Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

EKSPLORASI KONSEP - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Eksplorasi Konsep - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Halo sahabat infogurumaju_ yang saat ini sedang mengikuti program guru penggerak. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengalaman dalam menjawab tugas pada modul 1.2.a.4 : Eksplorasi Konsep - Nilai dan Peran Guru Penggerak. 

Pengertian Profil Pelajar Pancasila (B-1)

  • Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pedoman untuk membangun karakter anak. Pedoman tersebut tidak hanya dilaksanakan pada tingkat nasional saja akan tetapi dapat juga dijadikan pegangan atau dilaksanakan oleh bapak/ibu guru. Profil pelajar pancasila adalah pelajar yang terbentuk atas 6 dimensi kesatuan dan tidak berdiri sendiri. ke 6 dimensi tersebut adalah 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.

Peran Seorang Guru Penggerak (C-1)

  • Peran Calon Guru Pengerak yang sejauh ini saya lakukan adalah menggerakkan komunitas praktisi. Di masa pandemic seperti ini saya sering kali mengajak teman-teman MGMP Bahasa Indonesia di sekolah untuk membuat media pembelajaran berupa video. Saya mengajak teman-teman untuk menentukan konsep video dan pembagian tugasnya.
  • Peran yang sejauh ini saya jarang lakukan adalah mewujudkan kepemimpinan murid. Mengingat selama melaksanakan pembelajaran secara daring, saya tidak dapat bertatap muka dengan murid sehingga komunikasi kurang berjalan dengan sesuai yang diharapkan.
  • Pengalaman yang paling saya ingat terkait peran guru penggerak adalah mendorong kolaborasi. Misal saja dalam sebuah lomba monolog. Saya sebagai sutradara dituntut untuk menggabungkan berbagai jenis kesenian. Mulai dari seni rupa untuk tatanan panggung, seni musik untuk ilustrasi pementasan maupun seni tari sebagai pusat pertunjukan. Kesemuanya butuh kolaborasi satu sama lain agar tercipta sebuah pertunjukan yang menarik dan estetik.

Makna "Mandiri" seorang Guru Penggerak (D-1)

  • Mandiri menurut pandangan saya adalah mampu melakukan aktifitas sendiri tanpa menggantungkan bantuan orang lain secara konsisten dan terarah
  • Sebagai seorang calon guru penggerak saya selalu memotivasi diri saya untuk dapat mengerjakan tugas secara mandiri, jika diperlukan saya akan meminta rekan sejawat untuk memberikan saran / masukan terkait tugas yang saya buat.
  • Dengan menerapkan kemandirian dalam mengerjakan tugas pada LMS CGP saya sangat merasakan manfaat yang besar ketika mengerjakan pekerjaan lain di luar CGP. Sebagai contohnya saya merasa sangat terbiasa untuk membuat perangkat pembelajaran, melakukan penilaian/ evaluasi terhadap peserta didik bahkan dengan menerapkan kemandirian tersebut saya dapat memberi teladan yang baik kepada siswa saya sehingga mereka termotivasi untuk melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan.

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu ke-3

Reflektif Seorang Guru Penggerak (D-2)

  • Kata kunci reflektif adalah mampu memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain. Serta mempunyai sifat keterbukaan dengan pengetahuan baru.
  • Contoh perilaku yang dilakukan terkait nilai reflektif adalah setelah melakukan pembelajaran di kelas, guru melakukan refleksi mengenai pengajarannya dan melakukan perbaikan untuk pembelaajran mendatang.
  • Saat pandemi seperti ini saya dituntut untuk berinovasi melakukan pembelajaran yang menyenangkan meskipun secara daring. Awalnya saya hanya membuat media menggunakan artikel, kemudian saya evaluasi ternyata artikel tidak cukup menyenangkan sehingga saya ubah menjadi PPT dan video yang menarik

Kolaboratif Seorang Guru Penggerak (D-3)

  • Kata kunci kolaboratif adalah kerja sama antar lini. Baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah
  • Perilaku terkait kolaboratif adalah mau bekerja sama dengan pihak pihak tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
  • Pengalaman saya terkait nilai kolaboratif adalah saat saya dimasukkan ke dalam kepanitian acara sekolah. Di mana saya ditugaskan sebagai humas dan bertugas untuk membangun hubungan dengan kepala desa di beberapa kecamatan di kota Pati. Teman-teman saya ada yang bertugas sebagai sekretaris, ada juga yang berperan sebagai badan litbang, perlengkapan dll. Dan kesemuanya dengan tujuan yang sama yaitu untuk membangun kerja sama antara sekolah dengan desa

Inovatif Seorang Guru Penggerak (D-4)

  • Kata kunci inovatif adalah mampu memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu
  • Contoh perilaku yang bisa dilakukan terkait nilai inovatif adalah memberikan ide atau gagasan untuk menyelesaikan suatu permasalahan

  • Pengalaman terkait nilai inovatif adalah saat saya ditunjuk menjadi sekretaris budaya Industri di sekolah. Suatu hari diadakan patrol 5R. yaitu patroli yang mencari ketidak normalan terkait budaya industri 5R. Dalam patroli tersebut, jika ditemukan ketidak normalan biasanya difoto dan dikirimkan ke ketua atau sekretaris. Lama-lama ternyata penyimpanan laptop sudah penuh. Akhirnya saya berinovasi untuk mengunggah foto-foto tadi ke google drive menggunakan akun belajar.id yang tanpa batas. Itupun petugas patrol yang mengunggahnya. Saya dan ketua hanya memantau lewat google drive.

Berpihak Pada Murid (D-5)

  • Kata kunci berpihak pada murid adalah selalu mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama
  • Contoh perilaku berpihak pada murid adalah menyediakan segala kebutuhan murid agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan
Baca Juga : Bahan Presentasi dan Poster Nilai dan Peran GP
  • Pengalaman terkait nilai berpihak pada murid adalah saat pembelajaran daring, ternyata banyak siswa yang kesulitan untuk mengikuti pembelajaran. Bisa disebabkan karena koneksi internet maupun kesulitan siswa dalam memahami pelajaran karena kurangnya motivasi dari guru. Sehingga saya sebagai wali kelas membuat jadwal belajar di sekolah secara bergiliran. Bagi yang bermasalah dengan koneksi internet saya sediakan laptop. Bagi siswa yang kurang memahami pelajaran saya buatkan jadwal untuk bertemu dengan gurunya secara langsung. Semuanya bertujuan agar siswa mampu memahami pelajaran dengan baik.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

1 comment for "EKSPLORASI KONSEP - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK"