1.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak
Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak |
Ada beberapa kriteria yang dapat dipetakan kekuatan dalam membantu mewujudkan visi sekolah sehingga akan dapat terwujud dengan baik.
Kriteria : Diri Sendiri
- Kekuatan : Saya
terbuka dengan hal-hal baru dan selalu ingin belajar meningkatkan kompetensi
saya
- Peran : Aktor
- Manfaat : Dengan meningkatkan kompetensi saya bisa berbagi ilmu dengan orang lain
Kriteri : Rekan Sejawat
- Kekuatan : Rekan sejawat mau berbagi pengalaman, belajar bersama hal-hal baru dan selalu bekerja sama untuk saling mendukung
- Peran : Kolaborator
- Manfaat : Terjalin kerja sama yang baik untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di sekolah
Baca Juga : Refleksi Terbimbing Visi Guru Penggerak
Kriteria : Kepala Sekolah
- Kekuatan : Kepala
Sekolah memiliki jiwa kepemimpinan dan manajerial yang sangat baik dalam
mengelola program sekolah
- Peran : Mentor
- Manfaat : Memberikan
arahan, bimbingan dan dukungan dalam membuat dan menjalankan program-program
sekolah
Kriteria : Komite
- Kekuatan : Komite selalu mendukung program-program yang dilakukan sekolah
- Peran : Kolaborator
- Manfaat : Terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang tua siswa dan memberikan masukan yang baik terkait kemajuan sekolah
Kriteria : Siswa
- Kekuatan : Siswa yang selalu bersemangat dengan memiliki potensi akademik dan non akademik yang berbeda
- Peran : Aktor
- Manfaat : Terlaksananya proses pembelajaran yang mendukung potensi siswa baik akademik maupun non akademik
Baca Juga : Refleksi Minggu ke-6 CGP
Kriteria : Lokasi
Sekolah
- Kekuatan : Lokasi
sekolah yang nyaman dengan suasana yang tenang
- Peran : Pendukung
- Manfaat : Keyamanan
dalam melaksanakan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas
Kriteria : Sarana
- Kekuatan : Sarana
yang memadai dalam mendukung pembelajaran
- Peran : Pendukung
- Manfaat : Proses
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik
Kriteria : Prasarana
- Kekuatan : Prasarana
seperti ruang kelas yang sesuai dengan rasio siswa, dan memiliki ruang yang
lengkap untuk menunjang pembelajaran
- Peran : Pendukung
- Manfaat : Proses
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik
Kriteria : Komunitas
- Kekuatan : Komunitas guru yang selalu aktif dalam meningkatkan kompetensi guru
- Peran : Kolaborator
- Manfaat : Secara periodik terjadi pengembangan diri bagi guru-guru di sekolah
Baca Juga : Gallery Walk Pemetaan Kekuatan CGP
Kriteria : Mitra Sekolah
- Kekuatan : Mitra sekolah berupa desa dan Industri untuk melakukan pembinaan dan tempat praktik bagi siswa
- Peran : Kolaborator
- Manfaat : Mendapat ilmu baru yang sesuai kebutuhan untuk memajukan program sekolah
Bapak/ibu dapat mengunduh dalam bentuk file pdf pada link berikut.
Post a Comment for "1.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak "