Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 20 Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu 20 - CGP
infogurumaju.my.id - sahabat guru penggerak, tiba saatnya dalam sesi akhir minggu maka sahabat akan membuat sebuah jurnal mingguan sebagai bahan refleksi setelah belajar di LMS selama satu minggu ke belakang. 

3.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 20 Guru Penggerak

Baca Juga : Jurnal Refleksi Minggu 21 CGP

Dalam membuat jurnal refleksi minggu ke-20 ini, menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Finding dan Future). Berikut adalah tahapan dalam membuat refleksi minggu 20 menggunakan model 4F.

Fact (Peristiwa

Mulai dari diri 

  • Aktivitas yang saya lakukan mulai dari diri adalah mengingat Kembali pengetahuan tentang factor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sekolah dengan mengisi pertanyaan yang ada, merefleksikan hasil jawaban yang dimiliki dari pengetahuan awal tentang materi ini dengan keadaan disekolahnya, dan mengajukan pertanyaan dan harapan tentang materi ini. 

Eksplorasi Konsep Mandiri 

  • Dalam aktivitas pembelajaran eksplorasi konsep mandiri Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya saya belajar berpikir berbasis asset dan berpikir berbasis kekurangan/masalah, menggunakan strategi pengelolaan sumber daya menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis asset (Asset-Based Community Development/ ABCD), melakukan pemetaan sumber daya yang ada didaerah dan sekolah menggunakan tujuh asset/sumber daya berdasarkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development) CGP, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah, emgidentifikasi peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis Aset (Asset Based Commuity Development/ABCD) memahami potensi sumber daya yag dimiliki lingkungan sekolahnya dan mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid. 

Feeling (Perasaan

  • Saya sangat senang karena mendapatkan tambahan wawasan yang semakin memperkuat pengetahuan saya sebelumnya tentang pendekatan berbasis aset. 
  • Konsep yang dapat memberikan perubahan kearah yang lebih baik dalam melaksanakan pembelajaran di skeolah. Bagaimana kita sebagai pemimpin pembelajaran menemukan/mengidentifikasi, mengelola dan mengevaluasi sumber daya yang dimiliki sekolah sebagai kekuatan yang dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Finding (Pembelajaran

  • Saya belajar bagaimana mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dalam modul pemimpin dalam pengelolaan aset, dalam modul ini pun saya belajar untuk mengelola sumber daya yang dimiliki dan bagaimana mengelola sumber daya yang ada disekolahnya dengan menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset (Asset-Based Community Development/ ABCD) selanjutnya melakukan pemetaan sumber daya tersebut dan mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

Future (Penerapan

  • Saya akan terus berupaya mengaplikasikan pengetahuan modul 3.2 yang sudah saya dapat di PGP ini untuk mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah saya yaitu SMK Tunas Harapan Pati, Jawa Tengah melakukan pemetaan dan mengevaluasi hasil pemetaan tersebut. Proses akan dilakukan sebagai upaya perbaikan ekosistem sekolah yang lebih berpihak kepada murid dan mampu menciptakan kemerdekaan belajar, sehingga murid dapat hidup dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 20 Guru Penggerak"