Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.a. Tes Awal Tes Akhir Paket Modul 2 Guru Penggerak

Tes Awal Paket Modul 2 Guru Penggerak

Tes Awal Tes Akhir Paket Modul 2 Guru Penggerak

Setelah sekian purnama, program pendidikan guru oenggerak PGP berhenti sejenak dari aktifitas karena masa liburan maka kini bersiap kembali untuk belajar modul 2. 
Dalam awal modul 2 ini seperti biasa kita akan diberikan tes awal paket modul 2 tentang Praktek Pembelajaran yang Berpihak pada Murid. 
Sebagai bahan berbagi, admin akan memberikan beberapa contoh soal pada tes awal paket modul 2 sebagai berikut. Admin mendapat skor 73,3 silakan sahabat bisa mengecek bagian yang kurang tepat.

Baca Juga : Tes Akhir Modul 2 Guru Penggerak

Soal 1

Di antara pernyataan berikut ini, manakah yang menurut Anda merupakan alasan yang paling tepat bagi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi?

  • Pembelajaran diferensi dibutuhkan untuk mengakomodasi kebutuhan anak yang tingkat pemahamannya lebih tinggi dari yang lainnya.
  • Pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi untuk merespon atas masalah yang muncul dalam pembelajaran.
  • Setiap anak memiliki kemampuan berbeda, sehingga pembelajaran harus dibuat secara individual berdasarkan pengetahuan awal setiap murid
  • Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
  • Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar standar kurikulum dapat disesuaikan dengan kecepatan murid dalam mencapai standar kurikulum.

Soal 2

Baca Juga : Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran KHD 

Di dalam suatu kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, murid-murid di kelas Anda akan ….

  • lebih sedikit menerima manfaat instruksi yang diberikan dalam kelompok besar
  • lebih sedikit menerima instruksi yang diberikan guru secara langsung dalam kelompok besar
  • lebih sedikit melakukan kerja kelompok kolaboratif
  • lebih sedikit menerima manfaat instruksi yang diberikan dalam kelompok kecil
  • lebih sedikit menerima instruksi yang diberikan guru dalam kelompok kecil

Soal 3

Pak Dedi adalah guru Kelas 5 SD. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai murid-muridnya adalah: Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi. Sebagai penilaian sumatif, ia berencana meminta murid-muridnya untuk memilih salah satu teks fiksi tradisional Indonesia, dan kemudian meminta mereka menyajikan kembali cerita tersebut, namun dengan mengubah latar cerita tersebut. Pak Dedi memberikan kesempatan bagi murid untuk memilih cara penyajian cerita dan teks fiksi yang ingin diceritakan kembali. 

Menurut Anda, perspektif kebutuhan murid yang diakomodasi dalam rencana pembelajaran yang dibuat oleh Pak Dedi tersebut adalah ….

  • profil belajar murid
  • minat dan kesiapan belajar murid
  • minat dan profil belajar murid
  • kesiapan belajar murid
  • profil belajar dan kesiapan belajar murid

Soal 4

Baca Juga : Mulai Dari Diri - Modul 2.1

Berikut ini merupakan contoh penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi:

  1. Di dalam kelas, guru menggunakan beragam sumber bacaan.
  2. Di dalam kelas, guru akan melakukan berbagai strategi pengelompokan siswa.
  3. Di dalam kelas, guru memvariasikan media pembelajaran yang digunakan.
  4. Di dalam kelas, guru akan memberikan tugas yang lebih banyak untuk murid-murid yang memiliki kemampuan “tinggi”.
  5. Di dalam kelas, guru meminta siswa menunjukkan pemahaman dalam satu cara.

Analisislah contoh-contoh di atas. Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat adalah ….

  • 2, 3, dan 4
  • 1, 2, dan 3
  • 1, 2, dan 4
  • 1, 3, dan 5
  • 3, 4, dan 5

Soal 5

Ibu Raras adalah seorang guru kelas 1 SMA. Bima adalah salah satu siswa di kelasnya yang sering sekali tertidur pada saat ia mengajar. Ia lalu memutuskan untuk berbicara dari hati ke hati dengan Bima. Dari pembicaraan tersebut, dia mengetahui bahwa setiap malam Bima harus membantu Ibunya menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak oleh Ibunya, untuk dijual esok pagi. Bima sendiri sebenarnya sudah merasa tidak enak dan ingin berhenti saja dari sekolah untuk bisa fokus membantu ibunya. Bu Raras pun berusaha untuk membimbing dan menyemangati Bima agar tidak berhenti sekolah. Ia menunjukkan pada Bima bahwa sebenarnya ia sangat baik dalam pelajaran seni dan olahraga, serta sangat terampil dalam mengurus kegiatan-kegiatan OSIS.

Berdasarkan cerita di atas, tindakan yang dapat Bu Raras lakukan untuk membangun daya lenting Bima, sesuai dengan perspektif pembelajaran sosial emosional adalah ….

  • berdiskusi dengan Ibunya Bima, agar dapat memperoleh solusi untuk pendidikan Bima serta keadaan ekonomi keluarganya.
  • mengingatkan Bima akan sumber kekuatan dalam diri, dari sekitarnya maupun yang diyakini dapat ia lakukan untuk bangkit dari kesulitan.
  • memberikan pendampingan psikologis kepada Bima hingga ia memperoleh sumber dana yang dibutuhkan.
  • secara berkala melakukan supervisi untuk kedisiplinan Bima selama di kelas hingga ia memperoleh kesempatan beasiswa.
  • mengajukan proposal bantuan kepada pihak sekolah bagi siswa yang tidak mampu.menghimpun dukungan moril dan psikologis dari orangtua murid lain untuk bantu Bima.

