Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1

2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Pembelajaran Diferensial
Dalam sesi pembelajaran ini juga akan memberikan sahabat kesempatan untuk melakukan konsultasi daring asinkron secara khusus. Mengapa secara khusus? 
Dikatakan khusus, karena sahabat akan melakukannya dalam kelompok kecil, sehingga sahabat dapat membawa langsung permasalahan dalam konteks nyata yang dihadapi di sekolah masing-masing, untuk didiskusikan bersama dengan fasilitator.

2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1 Pembelajaran Diferensial 

Perlu diperhatikan bahwa jawaban yang sahabat kirimkan hanya dapat diakses oleh fasilitator masing-masing, sehingga manfaatkanlah kesempatan ini untuk sahabat mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan konteks nyata sahabat sendiri sesuai keadaan sekolah.
Berikut ini adalah pertanyaan Reflektif yang bisa sahabat jawab sebagai pemantik:
  • Dari apa yang sudah sahabat pelajari, materi apa yang menurut sahabat dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas sahabat?
Berikut adalah jawaban yang bisa admin bagikan sesuai dengan keadaan di sekolah. 
Saya sangat tertarik dengan materi pembelajaran diferensiasi untuk mengidentifikasi atau memetakan kebutuhan belajar murid. Dalam modul yang saya pelajarai bahwa kita sebagai guru harus tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). 
Lalu jika tugas-tugas tersebut memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid (minat), dan jika tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar). 
Hal ini terkait dengan bagaimana mengenai cara atau metode yang bisa kita gunakan untuk memetakan kebutuhan murid itu sendiri. Saya sangat tertantang untuk dapat melaksanakan pemetaan tersebut supaya dalam melaksanakan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana dan seluruh kebutuhan murid dapat diwujudkan oleh guru.
  • Apa yang menurut sahabat sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut sahabat hal tersebut sulit diterapkan?
Sesuai dengan jawaban nomor satu, bahwa ada kesulitan sendiri untuk memetakan gaya belajar setiap murid yang ada di sekolah saya. Karena murid dikelas yang saya ampu berasal dari berbagai latar belakang yang bermacam-macam sehingga jelas dari segi kebutuhan belajarpun akan berbeda. 
  • Jika sahabat harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang sahabat perlukan untuk membantu? Kemana atau bagaimana sahabat akan dapat mengakses dukungan tersebut.
Kemudian saya akan melakukan kolaborasi dengan guru lain di kelas tersebut, wali kelas atau dengan orangtua murid itu sendiri sehingga dalam proses pemetaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu dukungan dari pihak sekolah juga mungkin diperlukan untuk dapat mensukseskan kegiatan tersebut.
Setelah saya melihat materi yang ada didalam modul, mungkin bisa kita ambil pembelajaran dari kasus pak Neon pada gambar berikut. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1"