Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran Kasus 1 dan 2

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran Kasus 1 dan 2

infogurumaju.my.id - Untuk lebih memahami konsep mengenai pemimpin pembelajaran dalam mengelola sumber daya sekolah, sahabat guru penggerak diminta untuk mengkaji dua kasus yang telah disediakan dalam LMS. 

3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran Kasus 1 dan 2

Dalam kasus tersebut, sahabat harus mengungkapkan pendapat jika menjadi pemeran dalam kasus tersebut dan jika menjadi seorang kepala sekolah dalam mensikapi masalah yang ada. 
Berikut adalah studi kasus dan alternatif jawaban yang dapat sahabat pakai untuk mempermudah dalam mengisi pertanyaan tersebut. 
Pemimpin dalam Pembelajaran - Kasus 1

Jawaban Studi Kasus 1 

  • Saya melihat kasus Ibu Lilin berada dalam kondisi yang lebih cenderung memandang kondisi yang terjadi di kelas dari sudut pandang yang Berbasis pada kekurangan peserta didik. Dimana dalam kasus 1 Ibu Lilin  bahwa karakter dan tingkat kepandaian murid-muridnya yang heterogen merupakan sesuatu kekurangan yang menyebabkan sulitnya materi dapat tersampaikan kepada peserta didik serta sulitnya peserta didik memahami penjelasan materi dari Ibu Lilin. Selain itu, kondisi kelas yang susah dikendalikan  merupakan masalah yang sangat mengganggu terhadap konduktifitas pembelajaran yang dilakukan. 
  • Akibat dari selalu melihat dari kekurangan menyebabkan munculnya ketidaknyamanan secara emosional dari Ibu Lilin seperti mudah marah dan kelelahan yang memunculkan ketidaksukaan dari murid-muridnya, sebagai kepala sekolah saya akan meminta Ibu Lilin mencari kekuatan atau kelebihan yang dimiliki murid-murid dan mencoba memberdayakan sumber kekuatan yang dimiliki murid sehingga pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan murid dan Ibu Lilin mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh murid sehingga dapat berkembang dengan maksimal.

Jika saya seorang Kepala Sekolah

Jika saya jadi kepala sekolah, saya akan meminta bu Lilin untuk melakukan pemetaan sumber daya yang dimiliki di sekolah untuk memaksimalkan kemampuan murid bu Lilin. 

Pemimpin dalam Pembelajaran - Kasus 2

Jawaban Studi Kasus 2

  • Menurut Saya, Pak Pupur seharusnya dapat  menerima dengan rasa syukur dengan menyanggupi kepercayaan dan harapan dari semua warga sekolah kepada Pak Pupur. Pak Pupur adalah sumber daya berkualitas yang menjadi aset terhadap perbaikan kehidupan pada komunitas. Dengan segala kekuatan dan kelebihan yang dimiliki Pak Pupur menjadi modal diri untuk bisa lulus menjadi pengawas sekolah. Jika Pak Pupur Lulus, banyak harapan kepadanya untuk memberikan perubahan positif terhadap ekosistem pendidikan di sekolah dan perbaikan terhadap mutu pendidikan di sekolah. Pak Pupur merupakan sumber Manusia yang berkualitas yang dapat dijadikan sebagai teladan dan pembawa perubahan yang positif.

Jika saya seorang Kepala Sekolah

Jika saya kepala sekolah, saya akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh kepala sekolah Pak Pupur yaitu, mensupport dan memberikan pemahaman jika beliau bisa lolos jadi pengawas maka beliau akan bisa memberikan kebermanfaatan di dunia pendidikan secara lebih luas. 
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.4.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pembelajaran Kasus 1 dan 2"