Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Eksplorasi konsep merupakan salah satu tugas yang diberikan kepada calon guru penggerak CGP dalam modul awal 1.3. Modul 1.3 merupakan pembahasan mengenai Visi Guru Penggerak yang merupakan lanjutan dari peran dan nilai guru penggerak. 

Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Dalam penugasan tersebut bapak/ibu setelah menyimak bacaan Inkuiri Apresiatif dan video BAGJA di dalam modul 1.3, bapak/ibu diminta membuat sebuah kesimpulan sepanjang 200-400 kata. Kesimpulan tersebut kemudian bapak/ibu bawa ke forum diskusi untuk dibagikan kepada rekan Calon Guru Penggerak lainnya. Berikut ini adalah pertanyaan pemandu untuk bapak/ibu yang akan membantu dalam membuat beberapa kesimpulan:

  • Apa saja yang menurut bapak/ibu menjadi informasi utama dalam bacaan dan video BAGJA yang disajikan?
  • Informasi apa yang paling dapat membantu bapak/ibu dalam peran sebagai guru penggerak kelak?

Setelah selesai memberikan kesimpulan tertulis di atas, bapak/ibu akan masuk ke dalam forum diskusi. Forum ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada bapak/ibu untuk mendiskusikan gagasan, ide, pemikiran dan pertanyaan-pertanyaan yang dimiliki bersama Fasilitator didalam LMS. 

Baca Juga : Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

Berikut adalah contoh kesimpulan yang dapat dibuat dan didiskusikan:

Informasi Utama Video

BAGJA berasal dari bahasa Sunda yang berarti bahagia. BAGJA juga merupakan akronim (singkatan) dari 5 langkah utama yang digunakan dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif. Inkuiri apresiatif merupakan sebuah pendekatan manajemen kolaboratif dan berbasis kekuatan untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Lima tahapan utama yang dijalankan dalam akronim BAGJA tersebut adalah:

  1. Buat pertanyaan utama yaitu menentukan arah  penelusuran
  2. Ambil Pelajaran yaitu menuntun pengambilan pelajaran
  3. Gali Mimpi bersama yaitu menyusun narasi keadaan ideal
  4. Jabarkan rencana yaitu mengidentifikasi tindakan yang diperlukan
  5. Atur Eksekusi yaitu membantu transformasi rencana jadi nyata

Baca Juga : Pemetaan Kekuatan Visi Guru Penggerak

Informasi Yang Dapat Membantu Dalam Peran Sebagai Guru Penggerak

Informasi yang dapat membantu adalah pendekatan atau paradigma Inkuiri Apresiatif ini merupakan alat untuk mencapai tujuan. Di mana pendekatan ini meyakini bahwa setiap orang memiliki hal/inti postif yang dapat berkontribusi pada keberhasilan individu maupun kelompok. 

Sedangkan cara untuk fokus pada hal positif itu sendiri adalah dengan cara mengidentifikasi hal baik yang ada di sekolah, mencari cara agar dapat dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkannya untuk kemudian menyelaraskannya dengan visi sekolah.

Hal itu sangat mendukung peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran karena kita dituntut untuk melihat hal-hal positif pada anak untuk kemudian mengembangkan bakatnya menggunakan hal positif tersebut.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif"