Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi Minggu 5 Calon Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu 5 Calon Guru Penggerak
Halooo sahabat infogurumaju_ yang berbahagia. Sampai juga kita dalam minggu ke-5 dalam mengikuti program guru penggerak PGP tahun 2021. Pada minggu ini admin akan membagikan refleksi jurnal mingguan yang disusun dengan menerapkan model 4C (connection, challenge, concept, change.

Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison pada tahun 2011. Model ini cocok untuk digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yang menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu:

  • Connection : Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak?
  • Challenge : Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?
  • Concept : Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?
  • Change : Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?

Berikut ini jurnal refleksi minggu kelima yang akan admin bagikan.

Baca Juga : Refleksi Minggu 6

Connection 

Minggu ini saya belajar mengelaborasi pemahaman bersama instruktur (Pak Aditya Dharma). Pembelajaran dengan sesi instruktur memberikan saya pengalaman belajar mengelaborasi materi yang diperoleh secara mandiri dan diskusi kelompok dengan pengalaman dan pendapat instruktur. Saya bisa membuat keterkaian antara materi-materi yang telah saya pelajari, pengalaman selama ini, dan pandangan ke depan.

Challenge

Secara umum, semua ide, materi, dan pendapat dari narasumber tidak berbeda dari praktik yang selama ini saya lakukan di sekolah. Hanya saja saya mendapatkan pencerahan terkait sistem kerja otak  manusia. Bahwa fokus pikiran manusia cenderung ke hal negatif karena ingatan buruk muncul disebabkan memori buruk di masa lalu. 

Hal ini  yang menyadarkan saya bahwa kenapa banyak anak yang takut belajar di kelas. Ternyata penyebabnya adalah  karena  mereka sudah berpikir  negatif dulu terhadap pelajaran. Sehingga mau diajarkan dengan model apapun, murid akan mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran.

Baca Juga : Mulai dari diri Visi Guru Penggerak

Concept

Konsep utama yang saya pelajari minggu ini adalah bagaimana menguatkan nilai dan peran guru penggerak. Saya mendapat banyak ide dari diskusi bersama rekan CGP, pamaparan fasilitator, maupun materi dari instruktur. Peran guru penggerak yang selama ini sudah saya jalankan dapat lebih dikuatkan dengan nilai-nilai guru penggerak sehingga dapat memfasilitasi murid agar merdeka belajar. 

Saya juga menghubungkan nilai dan peran guru penggerak dengan visi guru penggerak yang baru saya pelajari, yaitu membuat gambaran murid dan sekolah yang diidamkan.

Change

Setelah mempelajari materi, berdiskusi, dan menyimak pemaparan fasilitator dan instruktur, saya akan melakukan perubahan, dimulai dari diri sendiri. Perubahan yang saya bisa lakukan adalah meningkatkan kompetensi diri secara mandiri maupun kolaboratif. Pembelajaran yang saya lakukan akan lebih berpusat pada murid, menyenangkan, dan bermanfaat bagi kehidupannya. 

Saya juga akan menggerakkan rekan guru untuk melakukan perubahan pembelajaran di kelas secara inovatif, berbagi pengalaman dengan rekan guru, dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah murid.

Dalam pembelajaran, saya juga akan membiasakan murid mengambil keputusan, memimpin diskusi, dan menyampaikan pendapat. Saya berusaha lebih aktif dalam komunitas guru, seperti MGMP agar dapat saling berkontribusi dan berbagi pengalaman. Pembelajaran selama ini telah mengubah pandangan/visi saya mengenai murid dan sekolah yang saya idamkan.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi Minggu 5 Calon Guru Penggerak"