Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jurnal Refleksi Minggu ke-4 Calon Guru Penggerak CGP

Untuk jurnal minggu ke-4 kali ini saya menggunakan model 4F yang merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):

1. Facts (Peristiwa)

Minggu ini saya belajar mengenai peran dan nilai guru penggerak melalui LMS pada modul 1.2. Banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan setelah saya mempelajari peran dan nilai guru penggerak. Hal positif yang telah saya lakukan sesuai dengan peran seorang guru penggerak adalah mengajak rekan sejawat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan merdeka belajar.

kolaborasi dengan rekan sejawat

Kami bersama rekan sejawat mengadakan pertemuan kecil untuk sharing pengalaman masing-masing guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas yang berpusat pada siswa. Selain itu, kami juga melakukan refleksi atas apa yang telah kami lakukan dalam proses mengajar.

Baca Juga : Aksi Nyata Calon Guru Penggerak

Salah satu kendala yang saya hadapi adalah sulitnya memberikan penguatan kepada siswa untuk dapat mengemukakan pendapat mereka didalam kelas ketika melakukan proses diskusi/ presentasi kelompok. Dari pengalaman tersebut saya mencoba untuk memberikan motivasi kepada siswa agar mau berkomunikasi dan mengemukakan pendapat didepan kelas dengan cara memberikan contoh dan masukan untuk berkomunikasi yang baik.

2. Feelings (Perasaan)

 

pembelajaran berpusat pada anak

Saya merasa sangat senang dan bersemangat dalam menerapkan peran dan nilai guru penggerak didalam kelas. Dengan melaksanakan proses pembelajaran yang berpusat pada murid, pembelajaran menjadi tidak membosankan sehingga siswa lebih mudah menyerap materi yang diajarkan.

Dengan mengajak rekan guru berkolaborasi akan mampu menciptakan ide-ide baru dalam pembelajaran sehingga peran dan nilai dari guru penggerak akan terwujud dan terlaksana dengan baik.

Baca Juga : Mulai dari diri - Visi Guru Penggerak

3. Findings (Pembelajaran)

Banyak pelajaran yang dapat saya ambil setelah mempelajari peran dan nilai guru penggerak. Salah satu nilai dari guru penggerak yang dapat saya kembangkan adalah kolaboratif dan inovatif. Nilai ini sangat penting agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan pemikiran dan filosofi Ki Hadjar Dewantara.

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.2 saya akan menerapkan dan mengembangkan nilai serta peran guru penggerak. Selain itu saya juga akan mengajak rekan sejawat untuk berkolaborasi dan sharing pengalaman dalam mengelola pembelajaran yang berpihak pada anak.

Berikut adalah beberapa contoh poster jurnal minggu ke empat yang dibuat oleh beberapa rekan CGP, bisa di gunakan untuk menambah referensi. 



Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Minggu ke-4 Calon Guru Penggerak CGP"