|
Jurnal Refleksi Minggu ke-3 Calon Guru Penggerak |
Tidak terasa program guru penggerak (PGP) angkatan 4 telah
sampai minggu ketiga. Seperti biasa dalam kegiatan per minggu akan di akhiri
dengan penulisan jurnal refleksi mingguan.
Kali ini admin akan share mengenai jurnal refleksi minggu ke-3
Calon Guru Penggerak dengan menggunakan model Six Thinking Hats yang
diperkenalkan oleh Edward de Bono pada tahun 1985. Pada model ini kita
menggunakan simbol enam topi dengan warna yang berbeda, karena disetiap topi
mewakili cara berpikir yang berbeda-beda.
|
Sumber
gambar: https://agilecoffee. com/toolkit/six-thinking-hats/ |
Topi putih (Fact)
- Melakukan elaborasi berupa konferensi pemikiran KHD oleh
perguruan Taman Siswa dengan narasumber melalui Youtube dilanjutkan dengan sesi
paralel per jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK melalui google meet
- Membuat koneksi antarmateri dari modul 1.1
- Merancang aksi nyata penerapan pemikiran KHD dikelas dan
disekolah
- Berefleksi dengan mulai dari diri modul 1.2 dilanjutkan
dengan eksplorasi konsep modul Nilai dan Peran Guru Penggerak
Topi merah (Feel)
- Pada saat elaborasi saya merasa banyak melibatkan emosi
saya. Penyajian video tentang pendidikan di masa kolonial dan pamaparan dari
narasumber tentang sosok KHD semasa di Taman Siswa sungguh luar biasa sehingga
saya melihat banyak sekali kekurangan dalam diri saya sebagai seorang guru.
- Saya merasa beruntung bisa menjadi bagian dari PGP karena saya
merasa dengan ikut PGP saya akan menemukan jati diri saya sebagai seorang guru
yang sebenarnya.
Topi kuning (Benefit)
- Merubah mindset selama ini yang semula pembelajaran berpusat
pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa sebagai wujud merdeka
belajar
- Merubah perilaku saya sebagai guru yang harus menjadi
teladan bagi rekan guru di sekolah saya sebagai seorang CGP
- Mengupgrade wawasan tentang bagaimana cara mengelola anak
yang baik sesuai dengan pemikiran KHD
Topi hitam (Cautions)
- Ketidaksukaan rekan guru lain dalam komunitas untuk
menjalankan kegiatan yang ada pada PGP
- Respon orangtua dari siswa ketika saya menerapkan pola
pembelajaran yang baru bagi anak terkadang menjadi momok tersendiri bagi diri
saya
Topi hijau (Creatifity)
- Fokus dalam memberikan pembelajaran yang berpihak pada anak
- Mengelola emosi saya dalam memahami bahwa setiap anak adalah
unik
- Bersikap lebih among kepada anak
- Merancang kelas yang berpihak pada anak
Topi biru (Process)
- Saya akan mencoba memulai melakukan perubahan kecil yang
saya akan mulai dari diri saya pribadi seperti bagaimana dalam bersikap kepada
murid, rekan guru dan masyarakat.
- Melakukan proses pembelajaran yang menghamba pada anak sesuai
pemikiran KHD
Post a Comment for "Jurnal Refleksi Minggu ke-3 Calon Guru Penggerak "