Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 21 Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu 21 - CGP
infogurumaju.my.id - Dalam membuat jurnal refleksi minggu 21 ini menggunakan model Six Thinking Hats yang terdiri dari 6 langkah. 

3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 21 Guru Penggerak

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 22 CGP

Enam langkah yang dimaksud dalam menyusun refleksi mingguan dengan menggunakan model Six Thinking Hats adalah sebagai berikut:
  1. Facts
  2. Feeling
  3. Benefits
  4. Cautions
  5. Creativity
  6. Process
Dalam setiap langkah tersebut, akan diuraikan sesuai dengan apa yang dilakukan oleh seorang calon guru penggerak setiap minggunnya.

Facts/ Informasi/ Pengalaman yang terjadi

  • Minggu ini saya menyelesaikan LMS pada ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, dan demonstrasi kontekstual. Pengetahuan saya dari modul ini tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya terutama bagaimana saya harus belajar memetakan aset-aset yang ada di sekolah saya, semakin membuka wawasan saya tentang betapa benyaknya asset yang dimiliki sekolah sebagai potensi untuk pengembangan sekolah guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid sesuai dengan visi misi sekolah. Melalui pendekatan asset based community development, memunculkan rasa optimis bagi kami untuk selalu melihat sesuatu dari sisi kelebihan yang kita miliki meskipun kita dihadapkan dengan banyak kekurangan dan kelemahan. 

Feeling/ Perasaan 

  • Saya sangat bersyukur mengikuti PGP ini, rasa keingintahuan semakin tinggi ternyata masih ada banyak hal yang belum saya ketahui dan baru saya jumpai di modul ini. Saya belajar bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki sekolah yang dapat mendukung terhadap perubahan Pendidikan yang berpihak pada murid. Dan saya semakin bersemangat dan optimis atas keberhasilan Pendidikan Ketika saya dapat berdiskusi berbagi pengalaman baik terkait pengimplementasian pemimpin dalam pengelolaan sumber daya untuk menciptakan iklim pembelajaran dan komunitas Pendidikan yang menyenangkan, merdeka dan berpihak pada murid dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki sekolah dengan selalu melihat potensi dan asset yang dimiliki sekolah sebagai pendekatan berpikir. 

Benefits/ Hal Positif 

  • Dalam aktivitas pembelajaran modul pemimpin dalam pengelolaan sumber daya akhirnya mendorong saya untuk melakukan pendekatan ke berbagai pihak disekolah guna melakukan melakukan pengidentifikasian dan pemetaan sumber daya yang terdapat dilingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kemajuan sekolah. Kemampuan mengidentifikasi dan memetakan asset, mengoptimalkan cara pandang kita untuk selalu mengedepankan apa yang menjadi kelebihan dan kekuatan daripada melihat dari sisi kekurangan dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid sesuai dengan visi misi sekolah. 

Cautions/ Kendala/ Resiko 

  • Data sumber daya/asset yang dimiliki sekolah akan valid dan terakomodir seluruhnya jika dalam proses pengidentifikasian dan pemetaan dilakukan tidak hanya oleh CGP saja tetapi melibatkan warga sekolah atau memaksimalkan peran komunitas praktisi. Namun, karena keterbatasan waktu dan kesibukan masing-masing personil serta rasa kekhawatiran mengganggu rekan sejawat yang lain, maka proses pengidentifikasian dan pemetaan asset hanya sebatas dilakukan oleh CGP dan beberapa rekan saja tanpa melibatkan keseluruhan pihak terkait. 

Creativity/ Ide-ide 

  • Saya akan mencoba memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh sekolah untuk dikelola dan dimanfaatkan sebagai kekuatan/modal/ potensi/ aset sekolah. Kekuatan/aset tersebut merupakan modal yang sangat berharga yang akan mengubah tatanan ekosistem pendidikan yang merdeka dan berpihak pada murid. Untuk itu data kekuatan/ aset yang dimiliki sekolah harus disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah untuk kemudian diketahui, diidentifikasi, dipetakan dan dimanfaatkan bersama dalam melakukan perubahan pendidikan yang lebih baik. 

Process/ Kesimpulan 

  • Perubahan pendidikan bisa dilakukan salah satunya adalah dengan cara mengubah pola pikir/ cara fikir berdasarkan aset/ kekuatan/ ABCD (Asset Based Community Development) yaitu dengan memanfaatkan aset/ potensi/ kekuatan dari hasil pengidentifikasian dan pemetaan sumber daya. Pemanfaatan sumber daya yang dimiliki sekolah merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang merdeka dan berpihak pada murid.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 21 Guru Penggerak"