Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

ekslporasi konsep - pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
infogurumaju.my.id - Halo sahabat guru penggerak, kita sudah sampai modul 3.2 yang mempelajari tentang pemimpin dalam mengelola sumber daya pembelajaran 2.1 

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

Baca Juga : EK Forum Diskusi - Kasus 1 dan 2

Halaman 2

Ada 8 pertanyaan dalam forum ekaplorasi konsep halaman 2 ini, yaitu :
  1. Faktor biotik di skeolah adalah seluruh warga sekolah sedangkan abiotik adalah sarpras dan keuangan sekolah. 
  2. Seorang kepala sekolah harus menjadi manager dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah, segala sesuatu yang terjadi di skeolah menjadi tanggung jawabnya. 
  3. Sebagai pemimpin ekosistem sekolah, seorang kepala sekolah harus mampu menjadi manager, penanggung jawab dan alat kontrol terlaksananya seluruh kegiatan di sekolah. 
  4. Harus mampu membuat perencanaan, pelaksana dan evaluasi dari seluruh kegiatan sehingga pengelolaan sumber daya sekolah dapat berjalan sesuai dengan rencana secara optimal. 
  5. Fasilitas yang ada di sekolah harus mampu menampung seluruh kebutuhan murid dan seluruh warga sekolah sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara baik sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama. 
  6. Dengan sumber daya sekolah yang memadai akan menumbuhkan kualitas pembelajaran yang efektif serta memenuhi kebutuhan murid. 
  7. Dengan membuat daftar perencanaan, monitoring dan evaluasi secara berkala.
  8. Sudah dimanfaatkan dengan baik dan dengan dievaluasi secara berkala

Halaman 3

  • Unsur biotik dan abiotik saling berperan dalam ekosistem sekolah, keduanya saling melengkapi satu sama lain. jika salah satu unsur tersebut tidak ada, maka akan terjadi ketidakseimbangan yang berpengaruh terhadap pengelolaan sumber daya di sekolah.

Halaman 4

  • Untuk mengembangkan sekolah dengan melakukan pendekatan berbasis aset bahwa cara yang tepat dengan menggunakan 7 aset dan kekuatan yang dimiliki sekolah. Dengan mengelola aset yang dimiliki oleh sekolah secara maksimal maka dapat dijadikan acuan untuk merancang sebuah rencana berdasarkan visi dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah.
  • Selain itu dengan fokus pada pendekatan berbasis aset merupakan cara yang praktis untuk menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir untuk dijadikan kekuatan atau potensi yang positif.

Halaman 6

  • PKBA sebagai comunity driven akan menghasilkan big power yang mampu memberikan manfaat besar pada lingkungan sekolah dan output sekolah. Output sekolah dalam hal ini mengkerucut pada profil alumni sekolah yang bersangkutan. 

Halaman 8

  • Dalam rapat sering kali yang dimunculkan atau dibahas adalah kekurangan sekolah dan berusaha mencari cara mengatasi kekurangan tersebut serta melupakan kekuatan yang dimiliki, mengatasi kekurangan dilakukan dengan musyawarah bersama untuk mencapai mufakat.

Halaman 9

kasus 2 - Modul 3.2

  • selama berada di sekolah, yang sering didiskusikan bersama rekan guru dan kepala sekolah adalah kekurangan dan kenakalan murid , selain itu saya bersama rekan guru dan kepala sekolah juga sering membahas kekuatan atau kelebihan yang dimliki murid sebagai sumber kekuatan sekolah. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1"