Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Tiba saatnya pada akhir modul 1.1 dari program guru penggerak (PGP). Seperti yang telah diketahui bahwa setiap akhir modul, seorang CGP diharuskan membuat aksi nyata modul. 

Aksi Nyata dimaksudkan sebagai proses pengembangan profesionalisme berkelanjutan, di mana ia dilihat sebagai kesatuan antara proses pembelajaran dan implementasi. 

Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Dalam modul 1.1, aksi nyata Anda merupakan perwujudan dari perubahan konkret dalam proses pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD dan konteks sosial dan budaya di daerah Anda. 

Jika sahabat infogurumaju_ sudah sampai tahap ini berarti banyak hal yang sudah dipelajarai mengenai pemikiran dan filosofi dari seorang Guru Penggerak. 

Berikut admin bagikan contoh aksi nyata modul 1.1 berupa poster digital berbentuk file pdf yang dapat di unduh dengan cara klik pojok kanan atas. 

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah sebagai bahan referensi untuk membuat karya sesuai dengan yang sahabat lakukan di sekolah masing-masing. 

Baca Juga : Jurnal Refleksi Mingguan 

Aksi nyata berikut disusun berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang sedang mengikuti program guru penggerak yang sudah mencapai tahap tersebut. Ada 5 pertanyaan pemantik yang dapat digunakan untuk membantu sahabat dalam menyusun aksi nyata tersebut, yaitu :

  • Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
  • Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
  • Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik 
  • "Foto bercerita" dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi Anda. 
  • Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan. 

Jika sahabat merasa pemikiran Ki Hadjar Dewantara memang sesuai dengan perubahan yang akan dilakukan, maka anda memang benar-benar telah mengimplementasikan filosofi tersebut dengan baik.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

1 comment for "1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah"