2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional
2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional |
2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Keterkaitan antara materi pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Apa itu PSE ??
PSE adalah proses mengembangkan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperoleh kompetensi sosial dan emosional sebagai modal anak dalam berinteraksi dengan dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar.
Baca Juga : Mulai dari Diri - Modul 2.3 Coaching
Tujuan Pembelajaran Sosial Emosional
- Memberikan Pemahaman ,penghayatan dan Kemampuan untuk mengoelola emosi
- Menetapkan dan mencapai tujuan positif
- Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain
- Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif
- Membuat keputusan yang bertanggung jawab (Responsible Decision Making)
Ruang Lingkup Pembelajaran Sosial Emosional
Ruang lingkup pelaksanaan pembelajaran sosial dan emosional adalah :
Rutin
Waktu khusus di luar kegiatan akademik, misalnya kegiatan ektrakurikuler, perayaan hari-hari besar, pelatihan dan sebagainya.
Terintegrasi dalam mata pelajaran
Misalnya melakukan refleksi setelah menyelesaikan sebuah topik pembelajaran.
Protocol (Budaya atau Tata Tertib)
Menjadi budaya atau aturan sekolah yang sudah menjadi kesepakatan bersama dan diterapkan secara mandiri oleh murid atau sebagai kebijakan sekolah untuk merespon situasi atau kejadian tertentu.
Apa Kompetensinya ?
Kompetensi sosial-emosional adalah :
- Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi
- Pengelolaan Diri - Mengelola Emosi dan Fokus
- Kesadaran Sosial - Keterampilan Berempati
- Keterampilan Berhubungan Sosial - Daya Lenting
- Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab
APA SIGNIFIKANSINYA?
Budaya Positif
PSE dapat menjadi budaya positif di sekolahyang diterapkan guru dalam pembelajarannya agar murid memiliki kompetensi sosial emosional
Peran Guru Penggerak
Menciptakan well-being ekosistem di sekolah, menciptakan iklim belajar yang nyaman, sehat dan bahagia dengan memperhatikan sosial emosional murid.
Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi berorientasi pada murid, artinya guru harus memperhatikan sosial emosional murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya.
Apa Koneksinya?
Visi misi CGP sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu Mewujudkan SDM unggul dan bermartabat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional ( PSE )
Post a Comment for "2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional"