Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Komunikasi Yang Memberdayakan

2.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Komunikasi Yang Memberdayakan
infogurumaju.my.id - Sahabat guru penggerak, dalam eksplorasi konsep komunikasi yang memberdayakan pada modul 2.3.a.4.2 ini sahabat diminta mempelajari mengenai empat aspek dalam komunikasi yang perlu kita pahami dan kita latih untuk mendukung praktik Coaching kita, yaitu:
  1. Komunikasi asertif
  2. Pendengar aktif
  3. Bertanya efektif
  4. Umpan balik positif

2.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Komunikasi Yang Memberdayakan

Ada 10 halaman dalam modul 2.3.a.4.2 ini dimana dari 10 halaman tersebut ada 15 kolom pertanyaan yang harus di isi oleh sahabat guru penggerak. Berikut adalah alternatif jawaban yang dapat di pakai dalam menjawan 15 kolom pertanyaan tersebut. 

Baca Juga : Eksplorasi Konsep Coaching dalam Pembelajaran 

Pertanyaan pertama

Apakah gaya komunikasi Anda? Mengapa Anda berpikir demikian?
  • Saya termasuk seseorang dengan gaya komunikasi asertif, karena saya merasa selalu mencari jalan tengah dalam menyelesaikan masalah. Saya juga selalu dapat mengemukakan pendapat dan dapat menerima pendapat orang lain. 

Pertanyaan kedua

Langkah-langkah yang perlu dipelajari untuk menjadi komunikator yang asertif.
Ada 3 langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi komunikator yang asertif:
  1. Kenali gaya komunkasi kita.  Mengenal gaya komunikasi kita merupakan langkah awal menjadi komunikator asertif apakah cenderung agresif atau pasif 
  2. Refleksikan diri ketika kita berpendapat apakah pendapat sudah dapat mewakili harapan orang lain atau belum. 
  3. Pasang mimik wajah /bahasa tubuh dan gaya bicara yang dapat memberikan keyakinan untuk orang lain yang menjadi lawan bicara kita

Baca Juga : Eksplorasi Konsep - TIRTA Sebagai Model Coaching

Pertanyaan ketiga

Apakah yang menjadi tantangan Anda dan apa yang perlu diusahakan dari diri Anda agar dapat melakukan komunikasi asertif?
  1. Khawatir jika pendapat kita berbeda dengan pendapat orang lain
  2. Ada kekhawatiran jika apa yang kita sampaikan dapat menginggung perasaan orang lain yang menjadi lawan bicara
  3. Ketika menemukan perbedaan pendapat, kita cenderung diam tanpa memberikan argumen lanjutan 
  4. Terkadang kita menjadi egois ketika harus memaksakan pendapat yang kita berikan harus diterima oleh lawan bicara

Pertanyaan keempat

Setelah mempelajari bagian ini apa pemahaman Anda mengenai makna dari membangun sebuah komunikasi asertif dengan murid?
  • Berkomunikasi secara asertif dengan murid akan membangun kualitas hubungan kita dengan murid menjadi lebih positif karena ada pencapaian bersama dan kesepakatan dalam pemahaman dari kedua belah pihak. Kualitas hubungan yang diharapkan dibangun atas rasa hormat pada pemikiran dan perasaan orang lain sehingga dengan terbentuknya relasi yang baik dan positif akan menjadi modal utama dalam proses coaching.

Pertanyaan kelima

Apa dampak yang bisa Anda rasakan?
Dengan membudayakan komunikasi asertif dengan murid, sangat berdampak pada beberapa hal diantaranya:
  1. Kita dapat meminimalis konflik yang terjadi antara guru dan murid dalam membangun komunikasi dan berbagi pendapat, 
  2. Murid kita akan lebih percaya diri dalam mengemukanan pendapat karena adanya relasi yang positif
  3. Dengan membudayakan komunikasi asertif, sedikit demi sedikt beban masalah akan berkurang karena telah di komunikasikan dengan orang lain (guru atau teman lain

Pertanyaan keenam

Apa yang Anda tangkap dari kutipan ini? Ceritakan pemahaman Anda dengan bahasa Anda sendiri.
  • Dari kutipan kalimat diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa apa yang menjadi pemikiran kita selama ini belum tentu dapat diterima oleh orang lain (lawan bicara). Meskipun kita merasa apa yang kita pikirkan sudah benar, tidak sepenuhnya benar menurut orang lain. 

Pertanyaan ketujuh

Setelah menonton video Mendengarkan aktif, apa yang Anda tangkap mengenai arti kata Mendengarkan (listening)?
Ada 3 hal penting untuk memaknai kata mendengarkan :
  1. Keterampilan dalam berelasi 
  2. Kemampuan memperhatikan bahasa lisan dan bahasa tubuh 
  3. Kecakapan merespon 

Pertanyaan kedelapan

Apa hambatan dari diri yang dapat membuat Anda tidak mendengarkan secara aktif?
  • Saat kita menjadi seorang pendengar aktif, mungkin akan ada gangguan dari luar yang dapat membuat kita menjadi seorang pendengar yang kurang baik. Salah satunya adalah kurangnya konsentrasi kita dalam mencerna dan memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kita sehingga kita kurang fokus pada masalah yang dibicarakan.

Pertanyaan kesembilan

Apa yang akan Anda lakukan untuk menghilangkan hambatan ini?
  • Saya akan mencoba untuk fokus dalam topik yang dibicarakan oleh lawan bicara saya sehingga pada akhirnya saya dapat menjadi seorang pendengar yang baik dan dapat membangun relasi/ hubungan dan fokus pada pembicaraan lawan bicara, dan bagaimana kita akan merespon untuk memberikan solusi yang baik.

Pertanyaan kesepuluh

Selanjutnya, buatlah 2 contoh Pertanyaan terbuka
contoh pertanyaan terbuka:
  1. Apa yang kalian ketahui tentang materi yang akan kita pelajari hari ini ?
  2. Bagaimana kalian menghadapi masalah yang sedang kalian hadapi saat ini ?

Pertanyaan ke-11

Buatlah 2 contoh Pertanyaan yang berfokus pada tujuan
contoh Pertanyaan yang berfokus pada tujuan:
  1. Coba sebutkan langkah-langkah yang akan kalian ambil untuk mewujudkan cita-cita kalian dimasa mendatang?
  2. Dari semua hal menarik yang kamu sebutkan, manakah yang menjadi prioritas kamu saat ini? Mengapa ?

Pertanyaan ke-12

Buatlah 2 contoh Pertanyaan refleksi
contoh Pertanyaan refleksi:
  1. Dari kesimpulan pembelajaran hari ini, coba kalian jelaskan hal apa yang ingin kalian tingkatkan pada pertemuan selanjutnya?
  2. Bagaimana hasil analisa rancangan kerja kelompok yang sudah kalian buat bersama?

Pertanyaan ke-13

Buatlah 2 contoh Pertanyaan eksplorasi
contoh Pertanyaan eksplorasi:
  1. Menurutmu, setelah mengetahui langkah-langkah penyelesaian tersebut dari mana kamu dapat memulai prose penyelesaian ?
  2. Apa yang akan terjadi jika kamu memilih melakukan penyelesaian dengan cara pertama ?

Pertanyaan ke-14

Buatlah 2 contoh Pertanyaan mengukur pemahaman
contoh Pertanyaan mengukur pemahaman :
  1. Setelah mempelajari materi ini, apa saja yang menjadi tantangan kamu sekarang dalam belajar ? 
  2. Apa yang sudah kalian pahami tentang materi yang kita pelajari hari ini? coba jelaskan kembali

Pertanyaan ke-15

Buatlah 2 contoh Pertanyaan Aksi
contoh Pertanyaan Aksi:
  1. Apa yang kaan kamu lakukan selanjutnya untuk menjalankan program ini?
  2. Dapatkah kamu membuat perencanaan berdasarkan tujuan yang ingin kamu capai ?
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "2.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Komunikasi Yang Memberdayakan"