Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak

1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak

Tiba saatnya pada akhir modul 1.3 yang berarti sahabat ingoguru_ yang saat ini sedang mengikuti Program Guru Penggerak PGP harus membuat Koneksi Antar Materi pada modul 1.3.a.9

Dari pemahaman saya sebagai Calon Guru Penggerak bahwa antara modul 1.1, modul 1.2 dan modul 1.3 saling terkait satu sama lain. Bahwa dalam menyusun Visi Guru Penggerak akan berhubungan dengan :

  1. Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara, 
  2. Peran dan Nilai Guru Penggerak 
  3. Inquiri Apresiatif B-A-G-J-A.

Baca Juga : Refleksi Minggu ke-7 CGP

Jika kita mempunyai Visi Guru Penggerak : “Terwujudnya Siswa yang Cerdas, Inovatif dan Berakhlak Mulia” maka saya dapat mengasumsikan bahwa saya mempunyai siswa impian sebagai berikut:

  1. Cerdas : Siswa yang sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, maupun memahami)
  2. Inovatif : Siswa yang mampu mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulus dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan sesuatu yang baru untuk dirinya sendiri atau orang lain.
  3. Berakhlak mulia : Siswa yang bersikap dan bertingkah laku yang baik atau bersikap terpuji terhadap Tuhan, sesame manusia dan lingkungannya.

Sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara bahwa “Menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat”

Baca Juga : Elaborasi Pemahaman Visi Guru Penggerak

Tahapan B-A-G-J-A

Untuk mewujudkan mimpi dan Visi tersebut sesuai dengan tahapan B-A-G-J-A bahwa ada 5 tahap yang harus dilakukan yaitu:

Buat Pertanyaan

  • Ditahap ini, Anda merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan apa yang diinginkan atau diimpikan

Ambil Pelajaran

  • Pada tahapan ini, anda mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di sekolah dan pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut secara nyata.

Gali Mimpi

  • Pada tahapan ini, Anda dapat Menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan terjadi disekolah. Di tahap inilah visi Anda benar-benar dirumuskan dengan jelas.

Jabarkan Rencana

  • Ditahapan ini, Anda dapat merumuskan rencana Tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.

Atur Eksekusi

  • Dibagian tahap ini, Anda memutuskan Langkah apa yang akan diambil, siapa saja yang terlibat, bagaimana strateginya dan aksi lainnya demi mewujudkan visi secara perlahan-lahan.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak"