1.1.a.10.2. Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Calon Guru Penggerak
Refleksi jurnal
mingguan model Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL)
yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009).
Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Calon Guru Penggerak
Kisah inspiratif ini merupakan buah karya dari seorang Guru yang luar biasa di pelosok negeri, beliau menceritakan pengalaman selama mengikuti kegiatan CGP di minggu kedua. Beliau menceritakan bahwa sebelum dan sesudah belajar tentang pemikiran KHD ada banyak sekali perbedaan yang mendasar dalam berproses. Inilah karya dari Ibu Elvi Titik Ziah, S
Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Calon Guru Penggerak |
Description
Awal semester tahun pelajaran 2021/2022
ini saya ketemu dengan salah satu murid yang sangat aktif dalam segala hal
termasuk aktif bertanya meskipun pertanyaannya dikarenakan kemalasannya membaca
instruksi-instruksi pembelajaran yang sudah saya posting di Google Classroom
disertai video dan situs pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
Dia sebut saja namanya Alvian, entah karena memang tidak paham instruksi atau
hanya mencari perhatian dari guru, Alvian ini setiap ada jam pelajaran saya dia
selalu kirim Wa dan menanyakan tiap-tiap poin instruksi bahkan WA nya kadang
tidak mengenal waktu sampai jam malam pun tidak sungkan untuk berikirim WA ke
saya. Awalnya saya selalu menanggapi dengan positif setiap pertanyaannya dan
menjelaskan secara detail baik dalam bentuk tulisan maupun melaui voice note.
Meskipun hasil pekerjaannya menurut saya juga tidak maksimal dan tidak
sebanding dengan pendampingan individu yang saya lakukan ke dia meskipun hanya
lewat maya. Namun lama-lama saya merasa terganggu, hingga akhirnya saya hanya
membalas chat nya pada saat jam pelajaran saja dan saya sampaikan bahwa sesi
tanya jawab saya buka saat ada jam pelajaran tersebut. Melebihi jam pembelajan,
saya harus mengajar kelas lainnya.
Baca Juga : Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Examination
Setelah hampir dua minggu belajar tentang konsep KHD terutama konsep among, ada perasaan bersalah terhadap anak tersebut, kemudian saya mencoba mendekati secara prsonal anak tersebut. Selain menjawab pertanyaan terkait pembelajaran, saya mencoba menanyakan alasan mengapa dia selalu bertanya bahkan di jam-jam yang seharusnya tidak untuk berkonsultasi terkait pembelajaran. Jawaban yang cukup mencengangkan yang saya terima darinya bahwa dia mempunyai kelemahan membaca instruksi dan tidak paham dengan apa yang harus dikerjakan, dia cukup senang dengan jawaban dan penjelasan saya melalui voice note. Hal ini membuat dia termotivasi mempelajari bahasa Inggris. Kemudian saya tanya lagi alasan dia bersemangat belajar padahal dia merasa kesulitan untuk memahaminya, jawaban yang luar biasa lagi saya terima yaitu dia ingin pintar dan tidak ingin dipandang remeh oleh teman-temannya. Poin yang bagus menurut saya dari jawaban tersebut, dengan sudah memiliki motivasi untuk apa dia belajar saya bisa menambahkan poin-poin lain seperti yang diajarkan oleh KHD yakni dengan belajar dia bisa semakin mengenali bakatnya dan mengembangkan potensinya, sehingga dia bisa belajar dengan penuh semangat dan merasa senang tanpa tekanan, yang kelak ilmu itu bisa menjadikan dia orang yang pintar dan bijak sehingga bisa membanggakan keluarga, memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya, sehingga dia bisa bahagia dan selamat di lingkungan masyarakatnya.
Baca Juga : Refleksi minggu ke-3 CGP
Articulation of Learning
Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Calon Guru Penggerak |
Baca Juga : Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Post a Comment for "1.1.a.10.2. Jurnal Refleksi Minggu ke-2 Calon Guru Penggerak"