Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Visi Guru Penggerak

1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Visi Guru Penggerak
Pembelajaran pada modul 1.3 tentang pemahaman Visi Guru Penggerak sudah hampir selesai. Seperti biasa pada kegiatan akhir akan di tutup dengan Elaborasi Pemahaman dengan narasumber yang luar biasa dan inspiratif. 

Dalam kegiatan 1.3.a.8 Elaborasi Pemahaman - Visi Guru Penggerak banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dan dikembangkan di sekolah sehingga visi sekolah dapat tercapai dengan baik. 

Elaborasi Pemahaman Visi Guru Penggerak

Pada modul 1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Visi Guru Penggerak ada beberapa pertanyaan yang disampaikan dan harus di jawab oleh Calon Guru Penggerak dalam LMS. Pertanyaan tersebut diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga : Refleksi Minggu ke-6

Apa yang Anda pahami tentang paradigma inkuiri apresiatif (IA) ?

  • Inkuiri Apresiatif (IA) adalah sebuah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis pada sisi positif (kekuatan) yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Sisi positif inilah yang akan menjadi modal atau kekuatan bagi sebuah organisasi didalam melakukan sebuah perubahan. Nah, di sekolah perubahan yang diharapkan yaitu perubahan menuju murid merdeka dan merdeka belajar. 
  • Untuk mewujudkan perubahan ke arah murid merdeka dan merdeka belajar tentunya sekolah harus selalu mengupayakan pelaksanaan pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman (kodrat zaman) dan selalu mengupayakan menuntun siswa-siswinya sesuai dengan kodrat yang dimilikinya (kodrat alam).  

Apa yang Anda pahami mengenai peran sebagai pendidik dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila di sekolah Anda ?

  • Peran pendidik dalam hakikatnya sama dengan kewajiban seorang petani dalam menggarap lahan garapannya, misalnya memperbaiki kondisi tanah, memelihara tanaman, memberi pupuk dan air serta membasmi jamur dan gulma dan lain sebagainya.
  • Pendidik bertugas menuntun segala kodrat anak agar bisa mencapat kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Peran pendidik adalah menumbuhkembangkan kodrat siswa agar sesuai kebutuhan zaman sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila diantaranya :
    1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
    2. Berkebhinekaan Global 
    3. Gotong Royong,  
    4. Mandiri, 
    5. Bernalar Kritis, 
    6. Kreatif.

Baca Juga : Koneksi Antar Materi Visi Guru Penggerak

Sebagai seorang guru yang mendidik, apa yang harus Anda lakukan berdasarkan konsep IA dan Profil Pelajar Pancasila dalam memahami murid yang Anda ajar ?

  • Di dalam melaksanakan suatu perubahan sekolah dapat menerapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif dengan menggunakan alur B-A-G-J-A (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi). Dalam penyusunan Bagja ini untuk pelaksanaan perubahan di sekolah menuju visi murid merdeka dan merdeka belajar, tentunya kita sebagai pendidik harus selalu memperhatikan sisi-sisi positif yang dimiliki oleh siswa. 
  • Tiap anak punya sisi positif, keunikan, dan potensinya masing-masing. Peran kita sebagai pendidik yaitu menuntun segala sisi positif, keunikan, dan potensi yang dimiliki siswa agar siswa dapat berkembang dengan baik sesuai dengan kodratnya masing-masing

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Visi Guru Penggerak"