki di sekolah Anda. Adakah suatu perbedaan atau persamaan? Kemudian pikirkan bagaimana nilai-nilai kebajikan yang Anda pilih dapat disampaikan dalam pengajaran atau kira-kira bagaimana program pendalaman terhadap nilai-nilai kebajikan tersebut dapat disampaikan kepada murid-murid di sekolah Anda?
  • Bagi saya yang paling menarik adalah Petunjuk Seumur Hidup dan Keterampilan Hidup (Lifelong Guidelines and Life Skills). Karena dari nilai-nilai kebajikan tersebut telah mencakup petunjuk keterampilan hidup dan petunjuk hidup, yang keduanya saling berhubungan satu sama lain. Prinsip-prinsip kebajikan tersebut sebagian besar telah digunakan di sekolah sebagai wujud budaya positif dan sebagai sekolah kejuruan kami memiliki visi untuk menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki ketrampilan praktik namun juga budaya kerja sesuai dengan ketrampilan hidup yang ada pada nilai-nilai kebajikan tersebut.

Halaman 4

Dilema etika merupakan situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan di mana kedua pilihan secara moral benar tetapi bertentangan, sedangkan bujukan moral merupakan situasi yang terjadi ketika seseorang harus membuat keputusan antara benar atau salah. Ketika kita menghadapi situasi dilema etika, akan ada nilai-nilai kebajikan mendasari yang bertentangan seperti cinta dan kasih sayang, kebenaran, keadilan, kebebasan, persatuan, toleransi, tanggung jawab dan penghargaan akan hidup.
  • Kasus 1. Untuk kasus yang dialami Rayhan karena pada dasarnya dia anak baik dan dia berbakat pada seni tetapi tidak bisa mengerjakan matematika dan mencontek dalam hal ini maka yang harus dilakukan adalah menasehati rayhan bahwa tindakannya itu tidak benar karena kita tahu bahwa bakat anak itu beda beda dan raihan tidak berbakat di dalam matematika, 
  • Kasus 2. Untuk Kasus yang ke dua kita harus melaporkan laporan keuangan kepada kepala sekolah jika kepala sekolah mengijinkan untuk melakukan pembubaran panitia maka kita akan mengadakan yang penting kita terbuka, jujur dan transparansi.

Halaman 5

Sekarang Anda diminta untuk membaca kembali kasus di sekolah Anda masing-masing yang telah Anda tulis di akhir pembelajaran Mulai dari Diri, kemudian buatlah analisis apakah itu termasuk dilema etika atau bujukan moral dan sebutkan alasannya.
  • Kasus yang terjadi di sekolah saya adalah murid kelas IX saya jarang masuk sekolah dan tidak memiliki nilai yang memenuhi syarat kelulusan, disisi lain murid saya telah menempuh ujian sekolah sebagai salah satu syarat kelulusan dan murid saya telah menunjukkan perilaku yang baik diakhir pembelajaran serta kita diharapkan menuntaskan wajib belajar 9 tahun. disinilah dilem etika saya hadapi, sesuai aturan nilai murid saya kurang akan tetapi karena murid saya telah mengikuti ujian sekolah, telah menunjukkan perilaku baik sehingga saya mengambil keputusan dengan memberi nilai tambahan yang bisa membuat murid saya lulus, untuk mendukung keputusan saya tersebut saya memberikan remidi kepada murid dn tugas untuk menambah nilai murid saya. 

Halaman 6

Ketika kita menghadapi situasi dilema etika, akan ada nilai-nilai kebajikan mendasari yang bertentangan seperti cinta dan kasih sayang, kebenaran, keadilan, kebebasan, persatuan, toleransi, tanggung jawab dan penghargaan akan hidup. Pola, model, atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika yang bisa dikategorikan sebagai berikut: 
  1. Individu lawan masyarakat (individual vs community
  2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy
  3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty
  4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term

Halaman 7

Siapa yang menghadapi dilema? 
  • Pak Tono 
Apakah dua kebenaran yang ada? 
  • Benar jika Pak Tono pergi ke tukang urut untuk membantu ayahnya yang habis terjatuh karena bakti seorang anak kepada oang tuanya, Tapi benar juga jika Pak Tono memilih pergi wawancara karena telah mendapat kepercayaan yayasan menjadi salah satu kandidat kepala sekolah. 
Paradigma mana yang terjadi pada masing-masing dilema? 
  • Menurut saya, dilema Individu lawan masyarakat karena terkait dengan kepentingan individu yaitu kepentingan keluarga dan kepentingan masyarakat (yayasan
Dapatkah lebih dari satu dilema, berlaku untuk cerita yang sama? Bila iya, yang manakah dan mengapa? 
  • Berdasarkan cerita tersebut, menurut saya terjadi juga dilema jangka pendek lawan jangka panjang, dilema antara situasi yang mendesak yaitu memberi pertolongan kepada ayahnya yang sakit dan jangka panjang karena wawancara yang berimbas pada karier Pak Tono ke depan. 

Halaman 8

  • Yang menghadapi dilema adalah Bu Hani 
  • Adalah benar jika bu Hani memberikan denda kepada made karena berdasarkan aturan made terlambat mengembalikan buku. Tetapi benar juga jika bu Hani memberikan pengecualian karena kasihan kepada made yang tidak sengaja melakukannya dan made juga keberatan dengan ongkos kirim yang mahal kemungkinan juga akan keberatan dengan membayar denda 
  • Paradigma rasa keadilan lawan rasa kasihan 
  • Saya rasa untuk kasus tersebut, tidak. 

Halaman 9

Siapa yang menghadapi dilema? 
  • Yang menghadapi dilema adalah Pak Budi 
Apakah dua kebenaran yang ada? 
  • Adalah Benar jika pak Budi mengungkapkan kebenaran adanya salah satu guru yang mengadakan les privat yaitu Pak Bambang karena les privat yang diadakan Pak Bambang merupakan salah satu pelanggaran terhadap salah satu aturan di sekolah tersebut. 
  • Tapi benar juga jika Pak Budi tidak menceritakan kepada pihak sekolah khususnya kepala sekolah bahwa Pak Bambang mengadakan les privat karena bentuk rasa kasihan pak budi terhadap pak Bambang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi dan sedang sangat membutuhkan data untuk lahiran istrinya. 
Paradigma mana yang terjadi pada masing-masing dilema? 
  • Dilema kebenaran lawan kesetiaan 
Dapatkah lebih dari satu dilema, berlaku untuk cerita yang sama? Bila iya, yang manakah dan mengapa? 
  • Tidak

Halaman 10

  • Yang menghadapi dilema adalah murid laki-laki 
  • Benar jika murid laki-laki mengikuti acara bazar untuk pengumpulan dana karena dana tersebut untuk kepentingan bersama, tapi benar juga jika murid laki-laki bermain bola di lapangan memanfaatkan cuaca cerah karena sebelumnya hujan tidak bisa berolah raga 
  • Dilema individu lawan masyarakat 
  • Menurut saya, tidak ada dilema lain

Halaman 11

Etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral. Akal dan moral dua dimensi manusia yang saling berkaitan. Etika terkait dengan karsa karena manusia memiliki kesadaran moral. keputusan yang kita ambil berdasarkan rasa tanggung jawab, nilai-nilai kebajikan universal dan berpihak pada murid. 

Halaman 12

Apa pemahaman Anda dari video prinsip dilema etika di atas,  adakah sesuatu yang tidak terduga, atau adakah pertanyaan lanjutan yang masih ingin Anda pelajari selanjutnya pada sesi pendampingan fasilitator dan mentor?
  • Jika ketiga prinsip dilema etika tersebut masih saja memiliki sisi lemah, apakah ada teori atau prinsi etika lain yang lebih sempurna untuk kita pakai sebagai acuan dalam bertindak?

Halaman 13

Tugas wawancara dengan murid dengan menanyakan hal-hal sebagai berikut:
  1. Tanyakan kira-kira rekan Anda di sekolah keputusan seperti apa yang akan diambil untuk menangani kasus seperti di atas? 
  2. Berikan tanggapan/pendapat Anda atas keputusan yang dibuat rekan kerja Anda. 
  3. Kira-kira prinsip mana yang menjadi landasan berpikir rekan kerja Anda, dalam mengambil keputusan. 
  4. Berbedakah pengambilan keputusan rekan Anda dengan Anda sendiri? 
  5. Tulis dan jelaskan pandangan-pandangan Anda bilamana pendapat Anda dan rekan kerja Anda berbeda, apakah Anda berbeda prinsip dalam pengambilan keputusan? 
  6. Mengapa Anda berpendapat seperti itu, faktor-faktor apa yang menentukan pendapat Anda?
Setelah selesai melakukan wawancara, silakan unggah hasil rekaman video/audio wawancara tadi ke Google Drive. 

Halaman 14

Yang terpenting dalam konsep pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah keberpihakan kepada murid dengan nilai-nilai kebajikan yang ada. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

1 comment for "3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai-nilai Kebajikan Universal"

  1. Thanks, ini tulisan anda sangat membantu saya dalam memahami Nilai-nilai Kebajikan Universal

    ReplyDelete