Soal 6

Dalam menghadapi permasalahan, seringkali kita dihadapkan pada berbagai kendala untuk mengambil keputusan yang tepat sebagai solusinya. Rasa ragu dan banyaknya pertimbangan terutama masukan dari orang lain, semakin mempersulit kita. Bagaimana proses berpikir pengambilan keputusan yang dapat membantu kita?

  • Identifikasi permasalahan; tentukan potensi masalah setidaknya 3 hal; eksplorasi pilihan dengan alasannya; pertimbangkan konsekuensi dan evaluasi bagaimana hasil akhirnya
  • Identifikasi permasalahan; eksplorasi alternatif pilihan; pertimbangkan kemungkinan yang dapat terjadi dari alternatif-alternatif yang ada; memilih alternatif yang tepat; evaluasi bagaimana hasil akhirnya.
  • Identifikasi permasalahan dengan penyebabnya, setidaknya ada 3 pilihan; menentukan pilihan tindak lanjut; evaluasi proses dan hasil akhir
  • Identifikasi permasalahan; eksplorasi konsekuensi dampak dari permasalahan; menentukan alternatif pilihan tindakan maks. 3 pilihan; evaluasi hasil tindakan
  • Identifikasi permasalahan; pertimbangkan pilihan dengan alasannya; evaluasi proses pemilihan hingga menentukan alternatif ketika menemukan kegagalan

Soal 7

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran penuh (mindfulness) adalah dengan ….

  • menikmati pemandangan sambil membiarkan pikiran mengembara dengan bebas
  • membagikan keluh kesah di media sosial secara rutin
  • menikmati alunan musik sambil bekerja
  • menikmati alur cerita dalam bacaan dengan seksama
  • mengingat kembali kesalahan di masa lalu

Soal 8

Pak Doni adalah seorang guru Fisika kelas 9 SMP. Beliau menyadari bahwa mata pelajaran Fisika membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk memahami materinya, sementara terkadang kondisi siswa cukup sulit dikendalikan. Untuk itu, hal yang bisa dilakukan Pak Doni sebelum memulai mengajar adalah ….

  • masuk ke kelas bagaimanapun kondisinya dan langsung mengajar.
  • tidak masuk ke kelas dulu dan minum air putih sebelum siswa tenang.
  • mengamati kelas, menandai siswa yang cukup aktif di kelas dan masih fokus dengan teman-teman lainnya, kemudian memulai kelas dengan berbicara keras agar siswa diam dan tenang.
  • bersikap tenang dengan melakukan teknik pernapasan sejenak sebelum mengajar.
  • bersikap tegas dan mengancam siswa untuk diam serta menyimak materi yang diajarkan.

Soal 9

Dalam beberapa kali diskusi kelompok, seorang murid tampak tidak nyaman dan hanya diam saja. Kemudian guru menemui murid tersebut dan memintanya bercerita. Diantara pertanyaan-pertanyaan berikut ini, manakah yang akan diajukan oleh seorang guru yang berperan sebagai coach?

  • Apakah murid lainnya menggangu kamu terus?
  • Kapan kamu merasakan ketidaknyamanan ini?
  • Mengapa kamu tidak mau bergabung dengan yang lainnya?
  • Bagaimana menyikapi perbedaan pendapat dalam berdiskusi?
  • Hal apa saja yang telah kamu lakukan agar nyaman dalam berdiskusi?

Soal 10

Seorang murid menemui kesulitan ketika mengerjakan sebuah soal. Ketika ia menemui guru, guru tersebut membagi dan mengajarkan cara cepat dan tepat bagi siswa untuk menyelesaikan sebuah soal tersebut. Peran apakah yang saat itu dilakukan oleh guru tersebut?

  • konselor
  • mentor
  • coach
  • instruktur
  • fasilitator

Soal 11

Hal-hal dibawah ini merupakan usaha yang dilakukan para komunikator dalam membangun keselarasan berkomunikasi, kecuali...

  • menggunakan bahasa yang mudah dipahami
  • menyamakan kata kunci
  • menyamakan bahasa tubuh
  • menyelaraskan ritme komunikasi
  • menyelaraskan emosi

Soal 12

Manakah pernyataan dibawah ini yang tidak tepat untuk menggambarkan kata “mendengarkan”...

  • Sebuah aktivitas yang memerlukan konsentrasi pada cerita.
  • Sebuah aktivitas yang memiliki tujuan khusus.
  • Sebuah aktivitas saraf pendengaran karena stimuli eksternal seketika,
  • Sebuah aktivitas yang memperhatikan bahasa lisan dan bahasa tubuh.
  • Sebuah aktivitas yang memperhatikan bahasa lisan.

Soal 13 (Menjodohkan)

Pilihlah Istilah yang tepat untuk definisi Berikut :

Bentuk kemitraan bersama murid untuk memaksimalkan potensi pribadi yang dimilikinya melalui proses yang menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran dan proses kreatif

  • coaching

Kemampuan untuk mengenali dan memahami serta ikut merasakan perasaan-emosi orang lain sehingga dapat melihat perspektif sudut pandang orang lain

  • empati

Suatu teknik pembelajaran di mana murid diberikan sejumlah bantuan, kemudian perlahan-lahan diadakan pengurangan terhadap bantuan tersebut hingga pada akhirnya, murid dapat menunjukkan kemandirian yang lebih besar dalam proses pembelajaran

  • scaffolding

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.a. Tes Awal Tes Akhir Paket Modul 2 Guru Penggerak"