Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11

2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11
infogurumaju.my.id - Minggu ke-11 merupakan minggu yang bisa dikatakan berat bagi CGP karena penugasan yang lumayan banyak yang harus dikerjakan. 

2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11 Calon Guru Penggerak

Dalam melakukan refleksi minggu ke-11 kali ini menggunakan model refleksi DEAL (Description, Examination, dan Articulation of Learning). 
Model refleksi DEAL (Description, Examination, dan Articulation of Learning)

Descriptions

Mendeskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 12

Pada minggu kesebelas ini, CGP belajar tentang Pembelajaran Berdiferensiasi melalui LMS Modul 2.1. Dalam materi ini, CGP terlebih dahulu melanjutkan belajar materi sebelumnya. Setelah mendalami materi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi, CGP memperoleh kesempatan melakukan sintesis antar materi dan aksi nyata. Dalam melakukan sintesis materi, CGP bekerja secara mandiri. Sedangkan saat aksi nyata, CGP berkolaborasi dengan sesama CGP dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi. 

Baca Juga : Mulai dari Diri - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Calon Guru Penggerak melakukan sintesis antar materi untuk menemukan keterkaitan dari materi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Sementara pada bagian Aksi Nyata, CGP membutuhkan upaya ekstra keras untuk bisa menyusun RPP Berdiferensiasi yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. 

Examination

Menganalisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya.
Saya  tidak mengalami kesulitan dalam menyusun keterkaitan antar materi yang telah dipelajari. Hal ini karena dalam proses pembelajaran daring, saya  telah menentukan pokok-pokok materi yang dipelajari dalam setiap modul. Hal ini sebagai hasil belajar dari pengalaman sebelumnya saat masih awal mengikuti program ini. Sementara dalam pelaksanaan Aksi Nyata, saya berusaha memadukan RPP yang sudah ada dengan menambahkan diferensiasi. Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun pada dasarnya sama dengan penyusunan RPP seperti biasa, tetapi kendala tetap ada. Pengalaman menulis RPP sebelumnya hanyalah dasar. Pengembangannya membutuhkan waktu lebih untuk mempelajari lebih lanjut. Kendala terutama dalam melakukan pemetaan kebutuhan peserta didik. Pada sesi latihan ini, RPP berdiferensiasi yang disusun masih  menampakkan masalah yang dihadapi murid terutama alokasi waktu dan manajemen kelas yang efektif.

Articulation of Learning

Menjelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang. 
Memasuki bagian koneksi antar materi dan aksi nyata ada pembelajaran di dalamnya. Terutama bahwa dalam menentukan aspek diferensiasi saya harus menyiapkan terlebih dahulu pemetaan kebutuhan murid. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan bentuk diferensiasi yang akan dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran. Ke depannya rencana perbaikan yang akan dilakukan terkait pemilihan aspek diferensiasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan murid. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11"