Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22 Guru Penggerak

3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22 Guru Penggerak

infogurumaju.my.id - sahabat guru penggerak yang berbahagia, tiba saatnya kita membuat jurnal refleksi mingguan di akhir minggu 22. 

3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22 Guru Penggerak

Dalam membuat jurnal refleksi minggu 22, kali ini menggunakan model 4C. Model 4C terdiri dari Connection, challenge, concept, change. Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). 

Connection 

  • Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak?
Pada minggu ini saya menyelesaikan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yaitu  elaborasi pemahaman dengan instruktur yang sangat menginspirasi dari awal perkenalan sampai dengan cara memberikan refleksi yaitu Ibu Dianindah Apriyani. Pengelolaan sumber daya berupa aset yang dimiliki oleh SMK Tunas Harapan Pati berhasil kami petakan sesuai permintaan  LMS modul 3.2.a.7 Demontrasi kontekstual. Kemudian dilanjutkan dengan membuat koneksi antar materi dan diakhiri dengan aksi nyata. 
Pada hari Sabtunya kami melakukan lokakarya 5. Selama pembelajaran berlangsung  hal baik yang saya alami adalah bahwa materi ini sangat bermanfaat, dan semakin membuka wawasan saya tentang pentingnya aset based thinking sebagai salah satu pendekatan untuk mengembangkan potensi.  Saya selalu mendapatkan informasi dari Fasilitator dan selalu berdiskusi dengan rekan rekan CGP sehingga hal tersebut semakin membantu pemahaman saya. Dan juga meningkatkan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk pemetaan aset sehingga semakin memperkuat pola saya untuk bersama bergerak menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid melalui aset yang dimiliki sekolah.

Challenge 

  • Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?  
Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa tertantang dan termotivasi untuk terus menggali sumber daya yang ada di SMK Tunas Harapan Pati meliputi 7 aset/modal yang sebelumnya belum pernah terpikirkan bahwa hal-hal tersebut merupakan aset luar biasa yang dimiliki untuk progres pengembangan sekolah.  
Jiwa kolaborasi saya juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu untuk menganalisis dan memetakan aset-aset tersebut yang belum bisa saya kerjakan sendiri karena tentunya saya harus bertanya atau berdiskusi langsung dengan pihak-pihak terkait terutama dengan pihak-pihak yang bisa membantu saya dalm melakukan aksi nyata sebagai Pemimpin pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Concept 

  • Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?
Materi tentang Pendekatan berbasis aset (Asset-Based Thinking) yaitu sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir positif untuk pengembangan diri. Pendekatan ini merupakan cara praktis menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir. 
Berdasarkan teori tersebut, saya belajar menganalisis dan memetakan 7 modal/aset yang dimiliki sekolah yang sangatlah luar biasa dan perlu untuk terus digali, dari pada hanya sekedar memikirkan dan menfokuskan pikiran pada kelemahan/kekurangan yang saat ini kita hadapi, karena akibatnya bisa mengganggu dan menimbulkan ketidak nyamanan.
Jurnal Refleksi Model 4C

Change 

  • Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?
Setelah mendapatkan materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, maka dalam pengelolaan sumber daya saya akan lebih memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan (modal/aset) serta fokus pada potensi yang positif. Saya akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah, mengelola sumber daya yang ada di sekolah dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD) sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang berpihak pada murid.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 22 Guru Penggerak"