Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif Calon Guru Penggerak

1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif

infogurumaju.my.id - setelah masuk dalam modul 1.4 mengenai budaya positif, kita akan disuguhkan dengan berbagai pertanyaan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman awal kita mengenai budaya positif di sekolah. 

1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif

Dalam mulai dari diri modul 1.4 mengenai budaya positif, ada 9 halaman yang berisi pertanyaan pemantik sebagai berikut:

Halaman 1

  • Pendidik diibaratkan petani dan sekolah adalah sawahnya. Seorang pendidik harus dapat merawat, mengasihi dan dapat memupuk peserta didik dan sekolah merupakan tempat yang menyenangkan untuk tumbuh kembang dan menggali potensi diri bagi peserta didik untuk mencapai cita-citanya. 

Halaman 2

Apa urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda? 

  • Urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah yaitu menciptakan hubungan yang baik antara murid dengan seluruh warga sekolah (Guru dan tenaga pendidikan) serta lingkungan sekolah yang aman dan nyaman. 

Halaman 3

Bagaimana Anda sendiri sebagai seorang pendidik dapat menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda selama ini? 

  • Sebagai seorang pendidik suasana positif yang saya lakukan yaitu senyum , salam dan sapa ketika bertemu dengan warga sekolah. Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan ucapan salam. Mendorong dan memotivasi siswa untuk tergerak belajar matematika dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton. 
  • Membuat aksi nyata di setiap pokok bahasan yang saya berikan sehingga siswa merasa senang dan menhetahui manfaat dari materi yang saya berikan. Melakukan pembiasaan-pembisaan positif disekolah dengan beribadah sholat berjamaah dengan peserta didik, menengok teman yang sakit dll. 

Halaman 4

Apa hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

  • Menciptakan suasana yang positif dapat dilakukan dengan menerapkan model/metode pembelajaran yang berpihak pada murid, karena dengan pembelajaran yang berpihak pada murid maka siswa akan merasa lebih bersemangat untuk melalui semua proses pembelajaran di sekolah. 

Halaman 5

Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu dikembangkan?

  • Disiplin disekolah saya sudah diterapkan dengan baik melalui tata tertib sekolah. pemantauan tata tertib melalui operasi tata tertib di kelas-kelas dalam kurun waktu 2-3 bulan sekali, di sekolah juga di rekrut duta-duta yang menjadi agen-agen perubahan yang berfungsi sebagai role model untuk siswa yang lain. 
  • Karena jumlah siswa cukup banyak dan tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang cukup banyak terkadang tidak semua memiliki kepedulian mengenai tata tertib tersebut sehingga perlu sosialisasi dan pemahaman bersama untuk menjalankan tata tertib. 

Halaman 6

  • Saya memimpikan murid-murid yang bahagia, semangat dalam belajar, memiliki kemampuan memimpin diri sendiri dan orang lain, jujur dan bertanggung jawab. Maka saya harus mengupayakan agar Murid di sekolah saya sadar betul bahwa kedisiplinan, ketaqwaan, kejujuran dan tanggung jawab merupakan karakter yang harus dimiliki agar tujuan/visi dapat terwujud dengan penerapan budaya positif di sekolah. 
  • Untuk mewujudkan kelas yang aman dan nyaman bagi semua warga kelas, saya harus menyamakan persepsi dengan rekan guru yang lain bahwa setiap siswa memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sehingga tidak dapat menuntut setiap siswa memiliki kemampuan yang sama dan perlu cara berbeda dalam menuntut mereka.

Halaman 7

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

  • Ingin mewujudkan budaya positif di sekolah untuk membentuk karakter murid tumbuh dengan baik dan mewujudkan sekolah menjadi lingkungan yang menyenangkan, menjaga dan melindungi murid dari hal-hal yang tidak baik diharapkan karakter murid bisa tumbuh dengan baik.

Halaman 8

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

  • Harapan untuk murid setelah mempelajari modul ini murid lebih semangat belajar, mengasah bakat dan minatnya mewujudkan cita-cita dan impianya. 

Halaman 9

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

  • Kegiatan yang diharapkan adalah perlunya bimbingan dalam mengembangkan budaya positif di sekolah. Materi yang saya harapkan budaya positif untuk diimplementasikan di sekolah, dan upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkannya. Berharap banyak manfaat saya peroleh guna implementasi di sekolah. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif Calon Guru Penggerak"