Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 Guru Penggerak

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9
infogurumaju.my.id - 2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 

Halo sahabat infogurumaju, saat ini kita sedang berada pada minggu ke-9 Program Guru Penggerak. Sudah barang tentu bahwa setiap akhir minggunya kita disibukkan dengan membuat jurnal refleksi mingguan. Perlu dingat kembali bahwa dalam mebuat jurnal refleksi ada beberapa cara/ metode yang dapat digunakan seperti bawa file berikut.

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 Guru Penggerak

Dalam kegiatan refleksi minggu ke-9 ini, admin akan membagikan contoh refleksi dengan menggunakan metode 4C ( Connecting, Challenge, Concept, and Change ). 
Connecting 
  • Pada minggu ini kita banyak mengawali kegiatan belajar pada modul 2 yaitu Modul 2.1 yang diawali dengan pretest, dilanjutkan dengan pembahasan paket Modul 2.1 – Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.
  • Sebagaimana yang diungkapkan oleh Tomlinson (2000) bahwa “Pembelajaran diferensiasi adalah usaha sadar untuk menyesuaikan proses pembelajaran dikelas untuk memenuhi kebutuihan belajar setiap individu”. 
  • Kami berdiskusi bersama Bapak Fasilitator, Ibu Pendamping Praktik dan teman-teman sesama CGP dalam satu kelompok, mengeksplorasi konsep mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi dalam ruang kelompok LMS dan grup whatsApp. 
Challenge 
Ada beberapa hal positif yang lahir dari penerapan Pembelajaran Diferensiasi ini yang membuat saya banyak tertarik pada :
  • Setiap murid dikelas akan dihargai, akan menyambut dan merasa disambut dengan baik ( sesuai kebutuhan belajar masing-masing )
  • Setiap murid didalam kelas tersebut saling menghargai satu sama lain
  • Setiap murid akan merasa aman dan nyaman dalam belajar dikelas
  • Ada harapan bagi pertumbuhan (setiap murid akan tumbuh dan berkembang kearah peningkatan kualitas belajar masing-masing
Concept 
  • Konsep utama yang penting untuk terus dibawa dan disampaikan adalah penerapan pembelajaran diferensiasi ini sangat cocok diterapkan disekolah/ kelas masing-masing, karena sesuai dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak yaitu guru sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. 
  • Selain itu pembelajaran diferensiasi sebagai salah satu upaya mewujudkan Pelajar Pancasila yang sesai dengan Profil Pelajar Pancasila sehingga sangat baik untuk diterapkan oleh guru pada saat sekarang dan dimasa yang akan datang. 
Change 
Apa perubahan dalam diri setelah mendapat materi modul 2.1 ?
  • Jika boleh mengambil salah satu peribahasa “Tak kenal maka tak sayang”, yang menandakan bahwa kita sebagai guru harus mampu mencintai anak didik kita dengan cara mencoba mengenali mereka lebih dalam lagiagar tercipta suasana yang kondusif pada saat kegiatan belajar mengajar. 
  • Selain itu pembelajaran diferensiasi juga dapat mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan mulai dari murid, sekolah dan Indonesia tercinta. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 Guru Penggerak"