1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi Minggu 5 Calon Guru Penggerak
Jurnal Refleksi Minggu 5 Calon Guru Penggerak |
Model ini dikembangkan oleh
Ritchhart, Church dan Morrison pada tahun 2011. Model ini cocok untuk digunakan
dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yang
menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu:
- Connection : Apa keterkaitan materi yang didapat
dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak?
- Challenge : Adakah ide, materi atau pendapat dari
narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?
- Concept : Ceritakan konsep-konsep utama yang
Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon
Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?
- Change : Apa perubahan dalam diri Anda yang
ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?
Berikut ini
jurnal refleksi minggu kelima yang akan admin bagikan.
Baca Juga : Refleksi Minggu 6
Connection
Minggu ini
saya belajar mengelaborasi pemahaman bersama instruktur (Pak Aditya Dharma). Pembelajaran
dengan sesi instruktur memberikan saya pengalaman belajar mengelaborasi materi
yang diperoleh secara mandiri dan diskusi kelompok dengan pengalaman dan
pendapat instruktur. Saya bisa membuat keterkaian antara materi-materi yang
telah saya pelajari, pengalaman selama ini, dan pandangan ke depan.
Challenge
Secara umum, semua ide, materi, dan pendapat dari narasumber tidak berbeda dari praktik yang selama ini saya lakukan di sekolah. Hanya saja saya mendapatkan pencerahan terkait sistem kerja otak manusia. Bahwa fokus pikiran manusia cenderung ke hal negatif karena ingatan buruk muncul disebabkan memori buruk di masa lalu.
Hal ini
yang menyadarkan saya bahwa kenapa banyak anak yang takut belajar di
kelas. Ternyata penyebabnya adalah
karena mereka sudah berpikir negatif dulu terhadap pelajaran. Sehingga mau
diajarkan dengan model apapun, murid akan mengalami kesulitan dalam menerima
pelajaran.
Baca Juga : Mulai dari diri Visi Guru Penggerak
Concept
Konsep utama yang saya pelajari minggu ini adalah bagaimana menguatkan nilai dan peran guru penggerak. Saya mendapat banyak ide dari diskusi bersama rekan CGP, pamaparan fasilitator, maupun materi dari instruktur. Peran guru penggerak yang selama ini sudah saya jalankan dapat lebih dikuatkan dengan nilai-nilai guru penggerak sehingga dapat memfasilitasi murid agar merdeka belajar.
Saya juga
menghubungkan nilai dan peran guru penggerak dengan visi guru penggerak yang
baru saya pelajari, yaitu membuat gambaran murid dan sekolah yang diidamkan.
Change
Setelah mempelajari materi, berdiskusi, dan menyimak pemaparan fasilitator dan instruktur, saya akan melakukan perubahan, dimulai dari diri sendiri. Perubahan yang saya bisa lakukan adalah meningkatkan kompetensi diri secara mandiri maupun kolaboratif. Pembelajaran yang saya lakukan akan lebih berpusat pada murid, menyenangkan, dan bermanfaat bagi kehidupannya.
Saya juga akan
menggerakkan rekan guru untuk melakukan perubahan pembelajaran di kelas secara
inovatif, berbagi pengalaman dengan rekan guru, dan berkolaborasi dalam
menyelesaikan masalah murid.
Dalam pembelajaran, saya juga akan membiasakan murid mengambil keputusan, memimpin diskusi, dan menyampaikan pendapat. Saya berusaha lebih aktif dalam komunitas guru, seperti MGMP agar dapat saling berkontribusi dan berbagi pengalaman. Pembelajaran selama ini telah mengubah pandangan/visi saya mengenai murid dan sekolah yang saya idamkan.
Post a Comment for "1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi Minggu 5 Calon Guru Penggerak"