Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

infogurumaju.my.id - dalam modul 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya kita mulai dari kegiatan mulai dari diri. 

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Baca Juga : Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Ada tujuh pertanyaan pemantik yang harus sahabat jawab dalam mulai dari diri - pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. 

Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?

Selama saya menjadi guru dan mengabdikan diri di SMK Tunas Harapan Pati, saya ingat betul dengan kepala sekolah saya sampai saat ini. Beliau adalah sosok pemimpin yang benar-benar mengayomi guru di sekolah, memberi teladan dan berwibawa.

Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?

Menurut saya, sosok pemimpin yang ideal harus mampu memberikan teladan yang baik untuk anakbuahnya serta mampu menjadi:
  1. Educator
  2. Manajer 
  3. Supervisor 
  4. Enterpreneur 
  5. Climatemaker

Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu?  Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidul dengan lingkungannya. Jika dihubungkan dengan ekosistem sekolah bahwa lingkungan sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, murid, penjaga sekolah yang saling memiliki hubungan timbal balik. Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah antara lain sumber daya yang ada didalamnya sebagai aset baik infrastruktur, kepala sekolah, guru murid, alam sekitar, masyarakat sekitar. 

Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah?  Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?

Peran seorang pemimpin dalam mengelola sumber daya sekolah adalah sebagai seorang manajer. Dalam pengelolaan tersebut, seorang pemimpin harus mampu dalam mengelola :
  1. sumber daya manusia 
  2. sarana dan prasarana 
  3. sumber daya keuangan

Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

Saat ini saya adalah seorang guru mata pelajaran, saya juga diberikan tugas tambahan sebagai ketua MGMP Matematika untuk memimpin rekan guru matematika lain yang ada di sekolah. Kekuatan yang saya miliki sebagai seorang pemimpin dalam MGMP adalah dapat mengorganisir rekan-rekan di sekolah untuk mengelola pembelajaran Matematika dengan baik sehingga dapat menciptakan proses Kegiatan Belajar Mengajar yang inovatif dan berpihak pada murid. 

Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya sebagai seorang pendidik, pemimpin dan murid.
  • Diri sendiri : dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu mengelola sumber daya dengan memaksimalkan potensinya.
  • Murid : menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid
  • Sekolah : menjadi seorang pemimpin (MGMP) yang dapat menciptakan iklim baik dan positif untuk ekosistem sekolah

Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Harapan saya dalam mempelajari modul ini agar mampu menggali potensi saya sebagai seorang pemimpin yang dapat mengelola sumber daya sekolah.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"