Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul Pendamping Belajar dan Bocoran Soal Pedagogi PPPK 2021

sourch : https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

Desas desus tentang pelaksanaan seleksi PPPK (P3K) sudah mulai terdengar sejak tahun 2019. Benar saja bahwa pelaksanaan seleksi tersebut memang sudah di buka dan dilaksanakan pada tahun tersebut, tetapi terbatas untuk para tenaga honorer K2 yang terdaftar dan memenuhi syarat.

Kini pada tahun 2021 seleksi PPPK kembali dibuka bukan hanya untuk kalangan tenaga honorer K2 saja, tetapi dibuka untuk guru secara umum yang terdata di data pokok pendidik (dapodik). Bahkan, seleksi pada tahun ini membuka formasi khusus guru PPPK sebanyak satu juta guru di seluruh Indonesia.

Ada hal yang istimewa dengan adanya pelaksanaan seleksi PPPK tahun ini, berbeda dengan seleksi CPNS dimana pendaftar melakukan belajar secara mandiri dengan kisi-kisi yang telah diberikan. Seperti yang telah diketahui bahwa pada tes seleksi CPNS memuat tentang tiga aspek penilaian dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yaitu:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) 

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Jika pendaftar lolos passing grade dan masuk perangkingan maka akan melanjutkan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) sesuai dengan formasi masing-masing untuk dipilih yang lolos seleksi dengan nilai tertinggi sesuai jumlah formasi.

Untuk seleksi PPPK tahun ini, hanya diberikan tes SKB yang memuat tes pedagogi dan tes bidang masing-masing. Jika dilihat secara sekilas, hal tersebut lebih mirip dengan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG). 

Sahabat infogurumaju_ kali ini admin akan share tentang modul pendamping belajar dan bocoran soal pedagogi PPPK 2021. Modul ini berisi pendalaman materi tentang pedagogik yaitu :

Modul pendamping ini juga dapat didapatkan dengan mengikuti Program Buru Belajar seri ASN PPPK melalui simpkb masing-masing guru yang ada di dapodik. Untuk beberapa guru yang belum mengikuti diklat tersebut, dapat memanfaatkan modul berikut sebagai bahan mempersiapkan dalam mengikuti seleksi PPPK tahun 2021.

Demikian modul pendamping belajar dalam mempersiapkan seleksi PPPK tahun 2021, semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi guru di Indonesia. Salam sukses dan lolos PPPK tahun 2021.
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Modul Pendamping Belajar dan Bocoran Soal Pedagogi PPPK 2021"