Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.9. Koneksi Antar Materi Visi Guru Penggerak CGP

1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak

Rancangan Strategi Perubahan dengan Pendekatan IA dengan tahapan BAGJA

Saya mempunyai visi : 

Mewujudkan SDM Unggul dan Bermartabat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila " 
Tujuan Khususnya adalah untuk meningkatkan kemampuan numerasi di kelas

Sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara :

Tujuan Pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak. Pendidik hanya mampu menuntun tumbuh kembangnya kodrat yang ada pada anak agar dapat memperbaiki lakunya agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Sehingga dalam mewujudkan visi tersebut saya akan menuntun siswa saya untuk belajar sesuai dengan kodrat mereka dengan tetap mengikuti perkembangan zaman. Tujuan khusus yang saya ambil sesuai dengan tuntutan zaman bahwa sebagai pengganti Ujian Nasional akan dilaksanakan Asesmen Nasional salah satunya adalah Kemampuan Numerasi. 

Baca Juga : Refleksi Minggu ke-7

Dengan nilai dan peran dari guru penggerak yang sudah saya pahami sebelumnya, saya yakin akan mampu membersamai siswa saya untuk mencapai visi dan tujuan tersebut. 

Melalui pendekatan Inquiri Apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA saya akan membuat strategi perubahan didalam kelas untuk meningkatkan kemampuan numerasi didalam kelas saya. 

Buat Pertanyaan

  • Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan SDM unggul dan bermartabat sesuai PPP ?
  • Apa manfaat dari numerasi didalam kelas dalam proses komunikasi?

Ambil Pelajaran

  • Melaksanakan aktifitas di kelas untuk meningkatkan kemampuan numerasi dikelas
  • Melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa untuk berkomunikasi dikelas
  • Menerapkan metode pembelajaran yang paling sesuai untuk meningkatkan numerasi siswa

Gali Mimpi

  • Melakukan aktifitas didalam kelas untuk meningkatkan numerasi (misalnya : pembelajaran dengan permainan berbasis IT)
  • Memberikan motivasi kepada siswa agar terus meningkatkan kemampuan numerasi sehingga bisa menjadi SDM yang unggul dan bermartabat

Jabarkan Rencana

  • Membuat pemetaan kekuatan dan strategi yang akan dilaksanakan didalam kelas
  • Menyusun RPP yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa
  • Melaksanakan strategi yang telah disusun dan melakukan refleksi secara berkala

Atur Eksekusi

  • Menentukan waktu dan siapa saja yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
  • Koordinasi dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan rekan guru untuk proses kolaborasi didalam kelas

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.9. Koneksi Antar Materi Visi Guru Penggerak CGP"