Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 10

2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 10
infogurumaju.my.id - Tidak terasa sahabat CGP sudah sampai pada minggu ke-10 yang artinya sahabat diminta untuk membuat jurnal refleksi mingguan. 

2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 10 Calon Guru Penggerak

Di mingu ke-10 saya mengikuti pembelajaran dan aktivitas  yang telah ditampilkan di Learning Management System (LMS). Di minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu :
  • 2.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi 2 Google Meet; 
  • 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1; 
  • 2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1; dan 
  • 2.1.a.8. Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1. 
Dalam Jurnal Refleksi - Minggu 10 ini, saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

Fact 

Aktivitas pertama yaitu mempresentasikan hasil kolaborasi pertemuan sebelumnya tentang membuat RPP berdiferensiasi. Di hari kedua, saya melakukan Refleksi terbimbing. Kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang makin memperkuat kami meningkatkan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi. Aktivitas ketiga yaitu demonstrasi kontekstual. Di aktivitas ini kami diminta membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP. 
Aktivitas penutup di minggu ke-10 yaitu Elaborasi Pemahaman, mengelaborasi pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi lewat proses tanya jawab dan diskusi. Ruang untuk menyampaikan keraguan dan persepsi tentang potensi hambatan dalam implementasi. Ruang elobarasi pemahaman diinstrukturi oleh Ibu Twi Endah. 

Feeling

Saya senang dan semangat mengikuti aktivitas pembelajaran di minggu ke-10. Saya jadi mampu menyusun RPP berdiferensiasi. Paham bagaimana menyusun pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik sekolah saya. Mulai tergambar treatment seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik. Meskipun ada keraguan terhadap proses dan alokasi waktu dalam pembelajaran.

Finding

Diminggu ini saya menemukan Informasi, pengetahuan dan pengalaman baru  sebagai calon guru penggerak pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang guru harus menghamba pada anak adalah mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pembelajaran yang mengakomodir seluruh kebutuhan peserta didik dari minat, kesiapan belajar dan profil belajar peserta didik. 
Ada keadilan dalam bentuk yang nyata, jika lingkungan yang mana guru dan siswa berkolaborasi dalam membangun pertumbuhan dan kesuksesan bersama, dan membangun atsmosfir lingkungan kelas yang positif.

Future

Saya akan coba memperhatikan kemampuan siswa dalam memilih  aktifitas  belajar  yang  sesuai  dengan  gaya  belajar  yang  dimiliki  yang bisa membantu   menghindarkan   siswa   dari   pengalaman   belajar   yang   tidak   tepat, membosankan  dan  cenderung  pasif. Oleh  karena  itu  penting  bagi  siswa  untuk memahami gaya belajar yang dimilikinya agar siswa mampu belajar secara aktif dan efektif serta dapat melakukan improvisasi setiap proses belajar. 
Saya juga akan lebih mempersiapakn kelas dengan kondisi siswa sampai benar-benar siap menerima pelajaran. Dan yang paling penting adalah setelah mengetahui kebutuhan belajar siswa seperti yang tersebut di atas, maka saya harus mendiferensiasikan proses, konten dan hasil belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan potensinya. 
Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 10"