Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Mulai dari Diri

eksplorasi konsep - pengelolaan sumber daya
infogurumaju.my.id - dalam modul 3.2 kita diminta mengekplorasi konsep mengenai pemimpin dalam mengelola sumber daya. 

3.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Mulai dari Diri

Baca Juga : EK Forum Diskusi Pemimpin Pembelajaran Kasus 1 dan 2

Dalam ekplorasi konsep ini, ada empat pertanyaan pemantik yang dapat membantu sahabat dalam menjawab seluruh pertanyaan yang tersedia. 

Apakah kita bisa menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset untuk mengelola sumber daya sekolah kita? Bisakah kita mengganti kata komunitas menjadi sekolah,  Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? Mengapa? 

Bisa, karena dalam hal ini kemampuan warga sekolah untuk menggali, mengembangkan dan mengeksekusi kekuatannya menjadi dorongan kuat  untuk terus megembangkan potensi sebagai sarana untuk mewujudkan visi misi sekolah. Kekuatan sekolah akan berbanding lurus dengan tingkat keberagaman keinginan unsur sekolah yang ada, dan pada tingkat kemampuan mereka untuk menyumbangkan kemampuan yang ada pada mereka dan aset yang ada untuk sekolah yang lebih baik.

Apa contoh pengelolaan sumber daya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset? 

  • Aset manusia: jumlah siswa banyak, tenaga kependidikan profesional sesuai dengan bidang keahlian
  • Aset sosial: kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi terhadap sekolah
  • Aset fisik : posisi persis dijalan utama, gedung sekolah yang besar, luas tanah lebih dari kapasitas, sarana prasarana sekolah yang sangat lengkap dan modern
  • Aset lingkungan: lingkungan yang tertata rapi dan nyaman untuk belajar dan sudah berstandar lingkungan internasional ISO 14001:2015
  • Aset finasial: dukungan finansial dari pemerintah maupun wali murid untuk operasional sekolah sangat luar biasa
  • Aset politik: memiliki kejasama (MoU) yang cukup besar dan banyak baik lingkup dalam negeri maupun luar negeri
  • Aset agama dan budaya: sekolah kami menjunjung tinggi agama dan budaya dibuktikan dengan berbagai kegiatan dan keterlibatan warga sekolah dalam berbagai acara keagamaan dan kebudayaan baik dilingkugan sekolah maupun masyarakat.

Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset? 

Sudah, dengan mengenali aset/kekuatan sebagai sumber daya sekolah maka kita mempunyai rasa optimis dan dorongan kuat untuk mewujudkan berbagai program sekolah sesuai visi misi sekolah.

Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset? 

Alhamdulillah sekolah kami sudah menerapkan pendekatan berbasis kekuatan semenjak diterapkannya ISO Manajemen Mutu tahun 2006 terutama peralihan versi tahun 2015 yang mana setiap tahunnya kami harus menganalisis resiko dan peluang dari setiap kegiatan sekolah untuk kemudian dibuat program pencapaian sesuai dengan kekuatan yang kami miliki.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "3.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Mulai dari Diri"