Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jurnal Refleksi Minggu ke-3 Calon Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu ke-3 Calon Guru Penggerak 
Tidak terasa program guru penggerak (PGP) angkatan 4 telah sampai minggu ketiga. Seperti biasa dalam kegiatan per minggu akan di akhiri dengan penulisan jurnal refleksi mingguan.

Kali ini admin akan share mengenai jurnal refleksi minggu ke-3 Calon Guru Penggerak dengan menggunakan model Six Thinking Hats yang diperkenalkan oleh Edward de Bono pada tahun 1985. Pada model ini kita menggunakan simbol enam topi dengan warna yang berbeda, karena disetiap topi mewakili cara berpikir yang berbeda-beda.

Sumber gambar: https://agilecoffee. com/toolkit/six-thinking-hats/
Topi putih (Fact)

  • Melakukan elaborasi berupa konferensi pemikiran KHD oleh perguruan Taman Siswa dengan narasumber melalui Youtube dilanjutkan dengan sesi paralel per jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK melalui google meet
  • Membuat koneksi antarmateri dari modul 1.1
  • Merancang aksi nyata penerapan pemikiran KHD dikelas dan disekolah
  • Berefleksi dengan mulai dari diri modul 1.2 dilanjutkan dengan eksplorasi konsep modul Nilai dan Peran Guru Penggerak

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 4

Topi merah (Feel)

  • Pada saat elaborasi saya merasa banyak melibatkan emosi saya. Penyajian video tentang pendidikan di masa kolonial dan pamaparan dari narasumber tentang sosok KHD semasa di Taman Siswa sungguh luar biasa sehingga saya melihat banyak sekali kekurangan dalam diri saya sebagai seorang guru.
  • Saya merasa beruntung bisa menjadi bagian dari PGP karena saya merasa dengan ikut PGP saya akan menemukan jati diri saya sebagai seorang guru yang sebenarnya.

Topi kuning (Benefit)  

  • Merubah mindset selama ini yang semula pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa sebagai wujud merdeka belajar
  • Merubah perilaku saya sebagai guru yang harus menjadi teladan bagi rekan guru di sekolah saya sebagai seorang CGP
  • Mengupgrade wawasan tentang bagaimana cara mengelola anak yang baik sesuai dengan pemikiran KHD

Topi hitam (Cautions)  

  • Ketidaksukaan rekan guru lain dalam komunitas untuk menjalankan kegiatan yang ada pada PGP
  • Respon orangtua dari siswa ketika saya menerapkan pola pembelajaran yang baru bagi anak terkadang menjadi momok tersendiri bagi diri saya

Topi hijau (Creatifity)

  • Fokus dalam memberikan pembelajaran yang berpihak pada anak
  • Mengelola emosi saya dalam memahami bahwa setiap anak adalah unik
  • Bersikap lebih among kepada anak
  • Merancang kelas yang berpihak pada anak

Topi biru (Process)

  • Saya akan mencoba memulai melakukan perubahan kecil yang saya akan mulai dari diri saya pribadi seperti bagaimana dalam bersikap kepada murid, rekan guru dan masyarakat.
  • Melakukan proses pembelajaran yang menghamba pada anak sesuai pemikiran KHD

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Minggu ke-3 Calon Guru Penggerak "