Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12

2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12
infogurumaju.my.id - Dalam mengolah jurnal refleksi di minggu 12 ini, admin menggunakan model driscoll, model ini diadaptasi dari refleksi yang digunakan pada praktik klinis (Driscoll & The, 2001). Model driscoll juga dikenal dengan Model refleksi “What?”

2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12

Pada model refleksi ini, pada dasarnya terdiri dari 3 bagian, yaitu What, So What dan Now What. Namun dapat dikembangkan dengan berbagai variasi bergantung pada pertanyaan detail yang dipilih. 
Tahapan dalam membuat refleksi dengan menggunakan model Driscoll adalah :

What

  • Minggu ini saya memasuki modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional. Pada alur merdeka belajar Mulai dari diri dan Eksplorasi Konsep. Sebelum memasuki materi pembelajaran Sosial dan Emosional, saya diingatkan kembali tentang filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan Karakter. 
“Pendidikan Budi Pekerti berarti pembelajaran tentang batin dan lahir. Pembelajaran batin bersumber pada “Tri Sakti” yaitu cipta/pikiran, rasa dan karsa/kemauan, sedangkan pembelajaran lahir yang akan menghasilkan tenaga/perbuatan. Pembelajaran budi pekerti adalah pembelajaran jiwa manusia secara holistik.

Hasil dari pembelajaran budi pekerti adalah bersatunya budi (gerak, pikiran, perasaan dan kemauan) sehingga menimbulkan tenaga (pekerti). Keberhasilan budi adalah bersatunya cipta, rasa, dan karya yang terwujud dalam tajamnya pikiran, halusnya rasa, kuatnya kemauan yang membawa pada kebijaksanaan.” 

  • Untuk mencapai harmonis olah rasa, olah pikir dan olah raga diperlukan sebuah metodologi pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional. 
  • Pembelajaran Sosial Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak atau orang dewasa disekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial emosional. 
  • Untuk sahabat ketahui bahwa, Pembelajaran Sosial dan Emosional memiliki beberapa tujuan, diataranya:
    1. Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri
    2. Menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)
    3. Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)
    4. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi
    5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

So What 

  • Minggu ini saya memasuki modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional pada alur merdeka belajar mulai dari diri dan eksplorasi konsep. Pada alur ini, saya merasa senang karena memperoleh pengetahuan tentang pembelajaran Sosial dan Emosional. Selain itu, saya merasa penasaran seperti apa cara penerapan Pembelajaran Sosial dan Emosional didalam kelas. 
  • Selain itu saya juga merasa bersyukur dapat sampai pada tahap ini karena saya memperoleh banyak pengetahuan tentang pembelajaran sosial dan emosional. Saya optimis akan mampu menerapkannya didalam kelas jika saya sudah selesai dalam mempelajari modul ini. 

No What 

  • Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada modul 2.2 mengenai pembelajaran sosial dan emosional ini, saya akan segera menerapkan didalam kelas dan berusaha untuk mengajak rekan guru disekolah untuk dapat berkolaborasi untuk segera menerapkan pembelajaran sosial dan emosional. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12"