Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

Jurnal Refleksi dwi Mingguan Modul 1.3

infogurumaju.my.id - dalam kegiatan menulis refleksi dua mingguan, disini admin membuatnya dengan menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Fendings, ang Future). Dengan menggunakan model ini, diharapkan akan lebih mudah dalam mengungkapkan refleksi tentang apa-apa saja yang telah saya pelajari di modul ini.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 

1. Facts (Peristiwa)

Modul 1.3 dilaksanakan pada bulan september 2022, pada modul 1.3 ini saya melakukan aktivitas pembelajaran :

1.3.a.3. Mulai dari diri

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep

1.3.a.5. Ruang Kolaborasi

1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual

1.3.a.7. Elaborasi Pemahaman

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi

1.3.a.9. Aksi Nyata

Pada modul 1.3 saya mempelajari bagaimana membuat gambaran tentang murid impian. Calon guru Penggerak diminta membuat gambaran murid impian di masa depan kurun waktu 5 sd 10 tahun ke depan.

Dari gambaran murid impian saya merumuskan sebuah Visi "Terwujudnya peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berkarakter, inovatif, kreatif dan berbudaya lingkungan menuju merdeka belajar". Untuk mewujudkan visi tesebut perlu adanya prakarsa perubahan. Prakarsa perubahan dalam diri saya "Mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik".

Hal yang paling menantang bagi saya adalah membuat rancangan tindakan perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA yang harus saya lakukan secara nyata di sekolah.

Selain itu pada materi Koneksi Antar Materi, saya harus mengaitkan modul: 

1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Modul 

1.2. Nilai dan peran guru penggerak dan modul , dan

1.3. Visi Guru Penggerak, sehingga akan terwujud murid impian di masa depan yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila

2. Feelings (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 1.3 Visi Guru penggerak saya merasa senang, bersemangat dan bersyukur karena saya apat menyusun visi guru penggerak dengan sebuah prakarsa perubahan dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA adalah pengalaman yang luar biasa.dan saya bisa menjalankan rencana kegiatan yang merupakan implementasi dari VISI yang telah saya rancang. Merasa bangga karena menjadi bagian dari perubahan ekosistem pendidikan. Merasa termotivasi dan tertantang untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan mewujudkan mimpi murid saya di masa depan.

3. Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang dapat saya petik dalam proses menjalankan kegiatan ini adalah dalam menjalankan prakarsa perubahan yang telah dirumuskan diperlukan semangat yang sangat tinggi. Hal baru yang saya ketahui bahwa dalam merumuskan sebuah misi melalui pendekatan Inkuri Apresiatif dimulai dengan mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah. Untuk mencapai terlaksananynya kegiatan ini tidaklah mudah, untuk itu saya berusaha menjalin kolaborasi baik dengan kepala sekolah, rekan sejawat, peserta didik maupun orang tua.

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul ini saya akan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan berkolaborasi teman sejawat untuk melakukan perubahan positip untuk mewujudkan visi saya.

Melaksanakan pembelajaran yang inovatif, menyenangkan dan berpihak pada murid.

Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3"