Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
infogurumaju.my.idKoneksi Antar Materi - Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 
Halo sahabat infogurumaju yang saat ini sedang mengikuti program guru penggerak. Dalam modul 2.1 minggu ini sahabat diminta untuk membuat Koneksi Antar Materi Modul 2.1 setelah mempelajari modul sebelumnya dan Elaborasi Pemahaman Modul 2.1

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1 

Tujuan Pembelajaran Khusus yang akan sahabat terapkan dalam pembelajaran ini antara lain: 
  • CGP menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.
Instruksi Penugasan dalam Koneksi Antar Materi Modul 2.1 antara lain:
  • Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
  • Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
  • Tuangkah kesimpulan yang Anda buat tersebut dengan menggunakan cara atau media yang dapat Anda pilih sendiri. Anda dapat memilih menulis artikel, membuat infografik, vlogging (video blogging), dsb.
  • Unggahlah hasil kerja Anda pada kegiatan ini.
    • Jika Anda menulis artikel, salinlah artikel yang telah dibuat ke kolom Text online yang telah disediakan.
    • Jika Anda membuat infografik, silakan unggah infografik di kolom File Submission.
    • Jika Anda membuat vlogging, silakan unggah rekaman vlogging ke google drive Anda, kemudian salinlah tautan rekaman Anda di google drive ke kolom Text Online yang telah disediakan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tautan google drive Anda sudah diset Shared/ dibagikan.

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1 

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:
  1. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?
  2. Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi? 
Berikut adalah alternatif tulisan yang dapat menjadi referensi dalam membuat Koneksi Antar Materi Modul 2.1 

Filosofi Pemikiran KHD

  • Pendidikan harus menuntun anak mencapai kodratnya karena setiap anak adalah pribadi yang  berbeda dan memiliki keunikannya masing-masing yang harus ditumbuh kembangkan sesuai dengan potensinya. 
  • Guru harus menjadi sosok  pamong yang memberi arahan dan menuntun agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.

Pengertian Pembelajaran Diferensiasi

  • Pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Untuk itu diperlukan usaha untuk memenuhi kebutuhan belajar individu tiap murid tersebut. 

Kebutuhan Belajar Murid 

  • Kesiapan belajar (readiness)
    • yaitu kapasitas murid untuk mempelajari materi baru.
  • Minat murid
    • Minat adalah salah satu motivator penting bagi murid untuk dapat ‘terlibat aktif’ dalam proses pembelajaran.
  • Profil belajar murid
    • Menurut Tomlinson (dalam Hockett, 2018) profil belajar murid ini merupakan pendekatan yang disukai murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, dll. 

Diferensiasi Sesuai Kebutuhan Murid

  • Diferensiasi konten; masukan, apa yang diajarkan kepada murid.
  • Diferensiasi proses mengacu pada bagaimana upaya murid memahami atau memaknai informasi atau materi.
  • Diferensiasi produk; keluaran, tagihan yang diharapkan dari murid apa yang telah dipelajari.

Keterkaitan

  • Lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dibangun dengan menciptakan learning community (komunitas belajar) atau komunitas yang semua anggotanya adalah pembelajar ditandai dengan Iklim belajar di kelas yang mencerminkan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi; 
    • Setiap orang dikelas saling menyambut dengan baik, 
    • Saling menghargai, 
    • Terciptanya rasa aman, 
    • Ada harapan untuk pertumbuhan, 
    • Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, 
    • Ada keadilan yang nyata, 
    • Guru dan siswa berkolaborasi untuk tumbuh dan sukses bersama
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1"