Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
infogurumaju.my.id - selamat datang pada modul 3.2 mengenai Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam pembelajaran kali ini sahabat dapat melakukan refleksi terbimbing dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik dalam LMS.

3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 20 CGP

Beberapa pertanyaan pemantik tersebut merupakan hasil refleksi yang dapat sahabat tuangkan dalam bentuk kalimat yang menggambarkan pemahaman sahabat sekalian.

Apa yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk sekolah Anda?

  • Setelah melakukan pemetaan tentang sumber daya didaerah sekitar sekolah, saya pebih paham mengenai apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang ada pada sekolah. Beberapa hal menarik tersebut antara lain:
    1. Menambah wawasan dan pengetahuan saya mengenai kekuatan yang ada di lingkungan sekitar sehingga dapat memaksimalkannya. 
    2. Mendapat masukan mengenai aset yang yang tersedia di lingkungan sekitar sekolah
    3. Menghasilkan ide dan gagasan kreatif untuk segera di eksekusi

Apakah pola pikir yang Anda pikirkan sebelum mempelajari modul ini? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah?

  • Sebelum mempelajari modul ini saya bingung untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki sekolah terutama yang terkait dengan proses belajar mengajar yang saya lakukan. Meskipun boleh dikatakan sekolah kami cukup memiliki potensi yang baik terkait dengan pendekatan berbasis asset yang memadai, namun saya kadang merasa ragu karena saya terkendala dengan hak penggunaan, rekan sejawat yang dapat membantu serta pengelolaannya.  
  • Setelah mempelajari modul ini, saya merasa mampu dan paham dalam menggunakan dan memanfaatkan asset sekolah yang ada karena telah mempelajari eksplorasi konsep sampai dengan ruang kolaborasi bersama rekan CGP dan fasilitator. Dalam ruang kolaborasi tersebut banyak sekali dibahas mengenai konsep dan praktik mengenai pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah dan lingkungan sekitar sekolah yang dapat di gunakan dalam membantu sekolah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan asset. 

Jika ada perubahan? Sebutkan apa perbedaannya dan mengapa itu berubah?

  • Perubahan itu adalah hal yang wajar dan pasti ada, setelah saya mempelajari modul ini saya menjadi paham dan akan selalu melakukan pendekatan. Dengan menerapkan pendekatan berbasis asset, saya menjadi lebih bangga terhadap sekolah karena ternyata banyak asset yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Selain itu, saya merasa sangat bangga karena mendapat hal-hal positif yang tidak hanya untuk sekolah namun dapat juga untuk saya terapkan dalam kehidupan saya dan tentunya selalu berfokus dengan kekuatan atau potensi yang saya miliki, berfokus kepada apa saja yang bekerja, apa yang menginspirasi dan menjadi kekuatan dan potensi positif. 
  • Saya menjadi seseorang yang akan selalu berpikir positif dan senantiasa akan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah melalui kolaborasi dengan anggota komunitas atau seluruh warga sekolah.

Apa yang perlu Anda lakukan jika Anda dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset?

  • Saya berpedoman pada kata “asset” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti modal atau kekayaan. Artinya segala sesuatu yang dimiliki sekolah dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan pembelajaran, tidak hanya berbentuk finansial atau harga berharga lainnya tetapi termasuk fisik, pikiran, kesehatan, pendidikan, agama dan lainnya. Berpikir berbasis asset artinya kita berpikir berdasarkan apa yang kita miliki. Fokus pada apa yang kita miliki, kekuatan-kekuatan positif apa yang sekiranya mampu kita optimalkan agar kita selalu merasa “kaya”. Ketika mindset kita sudah seperti ini semua yang kita hadapi dan lakukan akan terasa jauh lebih mudah.

Buatlah kata yang bisa menggambarkan apa yang Anda rasakan saat ini terkait pembelajaran lalu !

  • Saya merasa sangat bersyukur dapat memahami bahwa ternyata sebagai pemimpin dalam mengelola sumber daya, pendekatan terbaik yang dapat diterapkan adalah pendekatan berbasis asset, mulai dari perubahan pola pikir dan sikap yang positif, menciptakan perubahan yang positif, focus dengan apa yang telah berhasil dilakukan, dan berusaha melakukan perubahan.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"