Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak
Pada modul 1.3.a.6 ini sahabat infogurumaju_ akan diminta untuk menuliskan hasil refleksi terbimbing bersama dengan fasilitator dalam melaksanakan dan mewujudkan visi guru penggerak. 
Beberapa pertanyaan pemantik yang disediakan diharapkan dapat menjadi acuan dalam membuat refleksi tersebut. 

Banyak hal telah coba dipelajari melalui 3 pembelajaran sebelumnya. Mari kita membuat refleksi individu 4P atas proses kolaborasi yang telah kelompok Anda lalui di Pembelajaran 3 dalam menyelesaikan tugas pembuatan pemetaan kekuatan dari setiap aset yang dimiliki. Gunakan poin-poin panduan (4P) yang disajikan pada halaman berikutnya untuk menyusun refleksi Anda.

Baca Juga : Demonstrasi Kontekstual - Visi Guru Penggerak

Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dalam diskusi?

  • Calon guru penggerak (CGP) memetakan kekuatan masing-masing, saling memotivasi dalam memunculkan ide, saling memberi, melengkapi dan menyempurnakan pemetaan kekuatan masing-masing, menyatukan pemetaan kekuatan, selanjutnya CGP mepresentasikan hasil kerja kelompok dan individu, dan diakhiri dengan memberikan umpan balik
  • Fasilitator memberikan penguatan bahwa pemetaan kekuatan disekolah dapat berasal dari internal dan eksternal sekolah. Dari internal sekolah yang paling penting adalah seluruh warga sekolah meliputi kepala sekolah, rekan sejawat, tenaga kependidikan, murid dan warga sekolah lainnya. Kekuatan eksternal misalnya dari Yayasan, dinas Pendidikan, komite sekolah, tokoh masyarakat, dunia usaha dan pihak lain yang dapat dijadikan sebagai mitra dalam pengembangan sekolah.  

Perasaan apa yang muncul saat proses pembelajaran?

  • Setelah melakukan kolaborasi dengan rekan CGP yang dibantu oleh fasilitator saya merasa sangat senang, gembira dan antusias dalam mengikuti diskusi, bersama teman-teman CGP yang hebat dan penuh semangat. Banyak ide hebat dan penuh inspiratif dari rekan CGP lain yang dibimbing oleh fasilitator yang baik hati dan ramah sehingga proses kolaborasi menjadi menarik.   

Baca Juga : Mulai dari diri - Visi Guru Penggerak

Pembelajaran apa saja yang diperoleh melalui peta kekuatan?

  • Setelah saya mengikuti kegiatan kolaborasi dan melakukan proses refleksi, ada beberapa pembelajaran yang dapat saya ambil diantaranya:
  • Saya dapat belajar dan memetakan kekuatan dari berbagai macam komponen
  • Saya dapat memahami kekuatan dari sekolah, baik yang berasal dari internal maupun dari eksternal sekolah
  • Dengan membuat peta kekuatan, saya dapat mengukur seberapa besar kekuatan yang saya miliki dan saya menjadi semakin optimis dalam mewujudkan visi sekolah.

Jika saya ingin membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif; 

Apa saja yang perlu saya pelajari lebih lanjut? 

  • Saya perlu memahami tahapan-tahapan dalam  elakukan refleksi, menggali asset positif apa saja yang dimiliki internal sekolah yang potensial.

Apa saja strategi yang dilakukan untuk melaksanakan perubahan?

  • Membuat daftar Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kakuatan yang ada agar dapat terjadi perubahan positif disekolah.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak"