Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak

Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak 
Selamat datang di pembelajaran ketiga dalam kegiatan program guru penggerak PGP. Dalam modul 1.3.a.5 ruang kolaborasi Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak sahabat diminta untuk memetakan kekuatan sebagai seorang guru penggerak sesuai dengan Visi Guru Penggerak. 
Ada beberapa kriteria yang dapat dipetakan kekuatan dalam membantu mewujudkan visi sekolah sehingga akan dapat terwujud dengan baik. 

Kriteria : Diri Sendiri

  • Kekuatan : Saya terbuka dengan hal-hal baru dan selalu ingin belajar meningkatkan kompetensi saya
  • Peran : Aktor
  • Manfaat : Dengan meningkatkan kompetensi saya bisa berbagi ilmu dengan orang lain

Kriteri : Rekan Sejawat

  • Kekuatan : Rekan sejawat mau berbagi pengalaman, belajar bersama hal-hal baru dan selalu bekerja sama untuk saling mendukung
  • Peran : Kolaborator
  • Manfaat : Terjalin kerja sama yang baik untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di sekolah

Baca Juga : Refleksi Terbimbing Visi Guru Penggerak

Kriteria : Kepala Sekolah

  • Kekuatan : Kepala Sekolah memiliki jiwa kepemimpinan dan manajerial yang sangat baik dalam mengelola program sekolah
  • Peran : Mentor
  • Manfaat : Memberikan arahan, bimbingan dan dukungan dalam membuat dan menjalankan program-program sekolah

Kriteria : Komite

  • Kekuatan : Komite selalu mendukung program-program yang dilakukan sekolah
  • Peran : Kolaborator
  • Manfaat : Terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang tua siswa dan memberikan masukan yang baik terkait kemajuan sekolah

Kriteria : Siswa

  • Kekuatan : Siswa yang selalu bersemangat dengan memiliki potensi akademik dan non akademik yang berbeda
  • Peran : Aktor
  • Manfaat : Terlaksananya proses pembelajaran yang mendukung potensi siswa baik akademik maupun non akademik

Baca Juga : Refleksi Minggu ke-6 CGP

Kriteria : Lokasi Sekolah

  • Kekuatan : Lokasi sekolah yang nyaman dengan suasana yang tenang
  • Peran : Pendukung
  • Manfaat : Keyamanan dalam melaksanakan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas

Kriteria : Sarana

  • Kekuatan : Sarana yang memadai dalam mendukung pembelajaran
  • Peran : Pendukung
  • Manfaat : Proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik

Kriteria : Prasarana

  • Kekuatan : Prasarana seperti ruang kelas yang sesuai dengan rasio siswa, dan memiliki ruang yang lengkap untuk menunjang pembelajaran
  • Peran : Pendukung
  • Manfaat : Proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik

Kriteria : Komunitas

  • Kekuatan : Komunitas guru yang selalu aktif dalam meningkatkan kompetensi guru
  • Peran : Kolaborator
  • Manfaat : Secara periodik terjadi pengembangan diri bagi guru-guru di sekolah

Baca Juga : Gallery Walk Pemetaan Kekuatan CGP

Kriteria : Mitra Sekolah

  • Kekuatan : Mitra sekolah berupa desa dan Industri untuk melakukan pembinaan dan tempat praktik bagi siswa
  • Peran : Kolaborator
  • Manfaat : Mendapat ilmu baru yang sesuai kebutuhan untuk memajukan program sekolah
Bapak/ibu dapat mengunduh dalam bentuk file pdf pada link berikut.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak "