Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 8

1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 8
Untuk jurnal refleksi minggu ke-8 menggunakan model 4F (Fakta, Feeling, Find, Future) dengan uraian sebagai berikut: 

Peristiwa 

  • Banyak hal baru yang saya pelajari dari modul 1.4. tentang budaya positif ini, saya mengetahui konsep tentang disiplin positif, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. 
  • Materinya sangat banyak dan terkadang sulit untuk fokus karena ada beberapa materi yang menurut saya sama, namun setelah saya baca berulang-ulang ternyata berbeda dan ada keterkaitan antara materi satu dan materi lainnya. 

Perasaan 

  • Perasaan saya sangat senang, tambah ilmu dan pengetahuan baru dan semakin membuka wawasan saya untuk menjadi guru yang lebih baik. Ada beberapa disiplin positif yang sudah saya jalankan di kelas sesuai dengan konsep budaya positif meskipun belum maksimal menerapkan disiplin positif tersebut yang berpihak pada murid. Yakni disiplin positif yang saya terapkan masih sebatas untuk menjalankan peraturan agar terlepas dari sanksi hukum atau sekedar mendapatkan penghargaan. 
  • Padahal yang seharusnya disiplin positif adalah untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. 

Pembelajaran 

  • Setelah mempelajari modul budaya positif ini, akhirnya saya merefleksi diri, ternyata banyak konsep yang sudah saya jalankan meskipun belum maksimal, contohnya pada posisi kontrol selama ini saya kebanyakan masih pada posisi penghukum, terkadang di posisi teman namun belum bisa pada posisi kontrol sebagai manajer. 
  • Pada konsep pemenuhan kebutuhan dasar, selama ini saya tidak pernah berfikir bahwa siswa yang berbuat salah sebenarnya siswa tersebut sedang dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dasarnya yang harusnya bisa saya arahkan cara pemenuhannya dengan cara yang positif. Keyakinan kelas dan segitiga restitusi juga sudah saya lakukan namun semuanya masih belum sepenuhnya berpihak pada murid. 

Penerapan

  • Kedepan saya akan berusaha melaksanakan budaya positif dengan penuh harapan agar murid saya menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya . 
  • Melalui budaya positif yang nantinya akan saya terapkan di kelas, saya ingin merealisasikan stigma yang pernah saya dengar yaitu "Tidak ada murid yang nakal/bodoh, yang ada adalah murid yang belum ketemu dengan guru yang tepat". Semoga saya adalah salah satu dari guru yang tepat tersebut melalui penerapan budaya positif ini.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 8"