Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Visi Guru Penggerak

Menerapkan Inkuiri Apresiatif pada Kasus yang Ditentukan

Inquiri Apresiatif (IA) adalah sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi melalui pengajuan pertanyaan yang tersusun dalam tahapan B-A-G-J-A dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Inquiri presiatif dapat menyuntikkan energi, harapan dan optimisme Ketika kebutuhan untuk perubahan telah teridentifikasi.

1.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Visi Guru Penggerak

Merekomendasikan “Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid”

Prakarsa Perubahan : "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa"

  • Tujuan Utama : Meningkatkan kecakapan siswa dalam rangka persiapan menghadapi interview atau presentasi
  • Tujuan Khusus : Kecakapan siswa berupa peningkatan kemampuan komunikasi siswa didalam kelas

Tahapan B-A-G-J-A

B - Buat Pertanyaan (Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran)

Pertanyaan

  • Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kecakapan siswa khususnya kemampuan komunikasi dikelas?

Tindakan

  • Mengajak rekan guru bertukar pikiran tentang pentingnya kemampuan komunikasi siswa dikelas
  • Mencari literatur mengenai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas

A - Ambil Pelajaran (Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai)

Pertanyaan

  • Siapakah orang yang dapat dijadikan role model penerapan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas?
  • Aktifitas apa yang dapat melibatkan komunikasi siswa dikelas?
  • Situasi apa yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas?
  • Metode pembelajaran apa yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas?

Baca Juga : Elaborasi Pemahaman Visi Guru Penggerak

Tindakan

  • Mencari profil orang yang sudah pernah berhasil menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi siswa dikelas
  • Mencari tahu dan mencatat kegiatan yangdilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas

G - Gali Mimpi (Menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan)

Pertanyaan

  • Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi Ketika siswa telah terampil dalam komunikasi dikelas?
  • Bagaimana perasaan saya memiliki siswa yang pandai berkomunikasi dikelas?
  • Hal baru apa saja yang dapat saya lakukan setelah memiliki siswa yang terampil dalam berkomunikasi dikelas?

Tindakan 

  • Membuat gambaran diri saat mencapai mimpi dan mendokumentasikannya untuk pengingat saya dalam melakukan usaha-usaha selanjutnya

 J - Jabarkan Rencana (Merumuskan rencana tindakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi)

Pertanyaan 

  • Kekuatan apa saja yang dimiliki setiap siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dikelas?
  • Strategi apa saja yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai terget yang ingin dicapai ?

  • Apa Tindakan yang saya lakukan untuk mendukung usaha tersebut?

Tindakan 

  • Menyusun peta kekuatan yang dimiliki oleh setiap siswa
  • Menyusun RPP yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas
  • Menerapkan strategi dikelas dan membuat capaian mingguan untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai siswa sebagai target perubahan

A - Atur Eksekusi (Memutuskan Langkah-langkah yang akan diambil strategi dan aksi)

Pertanyaan 

  • Siapa yang dapat mengarahkan dan memantau metode pembelajaran yang saya terapkan?
  • Siapa saja pihak yang akan saya libatkan untuk mewujudkan rencana tersebut?
  • Kapan saya mulai melakukan usaha untuk mewujudkan rancangan strategi yang telah saya susun?

Tindakan

  • Berkoordinasi dengan Kepala sekolah dan waka kurikulum tentang penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas
  • Mengajak rekan guru berkolaborasi untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sebagai taget perubahan.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Visi Guru Penggerak"