Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1

Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1
Dalam modul 2.1.a.4.1 Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1 ada abeberapa pertanyaan pemantik yang dapat membantu sahabat dalam mengerjakan modul tersebut. 

Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut? 

Baca Juga : Unggah Tugas - Diagram Frayer

Alternatif Jawaban Pertama

  • Pada video pertama menjelasakan tentang pembelajaran berdiferensiasi, strategi pembelajaran berdiferensiasi ada 3 yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk. Naun sebelum melakukan strategi pembelajaran berdiferensiasi, guru harus mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan kesiapan belajar, minat dan profil peserta didik. 
  • Pada video kedua tentang lingkungan belajar yang mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Aspek pemetaan kebutuhan murid berdasarkan kesiapan,  minat, dan profil peserta didik sangat diperlukan untuk menentukan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Pengaruh lingkungan belajar sangat penting untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi, sehingga perlunya kita sebagai guru menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Alternatif Jawaban Kedua

  • Pada video pertama mengenai penjelasan mengenai 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi konten (apa yang kita ajarkan kepada murid-murid kita), berdiferensiasi proses (kegiatan berjenjang, pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual untuk murid, memvariasikan lama waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, menggunakan pengelompokan yang fleksibel), Berdiferensiasi produk merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang ditunjukkan oleh murid untuk kita yang berwujud. dalam pelaksanaan 3 strategi tetap harus memperhatikan kebutuhan siswa. 
  • Pada video kedua memaparkan tentang lingkungan belajar yang efektif yang dibangun melalui komunitas belajar (learning comunity), setiap orang di dalam kelas saling menghargai, murid merasa aman, ada keadilan dalam bentuk yang nyata, ada harapan bagi pertumbuhan, cara mengajar untuk mencapai kesuksesan, guru dan siswa berkolaborasi.
Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat? 

Alternatif Jawaban Pertama

  • Pemetaan kebutuhan murid berdasarkan kesiapan, minat dan profil  peserta didik sangat dibutuhkan untuk menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Lingkungan belajar sangat berpengaruh penting dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi, sehingga perlunya kita sebagai guru menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Kita sebagai pendidik perlu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
Alternatif Jawaban Kedua
  • Penerapan pembelajaaran berdiferensiasi dapat di lakukan dengan 3 strategi serta faktor-faktor penunjang terbentuknya lingkungan belajar yang berpusat pada siswa. 

Baca Juga : Laporan Aksi Nyata Modul 1

Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa? 

Alternatif Jawaban Pertama

  • Menurut saya yang sulit dilakukan adalah saat melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid. Karena itu merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga butuh upaya yang lebih maksimal supaya kita bissa memetakan kebutuhan belajar murid dengan tepat.
Alternatif Jawaban Kedua
  • Menurut saya yang akan sulit diimplementasikan adalah stategi berdiferensiasi produk karena persiapan dan pelaksanaannya membutuhkan waktu yang lama serta penyusunan RPP berdiferensiasi harus global mencakup 3 strategi.
Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut? 

Alternatif Jawaban Pertama

  • Bagaimana contoh menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada pelaksanaan kurikulum 2013 kelas tinggi?
Alternatif Jawaban Kedua
  • Bagaimana contoh penerapan real 3 startegi dalam pembelajaran tersebut, yang mana akan tertuang pada RPP berdiferensiasi.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1"