1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak
1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak |
Dalam penugasan mulai dari diri, sahabat diminta untuk membuat sebuah misi dari seorang guru penggerak bukan?? OK admin akan memberikan sedikit gambaran mengenai tugas ini.
1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak
Dalam Pembelajaran 1 ini kita akan menggali pemahaman kita atas visi. Ingatkah Bapak/Ibu CGP, pada masa kecil, kita pernah ditanya mengenai cita-cita. Pertanyaan yang sering diajukan adalah,
“Mau jadi apa jika sudah besar?”
Pada masa itu, sebagian besar dari kita dapat menjawab dengan percaya diri. Kita menjawab dengan bersemangat tentang profesi yang ingin kita geluti di masa depan. Padahal, kita belum tahu apakah hal itu dapat dicapai atau tidak.
Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. Visi adalah sesuatu yang belum terjadi saat ini, namun kita yakini akan terwujud di masa depan.
Saat ini kita akan mencoba membayangkan tanggung jawab kita sebagai seorang guru, terlebih dengan peran sebagai guru penggerak. Kita memiliki peran untuk dapat mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah.
Baca Juga : Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak
Peran ini memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang kita harap dapat kita capai di masa depan nanti. Hal besar yang kita harapkan di masa depan inilah yang kita sebut sebagai visi. Untuk membantu Bapak/Ibu memahaminya, ada beberapa pertanyaan yang perlu kita ajukan pada diri sendiri mengenai visi ini.
- Apa arti penting visi bagi Anda sebagai seorang guru?
- Visi seperti apa yang Anda miliki sebagai guru?
Dua pertanyaan pemantik diatas yang akan menjadi dasar dalam membuat misi seorang guru penggerak yang dituangkan dalam 3 karya yaitu :
Karya 1. Imajiku tentang Muridku di Masa Depan
Sahabat diminta untuk membuat gambar/ ilustrasi mengenai imajinasi murid-murid bapak/ibu dimasa depan, bisa mengenai profesi maupun unsur yang lain. Berikut adalah salah satu contoh hasil karya 1.
karya : Akhmad Sobirun, CGP Angkatan 4 |
Karya 2. Merangkai mimpi lewat kata-kata: Melanjutkan tiap kalimat rumpang hingga menjadi satu kalimat atau satu paragraf utuh
Kemudian pada karya 2, bapak/ibu diminta menuliskan apa yang anda yakini mengenai beberapa hal yaitu:
- Saya memimpikan murid-murid yang berpikiran kritis, mampu berinovasi mengikuti perkembangan zaman, dan mempunyai budi pekerti yang baik
- Sekolah saya percaya bahwa murid adalah anak-anak yang memiliki keistimewaan dan bakat terpendam
- Sekolah saya mengutamakan pendidikan karakter
- Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka harus mengutamakan budi pekerti karena ilmu tanpa adab tidak ada artinya
- Guru di sekolah saya yakin untuk menuntun anak agar dapat mencapai kebahagiaan sesuai potensinya/kodratnya
- Guru di sekolah saya paham bahwa setiap anak punya bakat yang berbeda, maka cara memperlakukannya juga berbeda
Baca Juga : Eksplorasi Konsep - Inkuiri Apresiatif
Karya 3. Mengartikulasikan visi kita tentang murid dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat
Visi : “Menuntun murid agar dapat mencapai potensi maksimalnya”
Demikian tugas modul 1.3.a.3 Mulai dari diri Visi Guru Penggerak yang dapat admin bagikan, semoga dapat menjadi manfaat bagi bapak/ibu yang sekarang sedang mengikuti program guru penggerak PGP.
Post a Comment for "1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak"