Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

DETERMINAN MATRIKS

Haloo teman-teman, pada artikel sebelumnya kalian telah belajar mengenai jenis-jenis matriks, operasi penjumlahan dan pengurangan matriks, perkalian matriks dan transpose matriks. Kali ini kita akan belajar mengenai determinan matriks. Apa lagi itu ??


Determinan matriks ordo 2x2

Determinan matriks A dituliskan dengan det A, det (A) atau |A|. Misalkan kita punya matriks berordo 2x2, maka untuk menentukan determinan matriks A dengan cara mengurangkan hasil perkalian antara elemen matriks a dengan d dan b dengan c. Supaya kalian lebih paham dengan materi ini, coba perhatikan contoh berikut ini. 

Tentukan determinan dari matriks  

Jawab:

Mudah kan ya teman-teman determinan ordo 2x2 ?? Kalau determinan yang ordo 3x3 apakah semudah itu juga?? Mari kita pelajari bersama ya ..

Determinan matriks ordo 3x3

Misalkan kalian punya matriks ordo 3x3  untuk menentukan nilai determinan matriks ordo 3x3 dapat menggunakan aturan sarrus

Bagaimana caranya, susah ngga ya?? perhatikan contoh berikut ini .

Tentukan determinan dari matriks

Jawab:

Untuk menghitung determinan matriks ordo 3x3 diatas dengan menggunakan aturan sarrus dengan cara menuliskan kembali elemen kolom 1 dan kolom 2 seperti langkah berikut:

Kemudian setelah langkah tersebut, selanjutnya kita tarik garis putus-putus seperti gambar di atas ya. Selanjutnya kita kalikan elemen yang bertanda garis putus-putus tersebut. Hasil kali elemen yang terkena garis putus-putus yang berwarna biru hasilnya dikurangi dengan hasil kali elemen yang terkena garis putus-putus berwarna merah. Ingat urutan penulisannya juga ya jangan sampai salah. 


|A| = [(4.1.4)+(2.5.3)+(8.2.2)] - [(3.1.8)+(2.5.4)+(4.2.2)] 

     = [16+30+32] - [24+40+16]

     = 78 - 80 

     = - 2

Jadi hasil dari determinan matriks A adalah -2. Bagaimana teman-teman, mudah bukan ?

Baca Juga : Jenis-jenis matriks | Operasi Penjumlahan dan Pengurangan | Operasi Perkalian | Transpose Matriks. 

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "DETERMINAN MATRIKS"