Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1
Dalam modul 2.1 sahabat diajak untuk mengungkapkan mulai dari diri masing-masing untuk menceritakan dan bagaimana pengetahuan awal sahabat mengenai materi yang ada di dalam modul 2.1 ini. Beberapa pertanyaan reflektif terkait Pembelajaran Berdiferensiasi adalah sebagai berikut:  

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1 

Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!
  • Sekolah saya memiliki input murid beragam dari berbagai daerah yang tentunya memiliki kemampuan dan karakter yang beragam. Pengalaman yang berkesan yaitu pada saat kegiatan diskusi saya membagi mereka dalam kelompok- kelompok berdasarkan keaktifan di kelas dan juga membagi kelompok secara acak dengan lembar kerja dan soal yang sama. Setelah diamati antara kelompok tersebut memiliki hasil yang berbeda. dari sini saya mendapatkan pembelajaran bahwa guru harus memahami betul kebutuhan siswa yang beragam.
  • Pengalaman untuk memvariasikan pengelompokan siswa dengan berbagai model cooperative learning secara heterogen sesuai dengan kemampuan siswa. Siswa terbagi menjadi beberapa kelompok yang sebelumnya di lakukan pemetaan kemampuan berdasarkan minat.
Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?
  • Menurut saya , pembelajaran berdiferensial adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menghamba pada murid. Kita sebagai guru harus mengelola kelas dengan baik dan optimal dengan menyesuaikan kebutuhan murid. Usaha pendidik menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu.
  • Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mampu mengakomodir semua kebutuhan siswa yang memiliki karakter dan potensi yang berbeda
Setelah menyaksikan video di atas, menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid).
  • Siswa memiliki potensi yang berbeda oleh karena itu kita merancang pembelajaran yang sesuai dengan potensi siswa masing-masing, menyiapkan rancangan yaitu membuat RPP yang ada pembeda sesuai kemampuan dan potensi siswa, rancangan dilaksanakan sesuai dengan rancangan dan setelah pembelajaran perlu evaluasi yang tepat agar diperoleh hasil yang maksimal. 
  • Proses pembelajaran dirancang dengan menyesuaikan dengan kebutuhan murid dan ketersediaan sarana prasarana pendukung di sekolah. Proses pembelajaran dilaksanakan menyesuaikan dengan potensi, kemampuan, dan minat masing-masing murid. Proses evaluasi bergantung pada kebutuhan belajar murid yang sudah dan belum terpenuhi. Dalam perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi sekolah melibatkan orang tua murid guna memperoleh masukan untuk rencana perbaikan. 
Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?
  1. Saya ingin mengetahui cara mengetahui kebutuhan siswa.
  2. Saya ingin mengetahui cara yang benar untuk  menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi di kelas yang saya ajar.
  3. Bagaimana metode ini dapat diterapkan pada semua mata pelajaran?
  4. Bagaimana mencari tahu karakteristik siswa dengan efektif, sehingga kita dapat memaksimalkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi?
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1"