Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Operasi Aljabar Matriks Tentang Perkalian skalar dan perkalian dua matriks

Ketemu lagi dengan admin, kali ini kita akan bersama belajar tentang operasi matriks yang ketiga yaitu operasi perkalian. Perlu kalian ketahui bahwa operasi perkalian matriks terdiri dari dua yaitu operasi perkalian antara matriks dengan skalar dan yang kedua operasi antara dua matriks.  

operasi perkalian matriks

Operasi Matriks dengan Skalar (bilangan real)

Misalkan kalian mempunyai sebuah matriks A yang mempunyai ordo m × n dan sebuah bilangan real (skalar), yaitu k. Perkalian antara matriks A dengan skalar k dapat ditulis dengan k.A yang diperoleh dengan mengalikan setiap elemen matriks A dengan skalar k. 

Contoh

Diketahui matriks  . Tentukan hasil dari 3A 

Jawab 

Perkalian antara matriks dengan skalar tidak mempunyai syarat khusus, artinya semua matriks dengan ordo sembarang dapat dikalikan dengan bilangan real (skalar). 

Operasi Matriks dengan matriks 

Berbeda dengan perkalian antara matriks dengan skalar, bahwa perkalian antara dua matriks mempunyai syarat khusus yang haris dipenuhi ketika kalian ingin mengalikan dua buah matriks atau lebih. Misalnya kalian punya dua matriks A dan B dengan matriks A berordo mxn sedangkan matriks B berordo nxp. Jika kalian ingin mengalikan dua buah matriks tersebut, maka akan menghasilkan matriks baru, misalnya matriks C yang mempunyai ordo mxp. 

Artinya, syarat untuk mengalikan dua buah matriks adalah jumlah kolom pada matriks pertama harus sama dengan jumlah baris pada matriks yang kedua, jika di tuliskan maka :

 

Contoh:

Tentukan hasil perkalian antara dua buah matriks

Untuk mengalikan matriks tersebut, tidak perlu bersyarat orda harus sama melainkan jumlah kolom pada matriks pertama harus sama dengan jumlah baris pada matriks yang kedua. Caranya dengan mengalikan baris pada matriks pertama dengan kolom pada matriks ke dua

Jawab

Mudah kan teman-teman? tapi meskipun begitu, kalian juga harus rajin berlatih ya karena dengan banyak latihan soal nantinya kalian akan mengerti dan paham dengan materi ini. Untuk latihan soal kalian dapat mendownload modul matriks

Baca Juga : Jenis-jenis Matriks | Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Matriks | Operasi Perkalian Matriks | Invers Matriks

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Operasi Aljabar Matriks Tentang Perkalian skalar dan perkalian dua matriks"