Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C

Kunci Jawaban Postes Modul 3

infogurumaju.my.id - dalam modul yang mempelajari penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid SMP - SMA/ Paket B-C ada beberapa poin penting yang harus diketahui oleh sahabat info guru maju. 

Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA

Latihan Pemahaman Strategi Literasi 

1. Tiga area penerapan strategi penguatan literasi pada satuan pendidikan yang dapat dilakukan, kecuali:
  • Lingkungan Rumah
2. Memasang simbol dan visi misi di lorong dan gerbang sekolah merupakan salah satu strategi lingkungan fisik kaya teks yang dapat menstimulasi kemampuan literasi murid.
  • Benar
3. Jika satuan pendidikan tidak mempunyai banyak buku, bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong minat dan kegiatan membaca murid?
  • Mencari sumber bacaan lain, seperti brosur, koran, poster yang dapat ditemukan di lingkunagn sekolah

Cerita Reflektif

Strategi literasi apa yang pernah Anda lakukan di kelas untuk menunjuang kompetensi literasi murid di SMP/SMA? Setelah mempelajari materi ini, bagaimana Anda dapat memperbaiki strategi literasi di kelas? 
  • Dengan melakukan kegiatan gerakan literasi di sekolah setiap 10 menit diawal sebelum pembelajaran. Terkadang siswa kita ajak ke perpustakaan sekolah untuk meningkatkan literasi.  

Modul 3 Mengembangkan Kecakapan Berpikir 

Latihan Pemahaman

1. Kecakapan berpikir murid tidak hanya berpaku pada kemampuan memahami, tetapi juga pada tahapan mampu mengevaluasi dan merefleksikan.
  • Benar
2. Setelah mempelajari materi ini, bagian yang mana yang merubah pandangan Anda terkait kecakapan berpikir murid?
  • Adanya proses menandai poin penting : kemampuan pemahaman, level kecakapan berpikir dan kata kerja. 

Postest Modul 3 Penguatan Literasi SMP-SMA/ SMK

Salah satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP-SMA/ SMK adalah menyediakan Sudut Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas. Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca tersebut? 
  • Menghias sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar 
  • Menjaga kerapian dan kebersihan sudut baca kelas
  • Mengkurasi buku-buku yang akan diletakkan di sudut baca kelas
  • Mengingatkan teman-temannya untuk tenang saat membaca

Salah satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan buku bersama-sama.
Bagaimana peran guru dalam kegiatan klub buku ini?
  • Guru memilihkan buku yang akan didiskusikan dalam klub buku
  • Guru mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi 
  • Guru memastikan setiap murid sudah selesai membaca buku yang akan didiskusikan 
  • Guru menyiapkan perangkat asesmen untuk mengukur kemampuan literasi murid selama diskusi buku
Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
  • Benar 
Pada strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?
  • Jumlah teks yang disiapkan oleh murid 
  • Model dan desain penanda yang dibuat oleh murid 
  • Alasan murid menandai bagian yang mereka anggap penting 
  • Sumber atau referensi yang digunakan oleh murid
Info Guru Maju
Info Guru Maju Berbagi Informasi Pendidikan

Post a Comment for "Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C"