Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 17 Guru Penggerak

3.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 17 Guru Penggerak
infogurumaju.my.id - Sampai pada modul 17 sahabat guru penggerak masuk dalam modul 3 mengenai pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. 

3.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 17 Guru Penggerak

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 18

Dalam refleksi minggu17 ini admin menggunakan model atau gaya Round Robin sebagai cara dalam merefleksikan hasil pembelajaran modul ini.
Panduan pertanyaan dalam melakukan refleksi minggu ini adalah:
  1. Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya? 
  2. Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? 
  3. Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.
Minggu ke-17 saya telah disajikan aktivitas pembelajaran baru yaitu mulai mempelajari modul 3.1 pengambilan keputusan. Di minggu ini saya mempelajari berbagai aktivitas pembelajaran diantaranya:
  • Eksplorasi konsep mandiri
  • Eksplorasi konsep forum diskusi
  • Ruang kolaborasi pengerjaan (vicon)
Berikut adalah hasil dari pertanyaan pemantik tersebut:

Baca Juga : Eksplorasi Konsep Modul 3.1

1) Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya? 

Saya mampu membedakan dilema etika/ethical dilemma dengan bujukan moral/moral temptation.
Saya mampu mengidentifikasi jenis dilema berdasarkan 4 paradigma, baik dilema yang dihadapi orang lain maupun diri sendiri yaitu 
  1. Individu lawan masyarakat (individual vs community
  2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy
  3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty
  4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)
Saya mengetahui 3 prinsip pengambilan keputusan yaitu (Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking), Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking), Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) untuk menghadapi dilema etika.
Saya mengetahui 9 Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan, yaitu: 
  1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan, 
  2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini, 
  3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini, 
  4. Pengujian benar atau salah, 
  5. Pengujian Paradigma Benar lawan Benar, 
  6. Melakukan Prinsip Resolusi, 
  7. Investigasi Opsi Trilema, 
  8. Buat Keputusan, 
  9. Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan. 
Saya merasa mampu memahami materi tersebut setelah belajar menganalisis beberapa kasus yang disajikan dalam LMS dan mendapat tanggapan dari sesama rekan CGP dan fasilitator.

2) Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Yang masih belum saya kuasai adalah bagaimana cara menentukan pengambilan keputusan yang bijaksana, tidak merugikan salah satu pihak dan tidak ada resiko setelahnya. Karena meskipun kita sudah berusaha memutuskan sesuatu sesuai dengan pendekatan 4 paradigma dilema, sesuai dengan 3 prinsip dan berdasarkan 9 konsep pengambilan dan pengujian keputusan, namun belum tentu hasil akhir dari keputusan yang kita buat itu benar-benar tepat sasaran dan tidak ada penyesalan di belakangnya. 
Yang akan saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah haruslah benar-benar teliti, cermat dan hati-hati, pikiran focus, tidak mengambil keputusan secara terburu-buru bahkan sudah dibuat keputusan pun harus tetap merefleksi kembali apakah keputusan yang kita ambil sudah benar-benar mewakili aspirasi seluruh pihak yang terlibat atau tidak.

3) Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan. 

Yang masih membingungkan saya adalah menganalisis 4 paradigma dilema dan menetukan serta memilih diantara 3 prinsip dan 9 konsep pengambilan dan pengujian keputusan sesuai dengan teori yang sudah saya pelajari.
Jika salah menganalisa, tentunya prinsip dan konsep yang kita pilih juga tidak tepat untuk mengambil keputusan yang akan kita buat. Sehingga hasil akhir dari keputusan tersebut juga tidak bisa mewakili aspirasi seluruh pihak yang terlibat. Bukan saja tidak tepat sasaran, justru bisa memicu dilema baru di masa mendatang.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 17 Guru Penggerak"