Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1
Setelah masuk dalam modul 2, sahabat yang saat ini sedang mengikuti program guru penggerak diminta untuk melakukan eksplorasi konsep modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 
Dalam eksplorasi konsep modul 2.1 tersebut ada beberpa informasi yang disampaikan oleh fasilitator sebagai berikut: 
Salam dan Bahagia !!
Selamat malam sahabat belajar, semoga dalam keadaan sehat, tetap semangat dan senantiasa bersyukur 
Aktivitas kita  hari Selasa sampai Kamis, tanggal 8 s.d 10 Februari 2022  adalah Eksplorasi Konsep.
  • Eksplorasi Konsep terdiri dari 17 halaman. Baca dengan seksama seluruh halaman eksplorasi konsep, jika ada hal-hal yang tidak mengerti silahkan buat pertanyaan di your notes and questions
  • Anda wajib menjawab dan mengomentari pada Halaman 3, dan halaman 17
Eksplorasi konsep ini merupakan dasar begi Anda untuk mengetahui apa dan bagaimana tentang Pembelajaran Berdiferensiasi.
Salam Guru Penggerak 
Guru Bergerak - Indonesia Maju
Semangat!!!
Dari informasi tersebut sahabat hanya di minta untuk menjawab pertanyaan yang ada di halaman 3 dan halaman 17. 
Pada halaman 3, sahabat diminta untuk membaca ilustrasi berikut: 
sumber : https://lms21-gp.simpkb.id/mod/icontent/view.php?id=198779

Kemudian, dari Ilustrasi tersebut ada dua pertanyaan yang harus di jawab oleh sahabat guru penggerak, yaitu :
Menurut Anda, apakah strategi yang dilakukan oleh Ibu Renjana tepat? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa?
  • Menurut saya, strategi yang dilakukan oleh Ibu Renjanana untuk memberikan soal tambahan, dengan jenis soal yang tetap sama serta tingkat kesulitan yang juga sama, kepada tiga murid yang selesai terlebih dahulu tidak tepat, karena hal tersebut bukan merupakan pembelajaran berdiferensiasi. Apalagi, tujuan diberikannya soal tadi adalah agar tiga murid tersebut ada ‘pekerjaan’ sehingga tidak mengganggu murid yang lain. 
Jika Anda adalah Ibu Renjana, apakah yang akan Anda lakukan? Jelaskanlah mengapa Anda melakukan hal tersebut.
  • Jika saya adalah Ibu Renjana, maka saya akan melakukan identifikasi kebutuhan belajar dengan lebih komprehensif, agar dapat merespon dengan lebih tepat terhadap kebutuhan belajar murid-murid saya, termasuk ketiga murid tersebut. 
Pada halaman ke 17 yang merupakan refleksi dari serangkaian modul 2.1 mulai dari halaman 1 sampai dengan halaman 17. 
Ada tiga pertanyaan pemantik yang disuguhkan dalam kegiatan refleksi tersebut, diantaranya:
  1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi!
  2. Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?
  3. Sebagai guru, apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita? Apa saja yang perlu dipertimbangkan?
Berikut adalah beberapa jawaban yang mungkin bisa dikembangkan oleh sahabat calon guru penggerak sehingga bisa menjadi jawaban yang lengkap. 
  1. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan sebuah proses pembelajaran (dengan membuat keputusan masuk akal) di dalam kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu pada setiap murid tersebut.
  2. Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid karena kita sebagai guru sangat mengharapkan murid kita dapat menunjukkan kinerja dan hasil yang lebih baik. Apalagi jika tugas yang kita berikan sesuai dengan keterampilan murid kita sehingga dapat  memicu keingintahuan dan dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dan belajar dengan cara yang mereka sukai dan sesuai dengan minat masing-masing.
  3. Tiga aspek kebutuhan belajar murid: 1) Kesiapan belajar (readiness) murid 2) Minat murid dan 3) Profil belajar murid
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1"