Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 1 Calon Guru Penggerak CGP

1.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 1
Salah satu tugas dari Calon Guru Penggerak CGP adalah mengisi jurnal refleksi mingguan. Pada minggu pertama, refleksi yang harus dikerjakan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara KHD dalam pembelajaran. 

Ada beberapa macam cara/ metode 4F dalam menuliskan refleksi salah satunya adalah yang akan saya gunakan dalam melakukan refleksi minggu pertama. Untuk refleksi minggu 1, saya menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang terdiri dari 4 tahap yaitu:

Facts (Peristiwa)

  • Kegiatan ini dimulai dengan lokakarya perdana pada hari Sabtu 9 Oktober 2021 bertempat di Hotel New Merdeka. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pembukaan lokakarya perdana, pemaparan guru penggerak, kemudian peserta CGP di bagi kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 12 peserta CGP yang didampingi Kepala Sekolah.
  • Para peserta CGP bersama Pengajar Praktik dan Fasilitator membersamai kami dalam kegiatan yang sangat kooperatif dan menyenangkan sehingga peserta tidak merasa bosan. Banyak kegiatan positif yang dilakukan seperti membuat kesepakatan kelas, mempresentasikan harapan dan kekhawatiran menjadi CGP.
  • Kegiatan pembelajaran secara daring dilaksanakan setelah pembukaan pendidikan CGP pada tanggal 14 Oktober 2021. Kemudian kegiatan pembelajaran secara daring melalui LMS diawali dengan pretest yang hasilnya langsung dapat di lihat oleh peserta. Di dalam LMS, peserta CGP diskusi bersama fasilitator secara daring melalui google meet.
  • Pada tanggal 22 Oktober 2021, bersama fasilitator kami melaksanakan google meet untuk membahas Desain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD. Kemudian di hari selanjutnya bersama anggota kelompok mengadakan diskusi lanjutan untuk membahas tentang tugas yang diberikan oleh fasilitator melalui google meet.

Baca Juga : Refleksi Minggu ke-2 CGP

Feelings (Perasaan)

  • Setelah mengikuti rangkaian kegiatan CGP di LMS selama satu minggu, saya merasa bahwa pengetahuan saya selama ini tentang pendidikan tidak sesuai dengan tujuan KHD. Satu hal yang paling mendasar bahwa  pendidikan harus memanusiakan manusia, sehingga peserta didik dapat mencapai kodrat alam sesuai dengan keinginan mereka.
  • Dengan belajar melalui LMS dan google meet, dalam satu minggu terakhir saya merasa sangat enjoy karena Pengajar Praktik dan Fasilitator selalu mengingatkan serta menuntun kami agar mampu menyelesaikan tugas tepat waktu.

Baca Juga : Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis "Merdeka Belajar"

Findings (Pembelajaran)

  • Melalui LMS kami belajar banyak hal mengenai pemikiran KHD sehingga dapat memahami lebih dalam tentang filosofi Ki Hajar Dewantara kemudian kami bersama dengan kelompok melanjutkan diskusi dan merefleksikan diri mengenai pemikiran KHD sehingga sangat membantu dalam pemahaman materi yang ada di dalam modul 1.1.a
  • Dalam kegiatan ruang kolaborasi bersama fasilitator kami bersama-sama mempelajari dan mendalami mengenai pemikiran KHD dan konsep dari Profil Pelajar Pancasila.

Future (Penerapan)

  • Dengan memahami secara utuh filosofi dan pemikiran KHD dari modul yang telah dipelajari pada LMS CGP ini, saya akan berusaha menerapkan merdeka belajar di lingkungan sekolah saya baik kepada peserta didik maupun kolaborasi dengan rekan sejawat disekolah dan masyarakat.
  • Untuk minggu selanjutnya saya akan lebih semangat dalam mempelajari materi yang ada di dalam modul serta dari fasilitator.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 1 Calon Guru Penggerak CGP"