Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.4.a.3. Mulai Dari Diri - Budaya Positif CGP

1.4.a.3. Mulai dari diri - Budaya Positif CGP

Setelah mempelajari modul 1.1, 1.2, dan 1.3, tentunya saat ini Anda sudah memahami bahwa sebagai pendidik, Anda diibaratkan sebagai seorang petani yang memiliki peranan penting untuk menjadikan tanamannya tumbuh subur.  Anda akan memastikan bahwa tanah tempat tumbuhnya tanaman adalah tanah yang cocok untuk ditanami. Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa,

  • Guru dapat diibaratkan sebagai seorang petani yang memiliki peranan penting untuk menjadikan tanamannya (murid) tumbuh subur. Anda akan memastikan bahwa tanah tempat tumbuhnya tanaman (sekolah) adalah tanah yang cocok untuk ditanami (murid). Murid akan mampu menerima dan menyerap suatu pembelajaran bila lingkungan di sekelilingnya terasa aman dan nyaman. Kita tinggal menciptakan suasana yang positif dan kondusif agar murid tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Apa urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda?

  • Kita sebagai guru perlu menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah agar siswa dapat belajar dengan aman dan nyaman sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan kodratnya.

Bagaimana Anda sendiri sebagai seorang pendidik dapat menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda selama ini?

  • Sebelum memulai pembelajaran, saya selalu mengawali dengan proses doagostik untuk mengetahui kemauan siswa dalam belajar di sekolah. Kemudian dalam pembelajaran saya selalu menyelipkan permainan untuk membuat suasana kelas menjadi hidup dan tidak tegang sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman.

Apa hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

  • Menciptakan suasana yang positif dan proses pembelajaran yang berpihak pada murid saling berhubungan karena dengan suasana positif yang sudah tercipta akan otomatis menciptakan proses pembelajaran yang berpihak pada murid.

Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu dikembangkan?

Disiplin di sekolah saya sudah sangat efektif diterapkan sejak dini, di mulai dari masuk lingkungan sekolah sampai dengan selesai pembelajaran (keluar dari sekolah). Sebagai contohnya, siswa harus menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan, masuk kelas sesuai dengan jadwal, membudayakan 3S kepada seluruh warga sekolah.

  • Sediakan waktu khusus, pejamkan mata, dengarkan musik yang sesuai, kemudian bayangkan kelas impian Anda. Ingat kembali visi sekolah impian yang Anda tulis saat mempelajari modul 1.3. Bagaimana suasananya? Bagaimana sikap gurunya? Bagaimana tutur katanya? bagaimana ia bersikap kepada murid-muridnya? Bagaimana murid-muridnya, bagaimana mereka saling berinteraksi, terhadap Anda, sebagai guru dan terhadap teman-teman yang lain? 
  • Untuk mewujudkan lingkungan yang positif, pikirkan bagaimana Anda dapat menghilangkan rasa takut agar semua murid dapat belajar dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga : Refleksi Minggu ke-8

Berikutnya renungkanlah pertanyaan ini: Bagaimana mewujudkan kelas impian tersebut? Apa yang diperlukan untuk mewujudkan kelas yang aman dan nyaman bagi semua warga kelas?

  1. Visi saya sebagai seorang guru adalah mewujudkan SDM unggul dan bermartabat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Setelah mempelajarai modul 1.3 dan mulai menerapkan dalam pembelajaran di kelas, banyak hal positif yang tercipta dan sudah dilaksanakan dengan baik. 
  2. Untuk mewujudkan lingkungan belajar yang positif dengan menerapkan visi tersebut, diharapkan suasana belajar yang kondusif, aman dan nyaman dapat tercapai dengan baik. 
  3. Untuk mewujudkan kelas impian sesuai dengan visi yang telah saya rencanakan, saya akan berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah terutama dengan rekan sejawat, dan siswa saya di dalam kelas untuk segera mewujudkan visi tersebut dengan melakukan langkah kecil yang konsisten dan terarah.

Harapan Untuk Diri Sendiri

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 1.4 tentang budaya positif di sekolah, saya berharap dapat melaksanakan pembelajaran dikelas yang dapat menciptakan budaya positif di sekolah dengan baik sehingga seluruh murid dapat menikmati pembelajaran dengan aman dan nyaman.

Harapan Pada Murid

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Saya berharap seluruh murid di sekolah saya dapat belajar dengan aman dan nyaman, mereka dapat belajar sesuai dengan kodrat mereka tanpa ada paksaan dari seluruh warga sekolah

Ekspetasi

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Saya berharap didalam modul ini ada kegiatan positif, bermakna dan dapat menambah ilmu dan pengetahuan saya dalam menciptakan budaya positif di sekolah. Materi yang disajikan sesuai dengan harapan saya yaitu mudah dipahami dan dapat diterapkan di kelas sehingga dapat memberikan manfaat yang besar kepada murid dan seluruh warga sekolah.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.4.a.3. Mulai Dari Diri - Budaya Positif CGP"