|
Eksplorasi Konsep - Nilai dan Peran Guru Penggerak |
Halo sahabat infogurumaju_ yang saat ini sedang mengikuti program guru penggerak. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengalaman dalam menjawab tugas pada modul 1.2.a.4 : Eksplorasi Konsep - Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Pengertian Profil Pelajar Pancasila (B-1)
- Profil
Pelajar Pancasila adalah sebuah pedoman untuk membangun karakter anak. Pedoman
tersebut tidak hanya dilaksanakan pada tingkat nasional saja akan tetapi dapat
juga dijadikan pegangan atau dilaksanakan oleh bapak/ibu guru. Profil pelajar
pancasila adalah pelajar yang terbentuk atas 6 dimensi kesatuan dan tidak
berdiri sendiri. ke 6 dimensi tersebut adalah 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan
yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4)
Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.
Peran Seorang Guru Penggerak (C-1)
- Peran Calon Guru Pengerak yang sejauh ini
saya lakukan adalah menggerakkan komunitas praktisi. Di masa pandemic seperti
ini saya sering kali mengajak teman-teman MGMP Bahasa Indonesia di sekolah
untuk membuat media pembelajaran berupa video. Saya mengajak teman-teman untuk
menentukan konsep video dan pembagian tugasnya.
- Peran yang sejauh ini saya jarang lakukan
adalah mewujudkan kepemimpinan murid. Mengingat selama melaksanakan pembelajaran
secara daring, saya tidak dapat bertatap muka dengan murid sehingga komunikasi
kurang berjalan dengan sesuai yang diharapkan.
- Pengalaman yang paling saya ingat terkait
peran guru penggerak adalah mendorong kolaborasi. Misal saja dalam sebuah lomba
monolog. Saya sebagai sutradara dituntut untuk menggabungkan berbagai jenis kesenian.
Mulai dari seni rupa untuk tatanan panggung, seni musik untuk ilustrasi
pementasan maupun seni tari sebagai pusat pertunjukan. Kesemuanya butuh
kolaborasi satu sama lain agar tercipta sebuah pertunjukan yang menarik dan
estetik.
Makna "Mandiri" seorang Guru Penggerak (D-1)
- Mandiri menurut pandangan saya adalah mampu
melakukan aktifitas sendiri tanpa menggantungkan bantuan orang lain secara
konsisten dan terarah
- Sebagai seorang calon guru penggerak saya
selalu memotivasi diri saya untuk dapat mengerjakan tugas secara mandiri, jika
diperlukan saya akan meminta rekan sejawat untuk memberikan saran / masukan
terkait tugas yang saya buat.
- Dengan menerapkan kemandirian dalam
mengerjakan tugas pada LMS CGP saya sangat merasakan manfaat yang besar ketika
mengerjakan pekerjaan lain di luar CGP. Sebagai contohnya saya merasa sangat
terbiasa untuk membuat perangkat pembelajaran, melakukan penilaian/ evaluasi
terhadap peserta didik bahkan dengan menerapkan kemandirian tersebut saya dapat
memberi teladan yang baik kepada siswa saya sehingga mereka termotivasi untuk
melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan.
Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu ke-3
Reflektif Seorang Guru Penggerak (D-2)
- Kata
kunci reflektif adalah mampu memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya,
baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain. Serta mempunyai sifat
keterbukaan dengan pengetahuan baru.
- Contoh
perilaku yang dilakukan terkait nilai reflektif adalah setelah melakukan
pembelajaran di kelas, guru melakukan refleksi mengenai pengajarannya dan
melakukan perbaikan untuk pembelaajran mendatang.
- Saat
pandemi seperti ini saya dituntut untuk berinovasi melakukan pembelajaran yang
menyenangkan meskipun secara daring. Awalnya saya hanya membuat media
menggunakan artikel, kemudian saya evaluasi ternyata artikel tidak cukup
menyenangkan sehingga saya ubah menjadi PPT dan video yang menarik
Kolaboratif Seorang Guru Penggerak (D-3)
- Kata kunci kolaboratif adalah kerja sama
antar lini. Baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah
- Perilaku terkait kolaboratif adalah mau
bekerja sama dengan pihak pihak tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
- Pengalaman saya terkait nilai kolaboratif
adalah saat saya dimasukkan ke dalam kepanitian acara sekolah. Di mana saya
ditugaskan sebagai humas dan bertugas untuk membangun hubungan dengan kepala
desa di beberapa kecamatan di kota Pati. Teman-teman saya ada yang bertugas
sebagai sekretaris, ada juga yang berperan sebagai badan litbang, perlengkapan
dll. Dan kesemuanya dengan tujuan yang sama yaitu untuk membangun kerja sama
antara sekolah dengan desa
Inovatif Seorang Guru Penggerak (D-4)
- Kata kunci inovatif adalah mampu memunculkan gagasan-gagasan baru
dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu
- Contoh
perilaku yang bisa dilakukan terkait nilai inovatif adalah memberikan ide atau
gagasan untuk menyelesaikan suatu permasalahan
- Pengalaman
terkait nilai inovatif adalah saat saya ditunjuk menjadi sekretaris budaya
Industri di sekolah. Suatu hari diadakan patrol 5R. yaitu patroli yang mencari
ketidak normalan terkait budaya industri 5R. Dalam patroli tersebut, jika
ditemukan ketidak normalan biasanya difoto dan dikirimkan ke ketua atau
sekretaris. Lama-lama ternyata penyimpanan laptop sudah penuh. Akhirnya saya
berinovasi untuk mengunggah foto-foto tadi ke google drive menggunakan akun
belajar.id yang tanpa batas. Itupun petugas patrol yang mengunggahnya. Saya dan
ketua hanya memantau lewat google drive.
Berpihak Pada Murid (D-5)
- Kata kunci berpihak pada murid adalah
selalu mengutamakan
kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama
- Contoh
perilaku berpihak pada murid adalah menyediakan segala kebutuhan murid agar
tercipta pembelajaran yang menyenangkan
Baca Juga : Bahan Presentasi dan Poster Nilai dan Peran GP
- Pengalaman
terkait nilai berpihak pada murid adalah saat pembelajaran daring, ternyata
banyak siswa yang kesulitan untuk mengikuti pembelajaran. Bisa disebabkan
karena koneksi internet maupun kesulitan siswa dalam memahami pelajaran karena
kurangnya motivasi dari guru. Sehingga saya sebagai wali kelas membuat jadwal
belajar di sekolah secara bergiliran. Bagi yang bermasalah dengan koneksi
internet saya sediakan laptop. Bagi siswa yang kurang memahami pelajaran saya
buatkan jadwal untuk bertemu dengan gurunya secara langsung. Semuanya bertujuan
agar siswa mampu memahami pelajaran dengan baik.
Post a Comment for "EKSPLORASI KONSEP - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK"