Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18

3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18
infogurumaju.my.id - Tiba saatnya dalam kegiatan akhir minggu bagi seorang calon guru penggerak untuk membuat sebuah refleksi mingguan. Dalam refleksi ini menggunakan model 4F (Facts, Feeling, Finding dan Future) yang masing-masing refleksi akan diuraikan sebagai berikut.

3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18 

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 21

Facts (peristiwa)

Pengalaman mengikuti pembelajaran pada minggu ini yaitu melakukan refleksi terbimbing berdasarkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan pemandu. Pada demonstrasi kontekstual, CGP diminta membuat jurnal monolog mengenai Pengambilan keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran di lingkungan tempat kerja. Elaborasi pemahaman bersama instruktur merupakan pembelajaran terakhir pada minggu ini.

Feeling (perasaan)

Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung adalah saya merasa bersemangat dan antusias mengikuti setiap sesi yang ada. Perasaan semangat muncul karena saya ingin tahu lebih jauh tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Hal ini membuat saya antusias dalam mengikuti pembelajaran pada tiap sesi.

Saya tertarik untuk menganalisis kasus/ situasi yang dihadapi oleh rekan sejawat disekolah saya berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil tepat. Saya merasa bersyukur karena telah sampai pada pembelajaran modul ini.

Finding (pembelajaran)

Pelajaran yang saya dapatkan dari proses ini adalah banyaknya pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman baru dalam menghadapi situasi yang mengandung dilema etika, kemudian mengambil keputusan yang tepat. Sebuah keputusan yang tepat akan menerapkan nilai-nilai kebajikan universal, berdampak jangka panjang dan dapat dipertanggungjawabkan.

Saat itu, saya juga memperoleh pengalaman dalam menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Pengalaman ini sangat penting sebagai pijakan dalam menjalankan kegiatan sebagai guru maupun sebagai anggota masyarakat.

Future (penerapan)

Aksi / tindakan yang saya lakukan ketika menghadapi situasi/ kasus yang mengandung dilema etika adalah dengan menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Dalam penerapannya dikelas dan sekolah, saya akan melibatkan Kepala Sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP untuk memberi umpan balik terhadap pengambilan keputusan yang sudah saya lakukan.

Kepala Sekolah, rekan sejawat dan rekan CGP akan saya libatkan karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman penyelesaian masalah. Melalui umpan balik yang diberikan, saya dapat mengetahui seberapa tepat dan efektif pengambilan keputusan yang sudah saya lakukan.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

1 comment for "3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18"

  1. Terima kasih atas inspirasinya Pak List. Mohon ijin ambil sebagai sumber belajar

    ReplyDelete